Mengapa Orang Pintar itu Malas Bergerak? Ini Penjelasannya!

Ramadhana Afida Rachman Feb 2, 2018 • 3 min read


Hai, RG Squad! Apa kamu punya teman yang pintar tapi malas bergerak? Dari luar, mereka terlihat mager melakukan segala hal, tetapi nilai-nilainya selalu memuaskan. Yap, hal itu memang membuat bingung karena berbanding terbalik dengan kenyataan. Ternyata, kepintaran mereka bukan hanya sebatas faktor keberuntungan belaka, lho. Ada penjelasan ilmiah di balik itu semua. Yuk, cari tahu penyebabnya kenapa orang pintar malas bergerak! 

Menurut hasil riset yang dipublikasikan oleh SAGE Journal of Health Psychology, beberapa peneliti yang berasal dari Florida Gulf Coast University membuktikan bahwa adanya hubungan antara kebutuhan kognisi dengan aktivitas fisik manusia sehari-hari. Aktivitas fisik di sini bukan berarti olahraga, ya Squad. Tetapi, aktivitas fisik yang rutin dilakukan sehari-hari seperti bangun tidur dan kegiatan lainnya.

2 (1)-1.jpg

Florida Gulf Coast University. (Sumber: fgcu.edu)

Todd McElroy, David L. Dickinson, Nathan Stroh, dan Christopher A. Dickinson mempublikasikan hasil penelitian dengan judul “The Physical Sacrifice of Thinking: Investigating the Relationship Between Thinking and Physical Activity in Everyday Life”. Para peneliti tersebut merekrut 60 mahasiswa untuk mengukur tingkat aktivitas fisik meraka selama satu minggu. Peserta yang mengikuti penelitian itu diuji melalui tes tertulis yang menunjukkan bahwa seseorang akan lebih aktif secara fisik jika memiliki tingkat kognisi yang rendah. Namun, perbedaan antara mereka yang memiliki tingkat kognisi tinggi dengan yang rendah paling terasa selama lima hari kerja dan berkurang pada akhir pekan.

lazy-2.jpg

 Orang dengan kognisi tinggi cenderung malas beraktivitas. (Sumber: alychidesigns.com)

Di samping penjelasan sains tersebut, faktanya jika kamu memiliki teman yang mager tapi pintar bukan berarti mereka tidak belajar, ya. Di waktu-waktu senggang, mereka tetap belajar, kok. Ini karena jika sedang kumpul bersama teman, mereka tidak bisa fokus dalam memahami materi pelajaran. Dan mereka juga beranggapan bahwa lebih baik belajar dengan waktu singkat tetapi hasilnya maksimal.

o-SMART-GIRL-facebook-2.jpg

Orang yang terlihat malas, aslinya mereka tetap belajar. (Sumber: huffingtonpost.com)

Nah, sekarang RG Squad sudah tahu, kan, kenapa teman-teman yang santai dan malas dalam beraktivitas ternyata pintar? Jadi, jangan langsung berasumsi bahwa itu karena faktor keberuntungan saja, ya! Mereka mager dan terlihat santai karena pada umumnya mereka juga cepat bosan. Akibat kebosanan tersebut, maka mereka akan selalu haus dan penasaran dengan hal-hal baru.

Agar tidak kalah dengan teman-teman kamu yang pintar tapi malas, untuk menunjang kemampuan dalam memahami materi sekolah, kamu bisa, nih, menggunakan Ruangguru On-The-Go. Di sana, kamu bisa mengakses ribuan video belajar beranimasi, latihan soal dan pembahasan, serta rangkuman modul bimbel tanpa khawatir kuota habis. Jadi, ayo segera dapatkan di toko buku Gramedia dan Gunung Agung di kota-kota tertentu atau bisa juga di official store Tokopedia dan Shopee Ruangguru. Yuk, jangan sampai kehabisan untuk membuat #BelajarJadiLuarBiasa!

ruangguru on the go

Beri Komentar