Bunyi 3 Hukum Newton, Rumus & Contoh Penerapannya | Fisika Kelas 8

Bunyi Hukum Newton I, II, III dan Contoh Penerapannya | Fisika Kelas 8

Sir Isaac Newton merupakan ilmuwan yang menemukan hukum gerak benda (Hukum Newton). Artikel Fisika kelas 8 ini akan membahas bunyi Hukum Newton I, II, III dan contoh penerapannya dalam kegiatan sehari-hari.

Pernahkah kamu mendengar nama Newton? Pasti pernah dong, entah itu di buku pelajaran kamu, atau pernah dibahas di kelas.

Newton atau yang terlahir dengan nama panjang Isaac Newton adalah seorang filsuf matematika dan fisika. Bapak Newton ini telah menemukan beberapa hukum mengenai gerak benda, yang dinamakan “Hukum Newton”.

Nah, pada artikel kali ini, kita akan membahas tentang tiga Hukum Newton dan bagaimana penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. Yuk, check this out!

 

Bunyi Hukum I Newton

Bunyi Hukum I Newton dan Rumusnya

 

Maksud dari Hukum I Newton ini berkaitan dengan sifat kelembaman benda. Hah? Maksudnya apaan, tuh? Gini, sifat kelembaman benda, atau yang biasa disebut inersia maksudnya adalah sifat suatu benda untuk mempertahankan kedudukannya. Jadi, Hukum I Newton ini menjelaskan bahwa setiap benda yang diam akan tetap diam, dan setiap benda yang sedang bergerak akan terus bergerak, selama nggak ada resultan gaya yang diberikan atau bekerja pada benda tersebut.

Karena resultan gaya yang bekerja pada benda sama dengan nol, maka benda tersebut nggak memiliki percepatan, atau percepatannya nol. Oleh karena itu, secara matematis, Hukum I Newton bisa ditulis dengan persamaan ∑F = 0.

penerapan hukum newton I

Orang-orang terdorong ke depan ketika bus tiba-tiba berhenti (sumber: giphy.com)

 

Contoh penerapan Hukum I Newton, yaitu pada saat kita sedang naik bus yang bergerak dengan kecepatan tetap (konstan). Tubuh kita ada pada posisi duduk nyaman. Namun, ketika supir bus mengerem mendadak. Maka, otomatis tubuh kita pada saat itu akan terdorong ke depan.

Eh, tapi kenapa bisa kedorong ke depan, ya? Nah, hal ini terjadi karena pada awalnya, bus bergerak dengan kecepatan konstan atau percepatannya nol, dan tubuh kita sudah nyaman dengan keadaan tersebut. Namun, tiba-tiba bus mengerem atau memperlambat gerakannya secara mendadak, sehingga tubuh kita tidak siap dan terdorong ke depan karena mau mempertahankan geraknya ke depan.

Baca Juga: Jenis-Jenis Bunyi Berdasarkan Frekuensinya

 

Bunyi Hukum II Newton

Bunyi Hukum II Newton dan Rumusnya

 

Hukum II Newton berkaitan dengan keadaan benda yang bergerak, di mana massa benda dan gaya yang diberikan pada benda tersebut diperhitungkan. Hukum ini juga menjelaskan bahwa ketika resultan gaya yang bekerja pada suatu benda nggak sama dengan nol, maka benda tersebut akan bergerak dengan suatu percepatan tertentu. Artinya, benda yang bergerak ini memiliki percepatan, ya.

Secara matematis, rumus Hukum II Newton dapat ditulis dengan persamaan berikut ini:

Rumus/Persamaan Hukum II Newton

 

Dari bunyi Hukum II Newton dan persamaan di atas, kita tahu bahwa percepatan berbanding lurus dengan gaya yang bekerja pada benda dan berbanding terbalik dengan massa bendanya. Artinya, semakin besar gaya yang diberikan pada suatu benda, maka percepatan benda juga semakin besar. Sebaliknya, semakin besar massa benda, maka percepatan benda justru semakin kecil.

Contoh dari Hukum II Newton ini, misalnya kamu punya sebuah mobil mainan. Lalu, kamu menarik mobil mainan itu. Maka mobil tersebut akan mulai bergerak. Semakin kuat kamu menariknya, akan semakin cepat mobil itu bergerak. Hal ini sesuai dengan pernyataan bahwa semakin besar gaya yang diberikan pada benda, maka percepatan benda juga semakin besar.

Baca Juga: Memahami Pengertian Gaya, Jenis-Jenis, dan Contohnya pada Benda Lain

Tapi, ketika di atas mobil mainan itu kamu kasih beban. Kira-kira apa yang terjadi? Pasti kamu merasa lebih berat kan saat menarik mobil mainannya dan gerakannya juga lebih lambat. Nah, hal ini sesuai dengan pernyataan semakin besar massa benda, maka percepatan benda semakin kecil. 

penerapan hukum newton II

Truk yang membawa beban dengan massa yang lebih besar akan semakin kecil percepatannya. (sumber: giphy.com)

 

Bunyi Hukum III Newton

Bunyi Hukum III Newton dan Rumusnya

 

Hukum III Newton ini berkaitan dengan gaya aksi dan reaksi. Maksudnya adalah setiap benda yang kita berikan gaya aksi, maka benda tersebut akan kembali memberikan gaya reaksi yang sama besar terhadap kita. Tapi inget ya, arahnya berlawanan. Jadi, Hukum III Newton dapat ditulis dengan persamaan Faksi = -Freaksi.

contoh hukum 3 newton

Saat mendayung, gerakan tangan ke belakang, tapi perahu akan bergerak ke depan. (sumber: giphy.com)

 

Contoh dari Hukum III Newton ini adalah pada saat kamu mendayung perahu. Coba perhatikan deh. Sewaktu kamu menggerakkan dayung ke arah belakang, perahu yang kamu kendarai akan bergerak ke depan. Hal ini terjadi karena ada gaya aksi yang kita berikan melalui dayung (kita mendayung adalah gaya aksi), sehingga perahu akan memberikan gaya reaksi yang sama besar tetapi arahnya berlawanan, yaitu dengan bergerak ke depan.

Baca Juga: Macam-Macam Gerak Benda berdasarkan Contohnya

 

Itu dia penjelasan lengkap mengenai bunyi Hukum Newton I, II, III dan konsepnya. Wah, ternyata hukum newton itu sering berlaku ya dalam kegiatan kita sehari-hari. Tapi, kamu suka nggak sadar kan kalo kegiatan kamu itu ternyata berlaku hukum-hukum yang berkaitan dengan fisika dan lainnya? Kalo kamu pengen mempelajari materi lain, yuk berlangganan ruangbelajar. Supaya belajar kamu lebih asik dengan latihan soal dan video yang menarik.

IDN CTA Blog ruangbelajar Ruangguru

Sumber gambar:

GIF “Mobil Mengerem Dadakan” [Daring]. Tautan: https://media.giphy.com/media/d3dHRO994ICGLNZe/giphy.gif?cid=790b7611a04d625c4447f10b9a97ba481529a2aa0cba43b1&rid=giphy.gif&ct=g (Diakses pada 2 September 2021).

GIF “Truk Membawa Pohon” [Daring]. Tautan: http://gifsboom.net/post/82817535193/man-saws-tree-into-truck-bed (Diakses pada 2 September 2021).

GIF “Mendayung Perahu” [Daring]. Tautan: https://www.youtube.com/watch?v=OQlOlLY9y_g (Diakses pada 2 September 2021).

 

Artikel ini diperbarui pada 21 September 2022.

Zara Larasati