Industrial Robotic Design, Jurusan Milenial dengan Karier Cemerlang

Putri Amalia Ramadhani

Oct 11, 2019 • 4 min read

Siap kuliah Kampus dan Jurusan


Find me on:

prospek jurusan industrial robotic designArtikel membahas tentang seluk beluk jurusan Industrial Robotic Design dan prospeknya di dunia kerja

--

Pernahkah kalian mendengar tentang jurusan Industrial Robotic Design? Jika kalian belum tahu, jurusan yang satu ini lumayan banyak menarik perhatian para mahasiswa baru lho. Namun dibalik pesonanya itu, jurusan ini pun sekilas membuat bingung karena namanya tersebut. Ada yang beranggapan jurusan ini adalah jurusan desain yang berkaitan dengan gambar menggambar dan ada pula yang menganggap jurusan ini adalah jurusan yang membuat robot elektronik. Nah, sebenarnya apa sih deskripsi konkrit tentang jurusan menarik ini? Jika kalian penasaran, yuk simak artikel di bawah ini.

1. Apa sih maksud dari Industrial Robotic Design?

jurusan industrial robotic design

Seperti di beberapa Universitas di Indonesia, Jurusan Industrial Robotic Design termasuk dalam Fakultas Teknik

(Sumber: hipwee.com)

 

Jurusan Industrial Robotic Design atau Desain Robotika Industri adalah jurusan yang mempelajari bagaimana membangun keberlanjutan industri dengan sistem produksi yang berbasis robot. Di jurusan ini, kamu akan mempelajari konsep dasar robotika, perancangan robot, hingga ke level aplikasi di dunia kerja industri. Hingga saat ini, permintaan Industrial Automation Engineer yang kuat pada konsep dan aplikasi masih sangat besar karena hampir semua bidang industri membutuhkan profesi ini dengan kualifikasi yang baik. Dengan kata lain, prospek kariernya cemerlang!

2. Terus sistem belajarnya gimana?

Program Industrial Robotic Design didesain berdasarkan Kerangka Kurikulum yang terkualifikasi Nasional dan Standar Nasional Pendidikan Tinggi. Dengan standar pendidikannya yang baik itu lulusan Industrial Robotic Design akan mempunyai kualifikasi yang sama dengan lulusan luar negeri terutama ASEAN lho. Keren ‘kan? Kurikulum ini juga dirancang agar mahasiswa bisa belajar lebih fokus (rata-rata 5 mata kuliah per semester), lebih mudah (teori dan kerja laboratorium terintegrasi) dan juga lebih menyenangkan (topik up to date dengan kebutuhan industri).

jurusan industrial robotic design

Robot Industri di masa kini sangat membantu meringankan pekerjaan manusia sehingga ramai peminat yang tertarik menggali ilmunya

(Sumber: roboticsandautomationnews.com)

 

Selain itu, kurikulum juga dilengkapi dengan program sertifikasi yang akan sangat bermanfaat bagi alumni dalam bersaing di industri sebab diperkuat juga dengan kemampuan penulisan dan presentasi Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Beberapa kemampuan tersebut diharapkan berguna untuk membekali alumni dengan skill wirausaha yang cukup kuat, dan yang nggak kalah penting kurikulum juga dilengkapi dengan kompetensi entrepreneurship praktis yang bisa menjadi bekalmu setelah lulus dari jurusan ini.

3. Kira-kira prospek kerja untuk jurusan sekeren ini gimana? Apakah akan secemerlang itu?

Eiitss, jangan pesimis dulu dong. Hingga saat ini, permintaan Engineer Industrial Automation yang kuat di konsep dan aplikasinya ini masih sangat besar kok.  Dikarenakan hampir di semua bidang industri membutuhkan Engineer Automation dengan kualifikasi yang baik, sehingga tak terhitung kesempatan karier ke depan!. Ditambah lagi, lulusan Program Industrial Robotic Design akan menjadi engineer yang unggul yang mampu memimpin, mampu mendesain dan mampu meng-handle project project manufaktur modern. Setelah lulus, kemampuan itu akan membuka prospek karir kamu akan semakin menjanjikan. Kamu bisa bekerja sebagai:

  • Automation/Mechatronics Engineer : Design, Implementation, Maintenance

  • Programmer

  • Manager : Project, Production, Engineering

Bukan hanya di industri, dengan kualifikasi lulusan program ini anda juga akan dapat berkarir di:

  • Perguruan Tinggi

  • Lembaga Penelitian

  • Instansi Pemerintah

  • Entrepreneur

Wah, sekarang kamu jadi makin tau ‘kan tentang jurusan Industrial Robotic Design? Bagi kamu yang berminat menjadikan jurusan ini sebagai opsi, ada beberapa universitas di Indonesia yang bisa kamu kepoin di antaranya Institut Teknologi Sepuluh November, Universitas Sebelas Maret, dan Politeknik Elektronika Negeri Surabaya. Dengan semakin banyaknya lembaga Pendidikan yang membuka jurusan yang sesuai dengan kebutuhan ‘pasar’ itu juga dapat membantu kemajuan negeri dalam pengembangan sumber daya manusia di Indonesia, lho

Banyak banget ‘kan keunggulannya? So, buat kamu yang udah nggak sabar gabung jadi bagian dari jurusan keren ini, jangan lupa untuk selalu akses ruangbelajar ya! Karena hanya di ruangbelajar, kamu bisa belajar dengan banyak video animasi dan juga bank soal yang bisa mematangkan persiapan kamu. Yuk, gabung sekarang!

ruangbelajar for desktop

Beri Komentar

Recent Posts