Seluk-Beluk Jurusan Ilmu Perpustakaan: Mata Kuliah, Daftar Kampus & Prospek Kerja

Jurusan Ilmu Perpustakaan

Artikel ini membahas lebih dalam mengenai Jurusan Ilmu Perpustakaan, mulai dari mata kuliah, daftar kampus, hingga prospek kerjanya. Buat kamu yang penasaran, langsung aja kita simak!

 

Ketika memilih jurusan saat kuliah, salah satu hal yang perlu kamu pikirkan adalah prospek kerjanya setelah lulus, bukan? Beberapa program studi, tampak minim peminat karena dianggap memiliki prospek kerja yang sempit, salah satunya adalah Jurusan Ilmu Perpustakaan.

Program studi yang pertama kali dikenalkan oleh Melvy Dewey di Colombia College pada tahun 1987 ini, kerap jarang diminati calon mahasiswa baru. Sebab, dinilai memiliki prospek kerja yang kurang menjanjikan. Hmmm, apakah benar begitu? Mari kita simak ulasannya berikut ini!

 

Mengenal Jurusan Ilmu Perpustakaan

Apa sih Jurusan Ilmu Perpustakaan itu? Secara umum, Jurusan Ilmu Perpustakaan adalah program studi yang mempelajari cara mengumpulkan, menganalisis, mengolah, mengelola, serta mengkomunikasikan informasi dari berbagai jenis media. Media ini bisa berupa buku, e-book, atau dokumen lainnya.

Di Jurusan Ilmu Perpustakaan ini, kita akan melibatkan banyak keahlian di bidang teknologi, manajemen, mendokumentasikan, hingga menyimpan data. Nah, jika kamu termasuk orang yang suka berhubungan dengan kepustakaan dan pengarsipan, jurusan ini mungkin menarik untuk kamu pelajari.

33658_68460 (1)

Apakah kamu tertarik untuk masuk ke Jurusan Ilmu Perpustakaan? (Sumber: qureta.com)

 

Mata Kuliah Jurusan Ilmu Perpustakaan

Nah, apa saja sih yang dipelajari di Jurusan Ilmu Perpustakaan? Sudah sedikit dijelaskan di atas ya, jurusan ini mengajarkan kamu tentang cara mengelola, mengolah, dan mengkomunikasikan informasi. Kamu juga akan belajar mengenai dasar-dasar teknologi dan sistem informasi, karena saat ini, zaman sudah semakin berkembang ke arah digitalisasi.

Jurusan Ilmu Perpustakaan memiliki beberapa mata kuliah yang mengarahkan mahasiswanya untuk menjadi ahli dalam mengelola jenis perpustakaan dan informasi. Jadi nggak selalu tentang buku aja, kok. Program studi ini juga mengarahkan untuk terus mengikuti alur informasi dan teknologi informasi yang terus menerus mengalami kemajuan. 

Baca Juga: 10 Jurusan Sepi Peminat dengan Peluang Kerja yang Besar!

Dilansir dari berbagai sumber, berikut daftar mata kuliah yang umum dipelajari di Jurusan Ilmu Perpustakaan:

  • Administrasi Perkantoran
  • Ilmu Dokumentasi
  • Manajemen Perpustakaan
  • Pengantar Kearsipan
  • Pengantar Ilmu Perpustakaan
  • Dasar-Dasar Statistika
  • Perpustakaan Digital
  • Manajemen Koleksi
  • Manajemen Arsip
  • Komunikasi Informasi
  • Literasi Informasi
  • Penerbitan Media
  • Kepustakaan Indonesia
  • Automasi Pusdokinfo
  • Internet dan Manajemen Masyarakat Virtual
  • Infomatrik, dsb.

 

Gelar Jurusan Ilmu Perpustakaan

Berapa lama sih kuliah di Jurusan Ilmu Perpustakaan? Jawabannya, tergantung dari diri kamu sendiri. Namun, umumnya, jurusan ini memiliki lama studi kurang lebih 4 tahun, yang terdiri dari 8 semester.

