Ingin Menjadi Guru Online? Ketahui Dulu 5 Tips dan Triknya

Shabrina Alfari Agu 29, 2018 • 4 min read


Saat ini, cara belajar online semakin berkembang seiring dengan kemajuan internet dan teknologi. Menurut Washington Post, belajar secara online mengalami kemajuan yang sangat pesat pada lima tahun terakhir ini. Akses yang mudah dan waktu yang fleksibel menjadi alasan utama bagi siswa untuk memilih pendidikan online. Mengajar dari jarak jauh atau melalui rekaman video secara online memang tergolong masih baru dan masih membutuhkan waktu penyesuaian bagi peserta didik ataupun pengajar yang belum pernah melakukannya. Nah, untuk itu guru perlu mengetahui beberapa tips cara mengajar secara online yang baik dan efektif. Apa saja? Yuk, kita lihat!

1. Membuat rencana kelas

guru onlineBuat rencana kelas (Sumber: gaijinpot.com)

Pada sistem belajar online, siswa tidak secara fisik berada di depan Bapak/Ibu Guru. Maka, membuat perencanaan untuk kelas online sangat penting untuk dilakukan. Bapak/Ibu Guru harus bisa menyesuaikan kebutuhan siswa dengan silabus atau materi yang akan disampaikan. Pastikan sudah menyiapkan materi ajar yang jelas sebelum kelas dimulai, sehingga kebutuhan belajar siswa dapat Bapak/Ibu Guru fasilitasi dengan lengkap saat kelas berlangsung.

2. Kuasai teknologi

guru onlineMenguasai teknologi (Sumber: digitaldeleon.com)

Mengajar secara online membutuhkan keterampilan teknologi, karena seperti yang kita tahu sistem belajar online membutuhkan media teknologi tertentu seperti video, group chat, website, forum, dan sebagainya. Cukup dengan memiliki perangkat seperti PC atau smartphone yang terkoneksi dengan jaringan internet, mengajar secara online sudah bisa dilakukan. Selanjutnya, Bapak/Ibu Guru perlu memilih platform online yang tepat, seperti Ruangguru misalnya. Di Ruangguru, Bapak/Ibu Guru dapat mengajar melalui video belajar di ruangbelajar, group chat belajar di Ruangguru digitalbootcamp, atau melalui aplikasi di ruanglesonline.

3. Berikan motivasi pada siswa

guru onlineJangan bosan untuk memberikan motivasi pada siswa (Sumber: medium.com)

Motivasi memainkan peranan penting dalam proses pembelajaran. Mungkin beberapa siswa bisa memotivasi diri mereka sendiri tanpa bantuan orang lain, namun tidak semua siswa demikian. Nah, Bapak/Ibu Guru harus memikirkan cara-cara untuk memotivasi tiap siswa agar mereka berhasil mendapatkan hasil maksimal dari materi yang diberikan. Mulailah proses pembelajaran dengan kalimat-kalimat motivasi yang dapat memberikan dorongan semangat bagi siswa untuk terus belajar.

4. Berkomunikasilah dengan siswa secara teratur

guru onlineBerkomunikasi dengan siswa secara teratur  (Sumber: davidvera.es)

Komunikasi adalah faktor yang sangat penting dalam lingkungan kelas online. Perkenalkan diri Bapak/Ibu Guru dengan baik dan berikan juga siswa kesempatan untuk memperkenalkan diri mereka. Buatlah suasana belajar yang hangat dan menyenangkan, karena siswa di dalam kelas online sangat mudah kehilangan semangat belajar. Beritahu juga kepada siswa waktu dan cara yang tepat untuk menghubungi atau bertanya kepada Bapak/Ibu Guru dengan cara membuat sesi tanya jawab khusus pada jadwal tertentu.

5. Mintalah feedback dari siswa

guru onlineMintalah feedback dari siswa (Sumber: facultyfocus.com)

Siapa bilang sistem kelas online hanya dapat berjalan satu arah dari guru saja? Siswa juga dapat memberikan Bapak/Ibu Guru umpan balik atau feedback yang berharga untuk kemajuan kelas ke depannya. Tanyakan kepada siswa mengenai hal-hal positif dan negatif dari keseluruhan proses pembelajaran online yang sudah berlangsung. Selain itu, Bapak/Ibu Guru juga bisa mencari feedback lain dari pengajar online lainnya.

Belajar online dapat menjadi kesempatan yang luar biasa untuk Bapak/Ibu Guru. Selain waktu yang lebih fleksibel, pasar yang terus berkembang juga dapat menjadi peluang pengembangan karier yang menarik. Mau menjadi pengajar terbaik di Indonesia? Yuk, ikut audisi pencarian guru terbaik Indonesia Teacher Prize 2018. Audisi ini adalah sebuah ajang berskala nasional untuk mencari dan mengapresiasi guru terbaik di Indonesia dengan total hadiah lebih dari 500 juta rupiah dan kontrak eksklusif menjadi Master Teacher Ruangguru.

Ikuti terus informasi mengenai program ini di media sosial Ruangguru! Apabila ada pertanyaan mengenai program ini, silakan mengakses audisi.ruangguru.com atau hubungi nomor 0821-2542-7252 (Lala). Kami tunggu partisipasi Anda. Ayo, jadi pengajar terbaik Indonesia!

Indonesia Teacher Prize

Beri Komentar