Ikuti 5 Langkah Ini agar Anda Tidak Terjerumus Politik Kantor yang Kotor

Maya Martha

Feb 12, 2019 • 5 min read

sukses kerja


politik kantor

Artikel ini mengenai langkah-langkah yang dapat diikuti apabila Anda berada dalam politik kantor namun tidak ingin terjerumus ke dalam hal-hal yang tidak suportif

--

Apa yang Anda pikirkan bila mendengar kata politik kantor? Apakah Anda langsung mengarahkan pikiran Anda kepada perilaku-perilaku negatif, seperti pemfitnah, penyebar rumor jelek, atau karyawan yang “menusuk dari belakang”? Politik kantor adalah kondisi atau situasi yang terjadi apabila Anda bergabung ke dalam sebuah perusahaan atau organisasi dan berkaitan dengan kedudukan/kekuasaan. Namun seringkali politik kantor menimbulkan perilaku-perilaku negatif karyawan sebagai upaya untuk naik jabatan. Akibatnya, rekan kerja lainnya dianggap sebagai saingan dan berbagai usaha dilakukan agar harapannya tercapai. Tentu saja ini dapat membahayakan Anda, Rekan Kerja! Untuk itu, terhadap 5 langkah yang dapat membantu Anda untuk terhindar dari politik kantor yang kotor dan ikut bersaing secara sehat.

1. Analisis perilaku orang sekitar sebagai bentuk penyesuaian diri

politik kantor

Melakukan observasi rekan kerja sebagai dasar berperilaku (Sumber: pixabay.com)

Pada saat masuk ke dalam perusahaan, pertama-tama sebaiknya Anda menganalisa pekerjaan dan posisi jabatan karyawan di sekitar Anda. Apakah mereka memiliki lingkup pekerjaan yang akan bersinggungan langsung dengan Anda hingga seberapa besar power mereka di dalam perusahaan.

Selain itu, Anda juga dapat melihat bagaimana kolega Anda menjalin relasi dengan orang lain. Dengan melihatnya secara jelas, Anda dapat menyadari apakah relasi antar kolega di dalam perusahaan Anda terbentuk atas dasar pertemanan, perasaan respek, atau sebagainya. Di sisi lain pun, Anda juga dapat mengidentifikasikan adanya permasalahan yang terjadi di dalam perusahaan Anda. Hal ini dilakukan agar Anda dapat mengenal dan memperoleh kecocokan dengan lingkungan pekerjaan.

Baca juga: Raih Promosi Jabatan di Kantor dengan 5 Cara Ini!

2. Bangun relasi yang baik

politik kantor

Menumbuhkan kepercayaan dengan membangun relasi (Sumber: salesforce.com)

Pemahaman subjektif terkait kondisi perusahaan tersebut menjadi bekal Anda dalam berperilaku. Cobalah untuk berteman dengan rekan kerja yang tidak hanya berada di divisi yang sama dengan Anda. Bertemanlah dengan rekan kerja dari  berbagai divisi dan jabatan. Jangan takut untuk mengenal mereka yang memiliki power dalam perusahaan Anda dan sebaiknya pun Anda menghindari cara membangun suatu hubungan dengan melakukan sanjungan kosong. Politik kantor yang positif membutuhkan dukungan dari orang-orang sekitar Anda. Apabila Anda sudah dipercaya maka akan rekan kerja Anda juga akan percaya bahwa Anda mampu menjadi pemimpin.

3. Kembangkan kemampuan diri dalam memahami orang lain

politik kantor

Menjadi pendengar yang baik bagi rekan kerja (Sumber: addicted2success.com)

Seperti yang dapat dilihat bahwa politik berhubungan dengan manusia. Anda harus mampu berpikir sebelum bertindak sebagai usaha untuk mengantisipasi Anda berbuat kesalahan atau miskomunikasi yang dapat menjatuhkan Anda. Dengan memahami orang lain, Anda dapat membuat suatu kedekatan dengan rekan kerja sesuai dengan pribadi mereka masing-masing. Kedekatan juga dapat terbentuk dengan mendengarkan rekan kerja Anda bicara atau bahkan bercerita tentang tentang keluh kesah kehidupan. Ingatlah bahwa siapapun sangat suka didengar.

4. Jadilah bijaksana

politik kerja

Bijaksana dapat terbentuk karena pemikiran dan hati (Sumber: finansialku.com)

Seiring berjalannya waktu, Anda pasti akan mengetahui siapa saja karyawan yang menjadi “lawan politik” Anda. Apabila Anda tahu bahwa mereka dikenal tidak baik karena pernah berbuat curang dan sombong misalnya, sebaiknya Anda tidak menjauhkan mereka. Cobalah untuk mendekatkan diri dengan mereka karena dengan begitu Anda akan mengetahui latar belakang, alasan, dan tujuan mereka secara jelas. Hal tersebut dapat mengubah lawan menjadi kawan. Siapa tahu mereka mengurungkan niatnya untuk naik jabatan karena percaya bahwa Anda adalah kandidat yang paling baik, ‘kan?

5. Netralisir aspek negatif dari obrolan orang lain

politik kantor

Tidak berbicara sembarangan tanpa ada dasar yang jelas (Sumber: bulletin.hds.harvard.edu)

Hindari menyampaikan opini negatif tentang seseorang tanpa adanya dasar yang kredibel, valid, dan tujuan yang jelas pada saat Anda berada pada suatu perbincangan formal atau informal. Hal ini dapat menjatuhkan Anda dan membuat Anda malah mengotori misi menciptakan politik kerja yang baik di kantor. Namun, apabila Anda ingin menyampaikan opini atau kritikan pastikan Anda menyampaikannya dengan tidak agresif dan tetap mengambil sudut pandang dari perspektif perusahaan, bukan keinginan pribadi.


Suka atau tidak, politik kantor akan tetap ada dan tidak dapat dihindari apabila Anda menginginkan kenaikan posisi atau jabatan. Bukan sesuatu hal yang salah apabila Anda berada di dalam politik kantor perusahaan Anda karena Anda ingin mendapatkan jabatan yang diinginkan. Namun, dengan mengetahui lima langkah-langkah ini Anda dapat mengantisipasi diri Anda agar tidak berada di posisi yang salah. Penting untuk menjaga nama baik karena hal tersebut memiliki pengaruh yang kuat terhadap kehidupan bersosial dan pencapaian goal hidup Anda.

Agar Anda dapat sukses di dunia kerja, Anda juga dapat membaca artikel-artikel ruangkerja yang lain agar Anda dapat meningkatkan kemampuan Anda di dunia kerja. Anda dapat mengunduh aplikasinya di App Store atau Play Store telepon pintar Anda. Unduh sekarang juga aplikasi ruangkerja, gratis!

New call-to-action
Beri Komentar

Recent Posts