Bersama Aplikasi Ruangguru, Ibu Sukanadi Ciptakan Kelas yang Menyenangkan

Muhammad Azka Rais Jul 23, 2020 • 3 min read


kelas yang menyenangkanArtikel ini menceritakan pengalaman mengajar Ibu Sukanadi bersama aplikasi Ruangguru sebagai media pembelajaran Jarak Jauh.

--

Beberapa pekan lalu, tim Ruangguru berkesempatan untuk berkomunikasi dengan salah seorang tenaga pendidik di salah satu SMA di Bali. Namanya adalah I Wayan Sukanadi, kepada kami, ia bercerita bagaimana aplikasi Ruangguru mendampinginya ketika mengajar dan dapat membantunya mencapai tujuan Ibu Sukanadi dalam mendidik anak-anak.

Bu Sukanadi bercerita, bahwa sebelum pandemi ini dimulai, ia menghadapi berbagai macam kesulitan ketika mengajar. Ia mengharapkan peserta didiknya dapat berperan aktif. Ia ingin para muridnya dapat berpikir kritis, sehingga dapat menggunakan pengetahuan yang telah didapatkan di sekolah, di kehidupan sehari-hari, tidak hanya sebatas memahami teori pelajaran saja.

“Tantangan yang saya alami pada saat saya mengajar, sebelum masa pandemi adalah peran aktif dari para murid secara umum kurang maksimal. Dan sikap murid secara kritis juga belum secara maksimal,” jelas guru fisika di SMAN 1 Mengwi, Bali ini.

Dapat diyakini bahwa, peran aktif dan kritis dari seorang individu dapat membantu menghadapi masalah yang ada akan datang. Bahkan bantuan dari seorang individu yang utuh itu pun dibutuhkan dari sekarang. Seperti ketika menghadapi pandemi ini, kita membutuhkan berbagai ide agar mengurangi angka penyebaran.

Ibu Sukanadi kemudian menemukan sebuah cara agar bisa meningkatkan peran aktif dan kritis para murid.

“Cara mengatasi, itu saya memakai lembar kerja siswa, di mana lembar kerja itu, memiliki kriteria agar murid bisa berperan,” jelas Ibu Sukanadi.

Hal ini guna memancing peran aktif murid agar mereka bisa mengemukakan ide-ide mereka saat kegiatan belajar berlangsung. Selain itu, Ibu Sukanadi juga membuat instruksi agar murid-muridnya mengakses beberapa media pembelajaran supaya mereka berdiskusi tentang materi yang sedang diajarkan. Salah satu media pembelajaran yang harus mereka akses adalah aplikasi Ruangguru.

Pasalnya, Ibu Sukanadi meyakini bahwa fitur-fitur yang terdapat di dalam aplikasi Ruangguru sangat bermanfaat. Bahkan membantunya untuk menyusun model pembelajaran yang lebih kreatif..

“Karena di dalam aplikasi Ruangguru banyak terdapat fitur-fitur yang bermanfaat bagi saya.... video pembelajaran bisa membantu saya membuat metode pembelajaran dan bisa saya adaptasi sebagai model pembelajaran sehingga pembelajaran menjadi lebih dari efektif dan mungkin lebih menarik bagi murid,” ujar Ibu Sukanadi.

Bagi Ibu Sukanadi, fitur Ruangguru yang paling bermanfaat adalah video pembelajaran. Karena di sana terdapat konsep pelajaran yang diajarkan oleh ahli, terdapat animasi dan latihan-latihan soal. Ia kemudian mempelajari pola dan teknik pengajaran dalam video ini, lalu membuat teknik dan pola pembelajarannya yang serupa.

Ternyata, strategi Ibu Sukanadi membuahkan hasil yang baik. Apa yang dilakukannya mendapatkan respon positif dari murid-muridnya. Mereka mulai bersikap aktif ketika berdiskusi, mereka juga mulai merasakan pembelajaran model yang baru ini menarik. Ibu Sukanadi pun terlihat senang terhadap perkembangan di kelasnya.

“Siswa menjadi lebih kreatif, lebih mampu berkolaborasi dengan temannya, dan lebih percaya diri pada saat menyelesaikan permasalahan-permasalahan yang kita lakukan saat kita berdiskusi,” jelas Ibu Sukanadi.

Ibu Sukanadi melihat ada beberapa murid yang menggunakan aplikasi Ruangguru sebagai media belajar di rumah mereka, dan ketika di kelas, terlihat mereka lebih percaya diri, lebih tanggap dan lebih berani. 

Kemudian, untuk memaksimalkan strategi yang sudah dilakukan sebelumnya, Ibu Sukanadi mengajak murid-murid pengguna aplikasi Ruangguru untuk berdampingan dengan teman-temannya. Mereka kemudian membimbing teman-teman sekelompoknya, dan terjadilah komunikasi yang aktif. Murid yang awalnya malu untuk mengemukakan idenya, menjadi lebih komunikatif.

tabel materi tentang kelas yang menyenangkan

“Saya secara pribadi salut kepada Ruangguru. Teruslah berbagi, bantulah anak-anak kami, sehingga mampu mencerdaskan anak-anak, mencerdaskan bangsa kita,” begitu pesan Ibu Sukanadi kepada tim Ruangguru di akhir wawancara.

Dari cerita Ibu Sukanadi, dapat diketahui bahwa aplikasi Ruangguru tidak hanya dapat membantu para murid untuk mendapatkan pelajaran tambahan, tapi juga membantu tenaga pendidik untuk membuat pola dan teknik pembelajaran yang lebih efektif dan menarik. 

Pembelajaran yang diminati para murid dapat membuat mereka menjadi lebih aktif dan komunikatif. Sehingga dapat menjadi bekal mereka untuk menghadapi situasi di masa yang akan datang. Jadi, tunggu apalagi? Gabung dengan Ruangguru sekarang juga!

ruangbelajar

Beri Komentar