Info Penting PPDB Online Tahun Ajaran 2019/2020

Shabrina Alfari

Jun 16, 2019 • 2 min read

Ujian Nasional


PPDB Online 2019

Artikel ini memberikan informasi lengkap terkait Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Online tahun ajaran 2019/2020

--

Squad, tahun ajaran baru sudah semakin dekat! Di tahun 2019 ini, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia tetap menggunakan sistem zonasi dalam pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Online untuk tahun ajaran 2019/2020. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy juga menyampaikan bahwa syarat PPDB 2019 adalah jarak dari rumah ke sekolah, bukan nilai rapor atau ujian nasional.

Mendikbud juga menambahkan bahwa aturan zonasi yang semula sudah diterapkan pada PPDB 2018, akan kembali diperketat pada 2019. Pengetatan aturan itu diperkuat melalui Peraturan Mendikbud No. 51 Tahun 2018 tentang PPDB.

Mendikbud menegaskan bahwa sekolah wajib menerapkan PPDB berbasis zonasi untuk 90 persen dari siswa baru. Sedangkan, jalur prestasi akademik dan non-akademik memiliki kuota tersendiri yaitu 5 persen. Selain itu, ada pula kuota 5 persen bagi pelajar yang mendaftar ke sekolah di luar zona mereka.

PPDB Online 2019

Apa sih tujuan dari sistem zonasi?

Staf Ahli Mendikbud Bidang Regulasi Chatarina Girsang menjelaskan, sistem zonasi bertujuan untuk mendobrak mental “sekolah favorit” yang sudah lama terpatri di masyarakat. Dengan sistem zonasi ini, semua sekolah harus memiliki mutu pendidikan yang baik agar semua anak bisa bersekolah di tempat terdekat dan dijamin tidak mengalami diskriminasi dalam dunia pendidikan.

Namun, nilai rapor dan ujian nasional dapat digunakan apabila tersisa satu kursi di sekolah, sementara yang mendaftar lebih dari satu orang. Jika hal ini terjadi, sekolah dapat memilih siswa dengan nilai UN atau rapor yang lebih tinggi. Akan tetapi, sekolah tidak bisa menentukan batas minimal nilai UN dan rapor dalam melakukan seleksi.

PPDB Online 2019

Tata Cara PPDB Online 2019/2020

  1. Datang langsung ke sekolah terdekat
  • Penyerahan dan verifikasi berkas
  • Entry data
  • Menerima tanda bukti pendaftaran atau akun
  1. Menerima akun (dapat dilakukan mandiri atau dibantu operator)
  • CPDB login ke situs PPDB
  • Print out tanda bukti pendaftaran atau pilihan sekolah
  1. Pengumuman hasil seleksi
  • Dapat dipantau secara online dan offline di sekolah

Perhatian: Jika dinyatakan diterima, maka kamu wajib lapor diri ke sekolah pilihan dan menyerahkan berkas sesuai syarat.

Gimana Squad, apakah ada informasi yang belum jelas? Bagi kamu para calon peserta didik baru, apa saja nih yang telah kamu siapkan untuk PPDB ini? Ingat tanggalnya serta persyaratannya agar tak ada yang terlewat ya. Psst, kamu tetap harus menyiapkan diri dengan memperbagus nilai rapor dan mendapatkan nilai terbaik di ujian nasional lho. Ayo, tingkatkan prestasi melalui video beranimasi di ruangbelajar.

ruangbelajar

Beri Komentar

Recent Posts