Nantinya, kamu akan mendapatkan gelar Sarjana Humaniora (S. Hum), atau Sarjana Sosial (S. Sos), atau Sarjana Ilmu Perpustakaan (S. I. Pust). Tentunya, gelar yang akan didapat ini, akan mengikuti kebijakan yang berlaku di perguruan tinggi masing-masing. Jadi, beda kampus, beda kebijakan, bisa beda gelar juga. Misalnya saja, di Universitas Indonesia, Jurusan Ilmu Perpustakaan masuk ke dalam Fakultas Ilmu Budaya. Jadi, jika kamu lulus, kamu akan mendapat gelar S. Hum.

 

Keahlian yang Harus Dimiliki Mahasiswa Ilmu Perpustakaan

Sebagai calon mahasiswa, keahlian yang harus dimiliki apabila ingin berkuliah di program studi Ilmu Perpustakaan adalah tidak gagap pada teknologi informasi. Karena nantinya, prodi ini akan membekali kamu dengan keterampilan mengorganisasi sumber-sumber informasi yang ada, serta mampu melakukan pelayanan sesuai dengan perkembangan teknologi.

Selain itu, kamu juga diharapkan untuk memiliki keahlian dalam berpikir logis dan sistematis, mampu menganalisa data, dan kemampuan problem solving yang baik, teliti, serta rapi dalam mengelola data.

Baca Juga: Mengupas Jurusan Sastra Bahasa Indonesia: Mata Kuliah, Daftar Kmapus, dan Prospek Kerjanya

Pengertian-Administrasi-e1537539655289

Kuliah di Jurusan Ilmu Perpustakaan tidak hanya berkutat dengan arsip, tapi juga data dan teknologi. (Sumber: forum.teropong.id)

 

Daftar Kampus dengan Jurusan Ilmu Perpustakaan Terbaik di Indonesia

Lalu, perguruan tinggi mana saja nih yang menyediakan program studi Ilmu Perpustakaan. Nah, hampir setiap universitas atau politeknik, mempunyai program diploma atau sarjana Ilmu Perpustakaan, lho!  Berikut 8 peringkat universitas yang memiliki program Ilmu Perpustakaan terbaik di Indonesia:

  1. Universitas Indonesia, Depok.
  2. Universitas Diponegoro, Semarang.
  3. Universitas Islam Syarif Hidayatullah, Jakarta.
  4. Universitas Padjadjaran, Jatinangor.
  5. Universitas Sumatera Utara.
  6. Universitas Brawijaya, Malang.
  7. Universitas Yarsi, Jakarta.
  8. Universitas Islam Sunan Kalijaga, Yogyakarta.
    (Sumber: pustakawanmendunia.org)

 

Prospek Kerja Lulusan Ilmu Perpustakaan

Banyak orang berpikir jika Ilmu Perpustakaan hanya berkutat dengan buku atau menjadi pustakawan yang berdiam dan mengawasi pengunjung perpustakaan. Padahal, banyak lulusannya yang bahkan jarang berkecimpung menjadi Pustakawan.

1. Information Specialist

Menjadi lulusan Ilmu Perpustakaan membuat kamu terampil dalam bidang pengolahan informasi. Mengelola informasi di sini bisa berbentuk database, website atau sistem informasi lainnya. Lulusan program studi ini sangat dituntut untuk bisa mengolah database. Contoh pengolahan database adalah menggunakan PHP atau My Sql. Ada yang pernah dengar istilah ini?

Menjadi seorang information specialist bukan hanya mengharuskan kamu untuk ahli mengolah database, namun juga mengaharuskan kamu untuk ahli dalam teknologi informasi, analisis sistem, programmer, spesialis jaringan serta operator di suatu perusahaan atau perpustakaan.

