Identifikasi Barang Tambang dan Persebarannya | Geografi Kelas 11

 

Identifikasi Barang Tambang dan Persebarannya

Squad, siapa yang sudah menonton film Laskar Pelangi? Di film Laskar Pelangi diceritakan kehidupan anak-anak SD Muhammadiyah yang mayoritas merupakan anak dari pekerja tambang. Ternyata, di Belitong - latar tempat di film Laskar Pelangi - merupakan salah satu penghasil timah di Indonesia. Tahukah kamu, timah itu merupakan salah satu jenis barang tambang, lho! Hmm selain timah, apalagi ya persebaran barang tambang yang dimiliki Indonesia? Kuy, cek informasinya di bawah ini!  

Squad, barang tambang tergolong ke dalam sumber daya alam, lho! Tetapi, barang tambang merupakan sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui. Barang tambang juga membutuhkan waktu yang lama untuk terbentuk, lho. Proses pembentukannya sendiri terdiri dari proses eksplorasi (riset lapangan), eksploitasi (penggalian), dan ekstraksi. Squad, oleh karena itu, jangan lupa untuk tidak boros dalam menggunakannya, ya!

peta Persebaran barang tambang di Indonesia

Barang tambang berdasarkan proses terbentuknya

Squad, tahukah kamu, berdasarkan cara terbentuknya, barang tambang bisa dibagi menjadi 6, lho. Apa saja, ya? Yuk simak!

  1. Bahan Galian Magmatik adalah bahan galian yang terjadi karena interaksi antar magma. 
  2. Bahan Galian Permatit adalah bahan galian yang terbentuk di dalam diatrema dan bentukan intrusi.
  3. Bahan Galian Hasil Pengendapan merupakan bahan galian yang terbentuk karena terjadinya proses pengendapan di genangan air.
  4. Bahan Galian Hasil Pengayakan Sekunder yaitu bahan galian yang terbentuk karena batuan hasil pelapukan mengalami proses pelarutan.
  5. Bahan Galian hasil metamorfosis kontak merupakan bahan galian yang terbentuk karena adanya magma yang saling bersentuhan.
  6. Magma Galian Hidrotermal adalah barang tambang yang terbentuk karena pembekuan magma.

Potensi dan Persebaran Barang Tambang

Setelah sebelumnya kita memahami mengenai pengertian dari bahan tambang, selanjutnya kita akan membahas jenis-jenis barang tambang yang paling berpotensi di Indonesia berikut ini.

  • Minyak Bumi

Minyak Bumi

Minyak Bumi (Sumber: materikimia.com)

Minyak bumi merupakan salah satu barang tambang yang bermanfaat bagi kehidupan sehari-hari. Wah bermanfaat dalam bentuk apa, ya? Minyak bumi bisa digunakan untuk menghasilkan berbagai macam bahan bakar, minyak tanah, dan aspal. Selain itu, minyak bumi juga memiliki nilai kalor yang tinggi, lho!

Identifikasi Barang Tambang dan Persebarannya

  • Batu Bara

Batu Bara

Batu Bara (Sumber: cdn.idntimes.com)

Batu bara merupakan barang tambang yang terbentuk dari endapan tumbuhan yang telah mati. Squad, proses endapan tumbuhan tersebut tidak sebentar, lho. Prosesnya sendiri menghabiskan jutaan tahun! Manfaat batu bara antara lain sebagai bahan bakar. Di Indonesia, batu bara tersebar di Sumatra, Kalimantan, dan Papua.

  • Besi

Besi

Besi (Sumber: sutindoproject.com)

Squad, siapa yang tidak kenal dengan besi? Besi merupakan salah satu barang tambang yang paling dekat dengan kehidupan sehari-hari. Besi biasanya digunakan dalam proses membangun gedung, rumah, atau bangunan lainnya.

Fakta besi

  • Perak dan Emas

Perak dan Emas

Emas dan Perak (Sumber: salamdakwah.com)

Emas dan perak merupakan barag tambang yang mudah kita temukan sehari-hari, karena sering difungsikan sebagai perhiasan wanita. Selain itu, emas dan perak juga bisa difungsikan sebagai alat pembayaran atau sebagai jaminan. 

Identifikasi Barang Tambang dan Persebarannya

Nah, Squad, sekarang sudah lebih paham kan dengan contoh barang tambang? Supaya belajarmu makin asik dan makin paham, yuk ikutan Ruangguru Ruangbelajarplus. Kapan lagi bisa belajar di mana saja dan kapan saja dengan tutor standby? Daftar sekarang, yuk! Sampai jumpa di Ruangguru Ruangbelajarplus, Squad!

Daftar RGDB Sekarang!

 

Beri Komentar