Infografis: Penggunaan Teknologi dalam Pendidikan oleh Guru di Indonesia

Ruangguru writer Nov 1, 2016 • 4 min read


Teknologi merupakan hal yang tidak lepas dari kehidupan setiap manusia saat ini. Termasuk juga kehidupan seorang guru sebagai pendidik. Ada banyak cara yang bisa dilakukan oleh seorang guru untuk memanfaatkan teknologi dalam kegiatan belajar mengajar. Teknologi memang telah terbukti dapat memfasilitasi guru saat mengajar dan membuat belajar jadi lebih menarik untuk para siswa. Kalau di Indonesia sendiri, bagaimana ya? Apakah para guru sudah memanfaatkan teknologi atau masih mengajar secara konvensional? Simak selengkapnya melalui infografis di artikel ini.

 

teknologi dalam pendidikan di Indonesia Penggunaan teknologi dalam pendidikan di Indonesia. (Desain oleh Ruangguru.com)

 Faktanya, di Indonesia pemanfaatan teknologi dalam dunia pendidikan belum cukup signifikan. Hal ini dapat diakibatkan oleh beberapa hal, salah satunya infrastruktur yang kurang mendukung. Misalnya, kecepatan koneksi internet yang berbeda-beda di tiap daerah. Namun, sudah ada beberapa guru yang antusias dalam menggunakan teknologi saat mengajar para siswanya. Terbukti dari keikutsertaan 60 guru dalam program Microsoft Innovative Education Experts. Program tersebut bertujuan untuk mengedukasi para pengajar mengenai pemanfaatan teknologi dalam kegiatan belajar mengajar. Peserta dalam program tersebut hanya guru-guru terpilih, lho.

Pada praktiknya, penggunaan teknologi saat mengajar tidak selalu menguntungkan. Selain memiliki berbagai keunggulan, ada pula kelemahannya. Kedua hal tersebut dapat dilihat pada ilustrasi di bawah ini. Namun, setiap kelemahan dari pemanfaatan teknologi dalam proses mengajar tentunya bisa diantisipasi. Contohnya, untuk menghindari pembajakan karya, bapak/ibu guru bisa membuat watermark pada materi belajar yang diunggah ke dunia maya. Contoh lainnya adalah dengan melakukan pengawasan terhadap siswa saat sedang belajar menggunakan teknologi. Dengan demikian, siswa tidak akan menggunakan gadget­-nya untuk hal-hal yang tidak berhubungan dengan pelajaran.

 

pengunaan teknologi saat mengajar Keunggulan dan kelemahan pemanfaatan teknologi saat mengajar. (Desain oleh Ruangguru.com)

 Sebelumnya, Ruangguru.com pernah membahas pentingnya para guru untuk melek teknologi. Nah, bapak/ibu guru yang tertarik untuk memanfaatkan teknologi jangan bingung bagaimana memulainya. Coba ikuti jejak guru-guru lain yang sudah terlebih dahulu menggunakan teknologi secara kreatif dalam proses mengajar mereka. Contoh-contoh yang ditampilkan dalam artikel ini merupakan praktik pemanfaatan teknologi yang diikutsertakan dalam Kompetisi Guru Tingkat Nasional dengan tema “Peran Teknologi Dalam Inovasi Pendidikan”.

penggunaan teknologi dalam pendidikan Contoh penggunaan teknologi dalam pendidikan di Indonesia. (Desain oleh Ruangguru.com) 

Selain contoh-contoh di atas, ada banyak juga pemanfaatan teknologi di dunia pendidikan yang sifatnya memfasilitasi siswa. Misalnya, kini siswa dapat mengerjakan tes dan latihan soal secara online. Dengan begitu, siswa tidak perlu lagi membawa buku latihan soal yang tebal. Jika siswa merasa kebingungan saat belajar atau mengerjakan tugas, ia juga bisa bertanya kepada guru yang kompeten melalui aplikasi belajar online. Berkat teknologi, belajar dan mengajar dapat dilakukan kapan dan di mana saja.

Bagaimana, bapak/ibu, apakah terinspirasi dari contoh-contoh di atas? Sebelum memulai penggunaan teknologi saat mengajar, berikut ini ada beberapa tips yang dapat membantu.

1. Buat perencanaan yang matang sebelum menggunakan teknologi saat mengajar. Persiapkan pula peralatan yang dibutuhkan. Pastikan infrastruktur yang ada dapat mendukung kegiatan tersebut.

2. Sebisa mungkin, gunakan terlebih dahulu fasilitas yang sudah dimiliki. Jangan terburu-buru dalam membeli alat-alat teknologi terkini sebelum benar-benar membutuhkannya.

3. Jangan menyerah apabila suatu metode pengajaran dengan teknologi tidak berjalan lancar. Coba terus hingga menemukan metode yang paling baik. Misalnya, pelajaran Biologi lebih efektif diajarkan melalui video daripada presentasi. Hal tersebut akan diketahui melalui uji coba terus menerus.

4. Fokuslah dalam mencari teknologi yang tepat untuk membantu siswa dalam belajar. Jadikan peningkatan pemahaman siswa sebagai parameter keberhasilan.

Teknologi akan terus berkembang. Jika seseorang tidak mau memanfaatkan teknologi yang ada, maka ia akan tertinggal. Yuk, semangat untuk berkontribusi secara positif dalam dunia pendidikan Indonesia. Ayo #BanggaJadiGuru agar pendidikan di Indonesia bisa lebih maju. Apakah bapak/ibu guru ada yang sudah pernah mencoba menggunakan teknologi saat mengajar? Jangan ragu untuk berbagi di kolom komentar, ya! Share juga artikel ini agar semua orang bisa turut serta memajukan pendidikan di Indonesia. (AZN/TN)

Beri Komentar