Health-Informatics-Career

Pekerjaan information specialist (Sumber:  healthinformatic.uic.edu)

 

2. Arsiparis

Semua perusahaan memiliki dokumen atau arsip penting yang harus dikelola. Pengelolaan dokumen atau arsip bertujuan agar perusahaan dapat dengan mudah menemukan informasi atau yang dikenal dengan information retrieval.

Kegiatan kearsipan yang biasa dilakukan oleh seorang arsiparis di antaranya: pengolahan arsip dinamis, pengolahan arsip statis, pembinaan kearsipan, pengolahan dan penyajian arsip menjadi informasi.

Baca Juga: Seluk-Beluk Jurusan Sastra Inggris, Mata Kuliah, dan Prospek Kerjanya

3. Instansi Pemerintah

Lulusan Ilmu Perpustakaan memiliki peluang untuk bergabung pada instansi pemerintah sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) atau Aparatur Sipil Negara (ASN). Bisa dilihat bahwa saat ini banyak instansi pemerintah membuka lowongan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) untuk lulusan Ilmu Perpustakaan. Hal ini dikarenakan setiap instansi pemerintah memiliki lembaga informasi sendiri yang membutuhkan lulusan Ilmu Perpustakaan untuk mengelolanya.

Beberapa instansi pemerintah yang setiap tahunnya membuka lowongan untuk lulusan program studi ini adalah Kementerian atau Dinas Komunikasi dan Informatika, Perpustakaan Nasional, Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) dan lainnya.

ilmu perpustakaan

Pekerjaan Instansi Pemerintah (Sumber: suaramerdeka.com)

 

4. Administrasi

Tugas seorang administrasi di antaranya adalah entri data dan arsip data suatu perusahaan. Nah, lulusan dari Ilmu Perpusatakaan sangat pas untuk mengisi posisi ini. Alasan perusahaan membutuhkan lulusan Ilmu Perpustakaan pada bagian administrasi karena lulusan ini sangat ahli dalam mengolah suatu data dan menyampaikan suatu informasi baik secara lisan maupun tulisan, lho!

5. Pustakawan

Sssst… Jangan membayangkan pustakawan di sini adalah sosok berkacamata yang siap mengusir para pengunjung perpustakaan yang berisik. No! Pustakawan pada perpustakaan modern bisa membuat berbagai macam acara di luar perpustakaan kok, seperti taman baca atau gerakan literasi informasi. Jadi masih banyak kegiatan yang ada di lingkup program studi ini selain yang ada di dalam ruangan saja, lho!

1545302769-12-things-

Pekerjaan Pustakawan (Sumber: youthmanual.com) 

Nah, itulah informasi lengkap mengenai Program Studi Ilmu Perpustakaan. Masih mau menganggap remeh Jurusan Ilmu Perpustakaan, atau malah semakin tertarik untuk masuk jurusan ini, nih? Yuk, persiapkan dirimu dari sekarang untuk menghadapi ujian masuk perguruan tinggi bersama ruangbelajar!

IDN CTA Blog ruangbelajar Ruangguru

Referensi:

https://lib.ub.ac.id/news/mau-jadi-apa-sih-lulusan-ilmu-perpustakaan/#:~:text=Ilmu%20Perpustakaan%20adalah%20jurusan%20yang,dokumen%2C%20buku%2C%20ataupun%20digital. (Diakses pada 23 Oktober 2023)

https://danacita.co.id/blog/jurusan-ilmu-perpustakaan-info-mata-kuliah-prospek-kerja-lengkap/#:~:text=Nantinya%2C%20kamu%20akan%20mendapatkan%20gelar,kebijakan%2C%20bisa%20beda%20gelar%20juga. (Diakses pada 23 Oktober 2023)

Sumber Gambar:

https://unsplash.com/photos/people-walking-inside-library-Y7d265_7i08 (Diakses pada 23 Oktober 2023)

 

Terakhir diperbarui pada 23 Oktober 2023.

Tiffany Aisyah Septiana