Ekonomi Kelas 9 | Informasi Sensus Penduduk yang Harus Kamu Ketahui

IPS_8 (2).jpg

Halo, Squad! Siapa di antara kalian yang sudah pernah merasakan pelaksanaan sensus penduduk? Hmm, tapi kalian tahu tidak sih, ternyata banyak informasi penting tentang sensus penduduk yang harus kita ketahui, lho. Wah, apa saja, ya? Nah, sebelum belajar lebih lanjut, kita pahami dulu yuk, pengertian sensus penduduk. Sensus penduduk adalah penghitungan jumlah penduduk yang dilakukan oleh pemerintah dalam jangka waktu tertentu secara serentak serta bersifat menyeluruh dalam suatu negara untuk kepentingan demografi negara yang bersangkutan.

Sensus Penduduk

Sensus Penduduk tahun 2010 (Sumber: afandriadya.com)

Tahukah kamu, ternyata ada beberapa jenis sensus, lho! Jenis-jenis sensus tersebut dibagi menjadi 2, yaitu berdasarkan status tempat tinggal penduduk dan metode pelaksanaan sensus tersebut. Dibagi menjadi apa saja, ya? Kuy, kita simak penjelasannya!

Berdasarkan Status Tempat Tinggal Penduduk

Berdasarkan status tempat tinggal penduduknya, sensus dapat dibedakan menjadi 2, yaitu sensus de facto dan sensus de jure.

Sensus De Facto
Dalam pelaksanaan sensus de facto, petugas sensus mencatat setiap orang yang ada di wilayah tersebut pada saat proses sensus sedang berlangsung. Oleh karena itu, dalam sensus de facto tidak ada klasifikasi lebih lanjut terhadap penduduk yang memang menetap di wilayah tersebut atau penduduk yang hanya tinggal untuk sementara. 

Sensus De Jure
Berbeda dengan sensus de facto, sensus de jure hanya mencatat penduduk yang sudah secara resmi terdaftar sebagai penduduk dan tinggal di daerah tersebut. Jika menggunakan metode sensus de jure, penduduk asli yang sudah terdaftar dapat dibedakan dengan penduduk yang belum terdaftar. Penduduk yang belum terdaftar tersebut antara lain penduduk yang hanya tinggal di tempat tersebut untuk sementara waktu. Oleh karena itu, penduduk tersebut tidak diikutkan dalam proses sensus de jure.  

Berdasarkan Metode Pelaksanaan Sensus

Pada pelaksanaannya, sensus dapat dibedakan menjadi dua, yaitu metode householder dan metode canvaser.

Metode Householder

Pada metode householder, penduduk diminta untuk mengisi formulir yang berisi pertanyaan mengenai data kependudukan. Setelah selesai mengisi, formulir tersebut akan diminta kembali oleh petugas sensus untuk kemudian diolah. Metode householder sering digunakan di daerah yang tingkat pendidikan penduduknya cenderung tinggi. 

Metode Canvaser

Metode Canvaser merupakan metode pelaksanaan sensus yang dilakukan dengan cara mewawancarai penduduk secara langsung. Oleh karena itu, pada metode ini penduduk tidak mengisi formulir secara mandiri, melainkan menjawab pertanyaan petugas yang didasarkan pada formulir data kependudukan. 

Informasi Sensus Penduduk Yang Harus Kamu Ketahui 2

 Manfaat Sensus Penduduk

Squad, sepertinya sensus penduduk tidak semudah kelihatannya, ya? Tapi, kenapa ya, sensus penduduk harus terus dilakukan? Ternyata, sensus penduduk harus terus dilakukan karena memiliki banyak manfaat. Apa saja sih, manfaat dari sensus penduduk? Yuk, kita lihat pembahasannya di bawah ini!

Informasi Sensus Penduduk Yang Harus Kamu Ketahui

Squad, sudah lebih paham tentang sensus penduduk, kan? Psst jangan lupa, sensus penduduk selanjutnya tahun 2020, lho! Sudah siapkah kamu untuk turut berpartisipasi? Jangan lupa, selain harus berpartisipasi dalam sensus, kamu juga harus terus semangat belajar, ya! Supaya belajarnya makin seru, yuk belajar pakai ruanglesonline. Kamu bisa tanya-tanya PR yang susah dengan kakak tutor yang berpengalaman. Belajarnya cuma lewat HP-mu aja, lho! Kapan lagi, kan? Yuk, buat #BelajarJadiPraktis bersama ruanglesonline! Selamat belajar, Squad! 

New Call-to-action

 

Beri Komentar