Info Penting Siklus Sel

Info Penting Siklus Sel

Squad, semua mahkluk hidup yang ada di bumi ini mengalami siklusnya masing-masing. Misalnya siklus ketika sedang berada di bawah, atau siklus ketika kamu sedang mengalami keberhasilan. Nah, tahukah kamu, ternyata sel-sel yang ada di tubuh kita juga mengalami siklus, lho! Seperti apa sih siklus sel itu? Kuy, disimak artikelnya! 

Info Penting Siklus Sel

Pernah lihat gambar ini sebelumnya? (Sumber: Shutter Stock)

Sebenarnya siklus sel itu pengertiannya apa, sih? Siklus sel adalah serangkaian proses yang terjadi di dalam sel. Ada 3 tahap dalam 1 interfase yang harus dilalui oleh sebuah sel. Ketiga tahap tersebut adalah Gap 1, Sintesis, dan Gap 2. Ada proses apa saja ya di dalam ketiga tahap tersebut?

G1 atau Gap 1

Pada bagian Gap 1, terdapat proses sintesis protein dan perbanyakan organel sel tersebut. Selain itu, sel juga mulai bertumbuh di bagian ini. Gap 1 merupakan tahapan paling lama dengan durasi sekitar 11-12 jam. DNA yang terbentuk pada bagian ini baru memiliki 1 salinan. 

S atau Sintesis

Berbeda dengan Gap 1, pada bagian sintesis terdapat replikasi DNA. Prosesnya juga berlangsung lebih singkat, yaitu hanya 8 jam. Wah, ternyata DNA juga bisa dibuat replikanya, ya! Ternyata nggak hanya bangunan aja nih yang bisa dibuat replikanya. 

G2 atau Gap 2

Pada bagian Gap 2, ada proses perbanyakan organel yang belum selesai di Gap 1. Jadi ada kelanjutannya nih dari proses perbanyakan organel yang sebelumnya sudah terjadi di Gap 1. DNA juga sudah berubah menjadi 2 salinan dengan durasi antara 2-4 jam. 

Nah, setelah sel selesai melakukan persiapan pembelahan, sel akan memasuki tahapan pembelahan yang berbeda-beda, tergantung dengan jenis selnya. jika sel tubuh maka pembelahan yang akan terjadi adalah pembelahan mitosis, sedangkan jika sel tersebut merupakan sel gamet, maka yang akan terjadi adalah pembelahan meiosis.

Jangan sampai tertukar ya, Squad! Kamu masih ingin belajar lebih lanjut mengenai siklus sel? Yuk, belajar bersama Ruangguru On-The-Go! Kamu bisa nonton video belajar tanpa kuota, lho! Dapatkan sekarang di toko buku terdekat, ya!

ruangguru on the go

Beri Komentar