Ingin Buka Toko Kelontong? Perhatikan Dulu Langkah-Langkah Berikut Ini

Maya Martha

Feb 6, 2019 • 4 min read

sukses kerja


toko kelontong 

Artikel ini mengenai langkah-langkah apabila Anda ingin membuka toko kelontong sebagai bisnis baru

--


Pasti Anda pernah melihat di pinggiran jalan terutama di kota-kota besar terdapat sebuah toko tradisional yang menjual berbagai kebutuhan sehari-hari dari mulai beras hingga pulsa? Itulah yang dinamakan toko kelontong. Pada tahun 2014 menurut katadata.co.id, toko kelontong yang berjajar di DKI Jakarta mencapai 50.000 toko. Masyarakat pun masih ramai berbelanja di toko kelontong dengan alasan harga yang terjangkau. Kehadiran toko kelontong memberikan keuntungan tidak hanya bagi pembeli namun juga kepada penjual. Apabila Anda ingin membuka bisnis toko kelontong, Anda bisa menyimak langkah-langkah ini.

1. Melakukan penelitian terkait persyaratan membuka toko kelontong

toko kelontong

Mencari fakta guna menyusun langkah bisnis (Sumber: www.iag.biz)

Pada saat memulai suatu bisnis tentunya Anda harus mencari tahu terlebih dahulu mengenai bisnis tersebut. Anda dapat melihat kekhasan dari toko kelontong yang sudah dikenal banyak orang dan menentukan sekiranya apa yang menjadi kekhasan toko kelontong miliki Anda. Jangan lupa juga untuk mencari tahu tentang SIUP (Surat Izin Usaha Perdagangan) karena mungkin saja toko kelontong Anda masuk ke dalam kategori usaha yang memerlukan izin dari pemerintah. SIUP diperlukan bagi Anda yang mendirikan bisnis minimal modal dan keuntungan bersihnya sebanyak 50 juta.

Baca juga: 5 Strategi Bisnis untuk Mengekspansi Usaha Anda

2. Menentukan lokasi toko

toko kelontong

Menentukan lokasi toko di tempat yang strategis (Sumber: thetruthspy.com)

Cara memilih lokasi toko merupakan salah satu langkah paling jitu untuk memberikan keuntungan kepada bisnis Anda. Letak toko kelontong yang strategis karena dekat dengan tempat makan, pasar, universitas, atau kost akan mendatangkan lebih banyak konsumen dibandingkan dengan letaknya yang berada di daerah yang sepi. Apabila tempat tinggal Anda memiliki ruang yang cukup, Anda juga dapat membuka toko di halaman depan rumah Anda. Upaya ini dapat menghemat pengeluaran Anda karena Anda tidak perlu lagi menyewa tempat. Namun, apabila dibutuhkan Anda dapat mengajukan pinjaman kepada bank dengan bunga yang rendah.

3. Mengisi toko dengan barang-barang yang sesuai

toko kelontongMenjual produk yang sesuai dengan kebutuhan (Sumber: vinny.oleo-vegetal.info)

Perhatikan kebutuhan masyarakat sekitar toko kelontong Anda. Jika toko Anda berada di tengah sebuah komplek perumahan maka barang-barang yang Anda jual dapat disesuaikan dengan kebutuhan rumah tangga seperti beras, gas, pembersih lantai, dan lain sebagainya. Semakin lengkap isi toko Anda, semakin menarik konsumen untuk datang ke toko Anda karena mereka bisa menemukan apa saja yang mereka butuhkan. Namun, perlu diperhatikan juga kedaluwarsa dari produk-produk yang Anda jual karena apabila sudah lewat dari masanya namun masih Anda jual dan diketahui oleh pembeli, hal tersebut akan berdampak kepada penurunan nama baik toko kelontong Anda.

4. Memberikan ketertarikan kepada konsumen melalui dekorasi toko

toko kelontong

Menata produk yang dijual di toko dengan baik dan teratur (Sumber: oldthing.de)

Tampilan merupakan penilaian utama. Hal ini berlaku juga dengan toko kelontong Anda. Apabila toko Anda bersih dan rapi, para pembeli dapat merasa nyaman. Mereka juga akan dengan mudah menemukan apa yang ingin dibeli dan dibutuhkan. Sering lah menyapu, mengepel, dan mengelap kaca toko Anda agar terciptanya kebersihan. Toko kelontong Anda pun dapat terhindar dari rayap, tikus, semut, kecoa, dan lain sebagainya.

Baca juga: 5 Tantangan yang Dihadapi Pengusaha Industri Kecil Menengah (IKM)

5. Memperhitungkan kebutuhan teknis

toko kelontong

Mempekerjakan karyawan yang dapat memberikan pelayanan yang baik kepada konsumen (Sumber: smile-education.co.uk)

Hal-hal teknis penunjang juga perlu untuk diperhatikan dan diperhitungkan. Tenaga kerja yang sesuai dan memiliki minat tinggi untuk bekerja dapat menjadi kriteria yang cocok untuk dipekerjakan di dalam sebuah toko kelontong. Pelayanan yang baik oleh para karyawan yang bekerja di sana juga dapat menjadi nilai tambah. Semakin sering karyawan toko kelontong Anda menyapa ramah konsumen dan tersenyum kepada mereka maka rasa nyaman juga dapat tercipta. Hal ini dapat meningkatkan keuntungan dari toko Anda. Selain itu, mengenai jam operasional juga berpengaruh. Semakin fleksibel toko Anda melayani konsumen maka akan semakin banyak konsumen yang datang dan membutuhkan Anda.

Sebelum Anda memulai sebuah bisnis, perlu Anda perhatikan langkah-langkah awal memulai bisnis tersebut. Sama halnya dengan memulai bisnis toko kelontong. Saingan pasti ada, namun apabila Anda menemukan supplier yang menguntungkan Anda dan bisnis ini membawa Anda kepada pemasukan yang lebih baik maka tidak ada salahnya mencoba. Anda dapat meningkatkan kemampuan wirausaha Anda dengan membaca artikel-artikel lain di aplikasi ruangkerja. Unduh aplikasinya sekarang! Gratis.

New call-to-action

Beri Komentar

Recent Posts