Ingin Berhasil Mewujudkan Resolusi Tahun Baru? Terapkan 7 Tips Cerdas Membuatnya

Shabrina Alfari

Jan 2, 2019 • 3 min read

Wow ternyata


resolusi tahun baru

Selamat Tahun Baru 2019, Squad! Perayaan tahun baru juga biasanya akan diiringi dengan menyusun resolusi baru. Apakah kamu salah satunya? Resolusi dideskripsikan sebagai awal baru untuk membuat diri sendiri menjadi lebih baik lagi. Namun, percuma saja membuat resolusi tahun baru jika kamu tidak siap untuk mewujudkannya ‘kan? Faktanya, menurut studi yang dilakukan oleh Universitas Scranton, hanya 8% orang yang berhasil mewujudkan resolusinya. Yuk, jadi bagian dari 8% tadi dengan mengikuti tips berikut.

1. Mulai dari langkah kecil

Mulailah dengan membuat target yang realistis dan kamu yakin bisa untuk mewujudkannya. Biasanya, langkah kecil justru akan menuai sukses yang lebih besar. Menetapkan target yang terlalu ambisius akan membuat kamu kewalahan atau bahkan frustasi. Sebaliknya, dengan menetapkan target yang lebih logis, kamu memiliki kemungkinan untuk mewujudkan resolusi yang lebih besar. Misalnya, kamu ingin lebih sering berolahraga di tahun yang baru. Maka, buatlah jadwal berolahraga 3-4 kali dalam seminggu. Atau kamu bisa mengganti kebiasaan mengonsumsi gorengan dan makanan manis dengan makanan yang lebih sehat seperti yoghurt. Ingatlah bahwa perubahan dimulai dari hal kecil!

resolusi tahun baruResolusi tahun baru (Sumber: liputan6.com)

2. Buat daftar yang spesifik

Resolusi yang kamu buat harus jelas dan spesifik. Jangan hanya mengatakan, “Aku ingin menurunkan berat badan” atau “Aku ingin mendapatkan nilai yang lebih bagus”. Buatlah target, berapa banyak berat badan yang ingin kamu turunkan atau kamu ingin meraih ranking berapa di semester depan dan sebagainya. Kalimat resolusi yang lebih spesifik akan menjamin hal tersebut bukan hanya wacana, melainkan target yang harus kamu wujudkan.

3. Beritahu resolusimu pada teman dan keluarga untuk mendapat dukungan

Dukungan dari teman dan keluarga akan membuat kamu lebih berkomitmen dalam mewujudkan resolusi. Dr John Michael, seorang ahli filsafat dari Universitas Warwich menyebutkan, tekanan sosial akan membuat kita lebih menepati janji. So, nggak ada salahnya kamu memberitahu resolusi tahun 2019 kepada beberapa teman untuk membantu kamu lebih berkomitmen dalam menjalankannya. Siapa tahu kamu juga bisa mengajak mereka untuk lebih baik bersama ‘kan?

resolusi tahun baruBeritahu resolusimu pada teman dan keluarga (Sumber: columbiafederalist.com)

4. Buat tenggat waktu

Membuat target yang detail, termasuk waktu, penting untuk kamu lakukan. Namun, tenggat waktu yang kamu buat harus realistis juga, lho. Berikan diri kamu waktu untuk mewujudkannya. Pecahlah target jangka panjang menjadi target jangka pendek. Jika kamu sudah menetapkan resolusi tahun baru, sekarang saatnya membuat strategi yang detail untuk mewujudkannya.

5. Jangan takut gagal

Tersandung sekali jangan lantas membuat kamu patah semangat ya Squad. Terlalu takut gagal bisa menyebabkan resolusimu tidak tercapai. Saat kamu mengalami kegagalan maka berhentilah sejenak dan evaluasi dirimu. Jika targetmu masih terlalu ambisius, maka cobalah untuk memecahnya menjadi beberapa target yang lebih realistis. Saat kamu merasa jenuh menjalani resolusimu, coba buat variasi atau hentikan sejenak. Eits, gagal bukan berarti menyerah ya!

resolusi tahun baruSabar dalam menjalani prosesnya (Sumber: nytimes.com)

6. Rencanakan reward saat berhasil meraihnya

Reward atau penghargaan dapat menjadi penyemangat dan membuat kamu tetap fokus untuk mewujudkan resolusimu. Misalnya, jika kamu berhasil masuk ke PTN impian, kamu akan memberikan hadiah pada diri sendiri dengan berjalan-jalan ke tempat yang sudah kamu impikan selama ini.

7. Sabar dalam proses

Tidak ada hal yang bisa kamu dapatkan secara instan, Squad. Semua tentunya butuh proses dan perjuangan yang harus kamu jalani dengan sabar. Begitu juga untuk resolusi tahun barumu. Perubahan yang kamu buat di resolusi tahun baru bisa saja membutuhkan waktu yang lama atau cepat tergantung pada seberapa kuat kamu berusaha mencapainya.

Sqaud, untuk mencapai tujuan, tidak hanya membutuhkan tekad dan keinginan, tetapi juga strategi dan keterampilan yang tepat. Punya resolusi masuk PTN favorit di tahun ini? Atau mau naik kelas dengan ranking yang jauh lebih tinggi? Tenang saja, ruangbelajar akan membantu kamu mewujudkannya! Yuk, pakai sekarang dan rasakan #BelajarJadiMudah.

ruangbelajar

Beri Komentar

Recent Posts