Ingin Bekerja di Bagian HRD? Miliki 5 Soft Skills Ini

Maya Martha

Jan 24, 2019 • 4 min read

Sukses Kerja


soft skills

Human Resource Development (HRD) merupakan divisi pekerjaan yang berfokus kepada sumber daya manusia (SDM). Divisi pekerjaan ini sangat penting di dalam perusahaan karena dengan membina karyawan, maka perusahaan tersebut dapat berjalan baik. Apabila Anda ingin bekerja di bagian HRD, Anda perlu mengadopsi beberapa hard skills dan soft skills.

Jurnal psikologi tahun 2014 yang ditulis oleh M. Untung Manara menerangkan bahwa terdapat lima poin teratas dari hard skills yang harus dimiliki seorang HRD. Para lulusan psikologi telah unggul karena mereka mempelajari bagaimana cara proses rekrutmen dan juga alat tes. Namun, jangan bersedih hati karena soft skills yang dibutuhkan untuk menjadi HRD dapat dimiliki oleh Anda yang lulus dari jurusan manapun. Untuk itu, inilah lima soft skills yang perlu dimiliki jika Anda ingin bekerja di divisi HRD.

1. Mampu menciptakan dan menggunakan komunikasi yang baik terhadap semua karyawan

soft skills

Komunikasi membentuk suatu relasi yang baik (Sumber: Lynda.com)

Sebelum seorang karyawan diterima untuk bekerja di perusahaan yang sama dengan Anda, mereka harus melewati sekumpulan tes untuk menguji apakah mereka pantas atau sebaliknya. Anda harus mampu menciptakan komunikasi dengan mereka. Menjalin komunikasi dengan orang baru bukanlah hal yang mudah, namun pastikan Anda dapat melakukannya. Sebab tidak hanya dengan calon karyawan baru, Anda juga harus bisa berkomunikasi dengan semua karyawan di tempat Anda bekerja.

Baca juga: Ingin Sukses Wawancara Kerja Online? Lakukan 7 Langkah Berikut Ini!

2. Memiliki kepekaan dalam mengobservasi karyawan dan calon karyawan

soft skills

Mengobservasi secara objektif (Sumber: www.imi.ie)

Menjadi karyawan pada divisi HRD menuntut Anda untuk pandai mengobservasi karyawan dan calon karyawan secara objektif. Hal tersebut dilakukan agar membantu Anda untuk melakukan penilaian dan perilaku apa yang harus diberikan kepada masing-masing karyawan dengan karakter mereka yang berbeda-beda. Di samping itu, dalam usaha mengobservasi pada saat perekrutan karyawan baru, Anda juga dapat memaksimalkan teknologi. Anda dapat mengobservasi calon karyawan melalui akun LinkedIn mereka hingga media sosial pribadi. Bisa jadi Anda dapat menemukan fakta baru mengenai karyawan yang tidak pernah Anda tahu selama ini. Menarik bukan, Rekan Kerja?

3. Bekerja cepat dengan waktu yang singkat

soft skills

Bekerja dengan cepat dan tepat (Sumber: independent.co.uk)

Sama halnya pekerjaan yang lain, menjadi seorang HRD pun juga akan dihadapkan kepada deadline dan load pekerjaan yang banyak. Terutama apabila perusahaan Anda sedang membuka lowongan pekerjaan dengan kuota yang besar, Anda harus mampu melakukan scoring psikotes dalam tenggat waktu yang singkat.

4. Berkepribadian baik yang patut untuk dicontoh

soft skills

Kepribadian baik sebagai panutan (Sumber: workinginpeelhalton.com)

Menjadi seorang HRD berarti Anda adalah orang yang paling dikenal oleh seluruh karyawan. Anda merupakan orang pertama yang ditemui oleh para calon karyawan dan Anda lah yang bertanggung jawab atas gaji yang diterima oleh seluruh karyawan sebagai upah jerih payah bekerja. Dengan dikenalnya oleh banyak orang, Anda patut menjaga sikap baik agar menjadi contoh oleh para karyawan-karyawan yang lain. Salah satu pekerjaan Anda adalah memberi penilaian kepada karyawan, jangan sampai penilaian Anda sendiri tidak memenuhi standar. Kepribadian Anda dapat mempengaruhi pekerjaan Anda.

Baca juga: 5 Cara Menilai Cocok-Tidaknya Calon Karyawan dengan Budaya Perusahaan

5. Menjalin hubungan interpersonal sebagai upaya untuk memantau SDM

soft skills

komunikasi interpersonal (Sumber: ed2go.com)

Tidak hanya mempunyai komunikasi yang baik, Anda juga mampu untuk menjalin relasi interpersonal dengan seluruh karyawan. Ibarat Anda adalah seorang ibu yang berusaha untuk dapat dekat dengan anak-anaknya. Sama halnya dengan menjadi HRD, Anda harus mempunyai hubungan yang baik dengan seluruh karyawan agar Anda dapat memantau SDM di perusahaan memiliki kinerja yang baik.

Lima hal di atas merupakan soft skills utama yang harus dimiliki jika ingin bekerja pada bagian HRD. Tidak perlu takut apabila Anda bukan lulusan sarjana psikologi namun ingin berkarier di ranah HRD karena nantinya Anda akan mempelajari hard skills di dalam perusahaan tersebut. Berbanggalah akan soft skills yang telah Anda miliki! Hal tersebut menjadi modal dasar yang menunjang pekerjaan Anda. Jangan takut mencoba demi meraih cita-cita Anda, Rekan Kerja!

Di dalam dunia pekerjaan, Anda juga harus meningkatkan kemampuan diri agar dapat mencapai karier Anda. Selain itu dengan mengembangkan kemampuan diri, Anda juga dapat lebih unggul dari kolega-kolega di perusahaan Anda. Untuk itu, tingkatkan dan kembangkan dengan mengikuti Kelas Umum di ruangkerja. Unduh aplikasinya sekarang juga, gratis!

New call-to-action

Beri Komentar

Recent Posts