Ruangguru Blog

    Ingin Dapatkan Pekerjaan Impian? Inilah 7 Kemampuan yang Paling Dicari Perusahaan

    By Ruangguru writer · Apr 17, 2017

    CV sudah menarik, cover letter tidak bermasalah, tahap psikotes lolos. Sudah melalui tahap wawancara berkali-kali tapi belum ada juga perusahaan yang menerima kamu? Coba cek dulu syarat yang diajukan perusahaan. Di setiap lowongan posisi, pastinya perusahaan menyantumkan kualifikasi dan deskripsi pekerjaan. Bisa saja kualifikasi itu dalam bentuk technical skill, tapi tak jarang juga yang menyantumkan beberapa soft skill. 

    Pekerjaan Impian - Belum mendapat pekerjaan Belum mendapat pekerjaan. (Sumber: tqn.com)

    Di dunia yang kompetitif ini kamu harus pandai-pandai menyeimbangkan technical skill dengan soft skill. Perusahaan tidak akan asal-asalan menerima seseorang menjadi karyawannya, kan? Nah, Ruangguru telah merangkum 7 kemampuan yang paling dicari perusahaan untuk menjadi karyawannya. Check these out, smart buddies!

    1. Adaptif

    Pekerjaan Impian - Kemampuan adaptasi yang baik dapat meningkatkan kinerja Kemampuan adaptasi yang baik dapat meningkatkan kinerja. (Sumber: mytrustedtutor.com)

    Setiap perusahaan sudah memiliki nilai dan budaya masing-masing. Sebagai karyawan, tentunya kamu dituntut untuk mampu beradaptasi dengan kultur bekerja di dalamnya. Selain dengan mekanisme dan tugas yang diberikan perusahaan, kamu juga harus mampu menyesuaikan diri dengan orang-orang di dalamnya. Oleh karena itu, perusahaan biasanya akan mencari calon-calon karyawan yang memiliki kesesuaian nilai yang diusung. Pastikan kamu memperhatikan visi dan misi perusahaan terlebih dulu ya sebelum mendatangi panggilan wawancara. 

    2. Kolaboratif

    Pekerjaan Impian - Kolaborasi menyelesaikan proyek Kolaborasi menyelesaikan proyek. (Sumber: olympic.co.nz)

    Sebagai karyawan, kamu tidak sendirian menjalankan perusahaan lho. Ada atasan, partner kerja, hingga customer yang turut memegang kunci sukses dalam bekerja. Adanya kelebihan dan kekurangan yang dimiliki tiap individu dalam perusahaan. Maka dari itu, kolaborasi menjadi hal penting. Jangan menganggap kamu bisa memegang semua pekerjaan dengan baik, ya. Kepercayaan menjadi modal untuk mencapai kesuksesan bersama. Nah, yakinkan perusahaan dengan pengalaman-pengalaman kerjamu sebelumnya. Bahkan, freelancer pun harus dituntut dapat berkolaborasi baik dengan client-nya.  

    3. Komunikatif

    Pekerjaan Impian - Berkomunikasi menjadikan kolaborasi makin optimal Berkomunikasi menjadikan kolaborasi makin optimal. (Sumber: entrepeneur.com)

    Kolaborasi di dalam tim menuntut adanya komunikasi yang baik antar anggota tim. Setiap tugas yang diberikan, kadang berjalan mulus, tak jarang juga ada masalah menghadang. Oleh karena itu kamu harus dapat menyampaikan ide, pandangan, bahkan permintaan bantuan. Komunikasi yang efektif tentunya akan memperlancar tugas yang kamu hadapi. Tapi jangan sampai lupa bahwa kemampuan mendengar masukan dan kritikan juga penting. Ingat lho, kamu tidak bekerja sendirian di perusahaan. Dalam rangka mencari tahu kemampuan komunikasi, recruiter akan menanyaimu seputar watak-watak orang yang pernah bekerja sama denganmu

