Informasi Sensus Penduduk yang Harus Kamu Ketahui | Geografi Kelas 10

Embun Bening Diniari Jan 25, 2018 • 3 min read

Informasi Sensus Penduduk yang Harus Kamu Ketahui

Squad, siapa di antara kalian yang berminat untuk melanjutkan pendidikan di bidang statistik? Kalian pernah mengira-ngira nggak, sih, apa manfaat ilmu statistik dalam kehidupan sehari-hari? Nah, Squad, salah satu manfaat ilmu statistik dalam kehidupan sehari-hari adalah untuk melaksanakan sensus penduduk. Apakah kalian sudah pernah mendengar mengenai sensus penduduk?

Squad, sensus penduduk adalah proses pengumpulan data penduduk di wilayah tertentu. Kira-kira, sensus yang dilakukan di Indonesia seperti apa, ya? Yuk, kita bahas lebih lanjut! 

Sensus penduduk

Lambang Badan Pusat Statistik, penyelenggara sensus di Indonesia (Sumber: Badan Pusat Statistik RI)

Fakta Sensus

Definisi Sensus Penduduk

Squad, sensus penduduk adalah gabungan dari proses pengumpulan, pencatatan, pengolahan, dan publikasi data kependudukan di suatu wilayah tertentu pada periode tertentu. Contohnya, Sensus Nasional pada tahun 2010 yang mencakup keseluruhan wilayah Indonesia. 

Ciri-Ciri Sensus Penduduk

Squad, kira-kira apa saja ya ciri-ciri dari sensus penduduk? Kuy simak infonya di bawah ini!

Ciri-ciri sensus penduduk

Tujuan Sensus Penduduk

Squad, secara keseluruhan, tujuan sensus penduduk adalah untuk menyediakan data administrasi dan mencatata perubahan data-data tersebut. Data yang disediakan mulai dari data penduduk provinsi sampai data penduduk desa atau kelurahan, lho! Selain itu, sensus juga dilakukan untuk memperkirakan parameter kependudukan dan menyusun kerangka induk pembangunan terkait potensi daerah tersebut. Oh iya, data potensi desa juga bisa disediakan melalui sensus, lho! 

Jenis dan metode sensus penduduk

Squad, berdasarkan macamnya, ternyata ada 2 jenis sensus penduduk. Jenis sensus penduduk yang pertama disebut dengan Sensus de Facto. Sensus de Facto menghitung jumlah penduduk berdasarkan pada jumlah orang di wilayah sensus tersebut ketika proses sensus sedang berjalan. Sedangkan jenis sensus yang kedua, yaitu Sensus de Jure, hanya menghitung penduduk yang benar-benar tinggal di wilayah sensus tersebut. 

Squad, setelah paham jenis-jenis sensus, kamu juga harus paham dengan metode-metode yang digunakan dalam sensus. Ada 2 metode yang biasanya digunakan dalam sensus, yaitu metode house bolder dan metode canvasser

Informasi Sensus Penduduk yang Harus Kamu Ketahui

Squad, sekarang sudah lebih paham kan mengenai sensus penduduk? Apakah kamu punya cerita seru terkait sensus di daerahmu? Nah, kalau kamu mau belajar lebih jauh lagi mengenai sensus penduduk, yuk belajar bersama di Ruangguru Ruangbelajarplus. Kamu bisa belajar dengan menggunakan group chat dan bisa tanya jawab dengan tutor standby, lho! Yuk, daftar sekarang, Squad!

Daftar RGDB Sekarang!

 

Beri Komentar