Ingin Sukses UTUL UGM? Intip Tips Suksesnya di Sini!

Created by : Shabrina Alfari
on Jun 13, 2018 11:00:00 AM
4 min read

Apakah ada di antara kamu yang mengidam-idamkan untuk bisa berkuliah di UGM? Yap, kampus yang dikenal "kampus kerakyatan" ini memang menjadi salah satu pilihan perguruan tinggi terfavorit di Indonesia. Jalur masuk untuk menjadi mahasiswa UGM untuk program Sarjana sendiri juga sangat beragam, yaitu:

  • Jalur SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri)
  • Jalur SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri)
  • Penelusuran Bibit Unggul Tidak Mampu (PBUTM) 2017
  • Ujian Tulis (UTUL) UGM 2017
  • Seleksi Program Internasional (International Undergraduate Program)

Salah satu jalur masuk selain SNMPTN dan SBMPTN adalah Ujian Tulis (UTUL) UGM yang sebentar lagi akan berlangsung. Untuk kamu yang sedang mempersiapkan diri mengikuti UTUL UGM, sudah paham belum apa itu UTUL UGM?

utul ugm - Mahasiswa UGM menunjukkan obat luka hasil karyanya. Mahasiswa UGM menunjukkan obat luka hasil karyanya. (Sumber: rumahpengetahuan.web.id)
 
UTUL UGM merupakan proses seleksi masuk UGM dengan menggunakan pola ujian tertulis yang diselenggarakan oleh UGM. Jalur seleksi ini bertujuan untuk memberikan kesempatan pada lulusan SMA/SMK/MA/MAK tahun 2018, 2017 dan 2016. Tujuannya untuk mengikuti seleksi tes masuk dengan memilih tiga program studi pada Program Sarjana dan/atau Program Diploma.

Tahapan seleksi UTUL UGM ini hanya terdiri dari Tes Tertulis saja. Materi tes tertulis yang diujikan pada UTUL berupa Tes Potensi Akademik (TPA), Tes Kemampuan Dasar Umum (TKDU) dan Tes Kemampuan Soshum dan/atau Tes Kemampuan Saintek. Kelompok ujian terbagi menjadi 3 jenis, yaitu:

  • Kelompok Ujian Sains dan Teknologi (Saintek) : materi ujian TKPA dan TKD Saintek
  • Kelompok Ujian Sosial dan Humaniora (Soshum) : materi ujian TKPA dan TKD Soshum
  • Kelompok Ujian Campuran : materi ujian TKPA, TKD Saintek dan TKD Soshum

Setiap peserta UTUL UGM dapat mengikuti kelompok ujian Saintek, Soshum ataupun Campuran.

 utul ugm - Kerjakan banyak latihan soal UTUL UGM

Kerjakan banyak latihan soal UTUL UGM (Sumber: footage.framepool.com)

 Penting juga untuk kamu ketahui bahwa soal dari UTUL UGM lebih sulit dibandingkan UN atau SBMPTN. Eits, jangan pesimis dulu Squad. Lakukan tips-tips sukses berikut supaya kamu bisa lulus UTUL dan diterima sebagai mahasiswa UGM.

1. Persiapkan Kelengkapan yang Harus Dibawa

Sebelum hari H, pastikan kamu sudah mempersiapkan segala perlengkapan yang perlu dibawa, yaitu kelengkapan berkas seperti SKL (Surat Keterangan Lulus), kartu peserta ujian dan alat tulis lengkap. Akan lebih baik lagi jika kamu juga melakukan survei lokasi sebelum hari H. Perlu diingat, bahwa UTUL UGM tahun 2017 ini dilaksanakan di 4 kota, yaitu Yogyakarta, Jakarta, Balikpapan dan Pekanbaru.

2. Perbanyak Latihan Soal

Coba cari referensi soal-soal UTUL UGM yang sudah pernah diujikan pada tahun-tahun sebelumnya. Sering-seringlah mengerjakan soal-soal tersebut supaya kamu dapat mengetahui tipe soal seperti apa yang sering diujikan.

3. Pilih Soal

Saat hari H ujian tes seleksi masuk UGM, sebaiknya pilih soal yang kamu anggap paling mudah untuk dikerjakan terlebih dahulu. Jika kamu mengerjakan soal yang susah di awal, kamu bisa stress dan membuat otak kamu menjadi blank.

utul ugm - Tetap semangat dan percaya diri. Tetap semangat dan percaya diri. (Sumber: www.shutterstock.com)

 4. Percaya Diri

Pasti kamu tahu 'kan, bahwa saingan untuk menduduki salah satu bangku di UGM ini tidaklah sedikit? Akan tetapi, jangan minder atau ragu ya, Squad. Siapkan mental dan pikiran sekuat baja untuk menghadapi tes tersebut.

5. Motivasi dan Niat yang Kuat

Kuatkan niat dan motivasi kamu bahwa kamu bisa mendapatkan nilai yang baik dan diterima sebagai mahasiswa UGM. Dengan motivasi dan niat yang kuat dijamin kamu akan jauh dari rasa malas dan tetap semangat mempersiapkan diri menghadapi seleksi masuk UGM.

Itulah tadi beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk persiapan UTUL UGM agar diterima sebagai mahasiswanya. Intinya adalah jangan berhenti berusaha dan berdoa ya Squad. Yuk, lakukan usaha semaksimal mungkin dari sekarang supaya tidak menyesal nantinya! Nah, supaya persiapanmu semakin mantap, kamu bisa belajar bersama dengan guru privat berkualitas di ruangles.

New Call-to-action

Tags: Siap kuliah

Beri Komentar

Letak Geografis dan Letak Astronomis Indonesia

Sep 19, 2017 5:27:18 PM
3 min read

Pengertian Teks Eksplanasi dan Strukturnya

Feb 12, 2018 3:06:55 PM
3 min read

5 Akibat Revolusi Bumi Bagi Kehidupan

Oct 8, 2017 2:32:23 PM
6 min read

5 Jenis Jaringan pada Tumbuhan Beserta Fungsinya

Oct 31, 2017 2:53:27 PM
4 min read

Apa Saja Bagian-Bagian Mata dan Fungsinya?

Jan 8, 2018 1:47:37 PM
4 min read