    4. Mampu mengatur pekerjaan 

    Pekerjaan Impian - Mampu meng-organize tugas kunci sukses karir Mampu meng-organize tugas kunci sukses karir. (Sumber: getorganizedwizard.com)

    Pastinya ada saja pekerjaan yang terus muncul, meskipun satu pekerjaan belum selesai ditangani. Kadang pekerjaan yang lebih mendesak muncul di sela proyek tertentu, belum lagi beberapa meeting juga perlu dihadiri. Padahal setiap pekerjaan memiliki tenggat waktu masing-masing. Oleh karena itu, kemampuan mengatur pekerjaan sangat diperlukan. Kemampuan ini juga yang akan mengetahui bagaimana menjalankan prioritas dalam menuntaskan tugas. Pekerjaan-pekerjaan yang pernah kamu selesaikan biasanya menjadi fokus pewawancara untuk menimbang kemampuanmu dalam mengatur pekerjaan. 

    5. Mampu memecahkan masalah

    Pekerjaan Impian - Mampu memecahkan masalah yang dihadapi Mampu memecahkan masalah yang dihadapi. (Sumber: rodkhleif.net)

    Masalah tidak pernah meninggalkan kehidupan. Mulai dari masalah-masalah dasar dalam keseharian, hingga yang lebih rumit dalam pekerjaan. Berbagai masalah juga hadir dalam bentuk pekerjaan, situasi, bahkan orang-orang di sekitar. Oleh sebab itu, orang-orang yang memiliki kemampuan menyelesaikan masalah secara efektif dan efisienlah yang dicari perusahaan. Ceritakan saja pengalaman-pengalamanmu dengan metode STAR. Situation, terangkan bagaimana kondisi yang kamu hadapi saat itu. Task ini meliputi tugas, target, dan tanggung jawab yang sedang kamu emban. Action, jelaskan pada pewawancara mengenai langkah-langkah yang kamu ambil untuk menuju target. Result merupakan hasil yang kamu peroleh dari aksi yang sudah kamu jalankan. 

    6. Inisiatif 

    Pekerjaan Impian - Menginisiasi perubahan positif Menginisiasi perubahan positif. (Sumber: shutterstock.com)

    Dibandingkan menggerutu dengan situasi yang kamu alami, coba berikan masukan untuk membuat suasana kerja menjadi kondusif. Apakah harus dilakukan acara-acara kekeluargaan untuk mencairkan suasana kantor, atau penghargaan bulanan untuk meningkatkan kualitas kerja? Setiap perusahaan tentunya akan mendukung inisiatif-inisiatif yang turut mendukung perusahaan ke arah positif. Berikan jawaban dan ajukan pertanyaan dengan antusias ya untuk menunjukkan kemampuan ini

    7. Mampu mengambil keputusan

    Pekerjaan Impian - Menentukan keputusan dengan berbagai pertimbangan Menentukan keputusan dengan berbagai pertimbangan. (Sumber: securityinteligence.com)

    Setiap manusia dituntut untuk mengambil keputusan setiap saat. Dari pakaian apa yang kamu kenakan hari ini, sampai langkah yang harus diambil untuk meningkatkan penjualan produk/jasaBerbagai alternatif ada, namun kamu harus menentukan mana yang akan memberikan keuntungan sebanyak mungkin dan menimbulkan kerugian sesedikit mungkin. Makanya, kemampuan ini biasanya satu paket dengan kepandaian menganalisis data dan informasi yang tersedia. 

    Nah, itu tadi 7 kemampuan yang dicari perusahaan dalam merekrut karyawan. Memang tidak semua kemampuan-kemampuan di atas kita pelajari secara spesifik di dalam kelas. Jangan khawatir, berbagai pengalaman di luar kelas tentunya memberi banyak pelajaran. Intinya, jangan pernah berhenti belajar. Hanya sekolah yang memiliki batas waktu, sementara belajar harus dilakukan sepanjang hayat. Semangat ya, smart buddies. (NM/TN)

    Share this:

    Tags: Wow ternyata, Dunia Kerja

    Tulis Komentarmu

    Subscribe Blog Ruangguru