Ilmu Perpustakaan: Program Studi Minim Peminat dengan Prospek Kerja yang Luas

ilmu perpustakaan

Artikel ini membahas lebih dalam mengenai program studi Ilmu Perpustakaan beserta prospek kerjanya

--

Ketika memilih jurusan saat kuliah, salah satu hal yang perlu kamu pikirkan adalah prospek kerjanya setelah lulus, bukan? Beberapa program studi tampak minim peminat karena dianggap memiliki prospek kerja yang sempit, salah satunya adalah jurusan Ilmu Perpustakaan. Program studi yang pertama kali dikenalkan oleh Melvy Dewey di Colombia College pada tahun 1987 ini, kerap jarang diminati calon mahasiswa baru sebab dinilai memiliki prospek kerja yang kurang menjanjikan. Apakah benar? Simak ulasannya.

Apa saja sih yang dipelajari di Ilmu Perpustakaan?

Ilmu Perpustakaan memiliki beberapa mata kuliah yang mengarahkan mahasiswanya untuk menjadi ahli dalam mengelola jenis perpustakaan dan informasi. Jadi nggak selalu tentang buku aja kok. Banyak orang berpikir jika Ilmu Perpustakaan hanya berkutat dengan buku atau menjadi pustakawan yang berdiam dan mengawasi pengunjung perpustakaan. Padahal, banyak lulusannya yang bahkan jarang berkecimpung menjadi Pustakawan.

Program studi ini juga mengarahkan untuk terus mengikuti alur informasi dan teknologi informasi yang terus menerus mengalami kemajuan. Bagi kamu yang memiliki kesenangan terhadap penyimpanan data dan ingin berkarier di bidang kepustakaan atau pengolahan informasi, program studi ini sangat cocok untukmu.

Baca juga: 7 Jurusan Sepi Peminat, dengan Peluang Kerja Besar!

Sebagai calon mahasiswa, keahlian yang harus dimiliki apabila ingin berkuliah di program studi ini adalah  tidak gagap pada teknologi informasi, teliti serta rapi dalam mengelola data. Nantinya, prodi ini akan membekali kamu dengan keterampilan mengorganisasi sumber-sumber informasi yang ada, serta mampu melakukan pelayanan sesuai dengan perkembangan teknologi.

Untuk mendapat keahlian tersebut, ada beberapa mata kuliah yang ada harus kamu kuasai di antaranya: manajemen sistem perpustakaan, design database, dokumentasi kearsipan, humas perpustakaan, dan masih banyak lagi.

Prospek kerja lulusan Ilmu Perpustakaan

1. Information Specialist

Menjadi lulusan Ilmu Perpustakaan membuat kamu terampil dalam bidang pengolahan informasi. Mengelola informasi di sini bisa berbentuk database, website atau sistem informasi lainnya. Lulusan program studi ini sangat dituntut untuk bisa mengolah database. Contoh pengolahan database adalah menggunakan PHP atau My Sql. Ada yang pernah dengar istilah ini?

Menjadi seorang information specialist bukan hanya mengharuskan kamu untuk ahli mengolah database, namun juga mengaharuskan kamu untuk ahli dalam teknologi informasi, analisis sistem, programmer, spesialis jaringan serta operator di suatu perusahaan atau perpustakaan.

Health-Informatics-Career

Pekerjaan information specialist (Sumber:  healthinformatic.uic.edu)

2. Arsiparis 

Semua perusahaan memiliki dokumen atau arsip penting yang harus dikelola. Pengelolaan dokumen atau arsip bertujuan agar perusahaan dapat dengan mudah menemukan informasi atau yang dikenal dengan information retrieval.

Kegiatan kearsipan yang biasa dilakukan oleh seorang arsiparis di antaranya: pengolahan arsip dinamis, pengolahan arsip statis, pembinaan kearsipan, pengolahan dan penyajian arsip menjadi informasi.

33658_68460 (1)

Pekerjaan Arsiparis (Sumber: qureta.com)

3. Instansi Pemerintah

Lulusan Ilmu Perpustakaan memiliki peluang untuk bergabung pada instansi pemerintah sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) atau Aparatur Sipil Negara (ASN).  Bisa dilihat bahwa saat ini banyak instansi pemerintah membuka lowongan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) untuk lulusan Ilmu Perpustakaan. Hal ini dikarenakan setiap instansi pemerintah memiliki lembaga informasi sendiri yang membutuhkan lulusan Ilmu Perpustakaan untuk mengelolanya.

Beberapa instansi pemerintah yang setiap tahunnya membuka lowongan untuk lulusan program studi ini adalah Kementerian atau Dinas Komunikasi dan Informatika, Perpustakaan Nasional, Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) dan lainnya. 

ilmu perpustakaan

Pekerjaan Instansi Pemerintah (Sumber: suaramerdeka.com)

4. Administrasi

Tugas seorang administrasi di antaranya adalah entri data dan arsip data suatu perusahaan. Nah, lulusan dari Ilmu Perpusatakaan sangat pas untuk mengisi posisi ini. Alasan perusahaan membutuhkan lulusan Ilmu Perpustakaan pada bagian administrasi karena lulusan ini sangat ahli dalam mengolah suatu data dan menyampaikan suatu informasi baik secara lisan maupun tulisan, lho.

Pengertian-Administrasi-e1537539655289

Pekerjaan Admistrasi (Sumber: forum.teropong.id)

5. Pustakawan

Sssst... Jangan membayangkan pustakawan di sini adalah sosok berkacamata yang siap mengusir para pengunjung perpustakaan yang berisik. No! Pustakawan pada perpustakaan modern bisa membuat berbagai macam acara di luar perpustakaan kok, seperti taman baca atau gerakan literasi informasi. Jadi masih banyak kegiatan yang ada di lingkup program studi ini selain yang ada di dalam ruangan saja, lho.

1545302769-12-things-

Pekerjaan Pustakawan (Sumber: youthmanual.com) 

Universitas yang memiliki program Ilmu Perpustakaan terbaik di Indonesia

Hampir setiap universitas atau politeknik mempunyai program diploma atau sarjana Ilmu Perpustakaan, lho.  Berikut 8 peringkat universitas yang memiliki program Ilmu Perpustakaan terbaik di Indonesia:

  1. Universitas Indonesia, Depok. 
  2. Universitas Diponegoro, Semarang.
  3. Universitas Islam Syarif Hidayatullah, Jakarta.
  4. Universitas Padjadjaran, Jatinangor.
  5. Universitas Sumatera Utara.
  6. Universitas Brawijaya, Malang.
  7. Universitas Yarsi, Jakarta.
  8. Universitas Islam Sunan Kalijaga, Yogyakarta.
    (Sumber: pustakawanmendunia.org)

Nah, masih mau menganggap remeh jurusan Ilmu Perpustakaan atau malah semakin tertarik untuk masuk jurusan ini? Yuk, persiapkan dirimu dari sekarang untuk menghadapi ujian masuk perguruan tinggi bersama ruangbelajar!

ruangbelajar

Beri Komentar

Recent Posts