Ini 4 Cara Ampuh Atasi Anak Tidak Mau Sekolah Usai Liburan

Andrea Lidwina

Jan 4, 2019 • 3 min read

parenting


hari pertama sekolah

Liburan sekolah dalam waktu lama biasanya mengubah rutinitas anak-anak. Orang tua membolehkan anak tidur lebih malam dan bangun lebih siang, menonton TV lebih lama, dan tidak belajar atau mengerjakan tugas sekolah. Nah, sayangnya, hal ini bisa merepotkan Smart Parents lho di hari pertama anak kembali masuk sekolah. Ada saja ‘drama’ yang mereka ciptakan, seperti susah bangun pagi, tidak mau mandi dan pakai seragam, atau terlambat masuk sekolah.

Oleh sebab itu, untuk menghindari kejadian-kejadian tersebut, Smart Parents bisa mencoba 4 cara ini agar anak tidak ngambek atau malas masuk sekolah usai liburan. Yuk, simak apa saja caranya!

1. Membiasakan anak tidur dan bangun sesuai waktunya

anak tidak mau sekolah

Membiasakan jam tidur dan bangun anak agar tidak 'kaget' di hari pertama masuk sekolah (Sumber: whaleysrx.com)

Menjelang hari pertama masuk sekolah, Smart Parents bisa mengembalikan jam tidur dan bangun anak seperti hari-hari sekolah biasanya. Hal ini bertujuan membiasakan anak menghadapi rutinitas sekolah, mulai bangun pagi, mandi, sarapan, hingga berangkat sekolah.

Jika anak sudah terbiasa untuk tidak tidur larut malam dan bangun pagi, maka mereka pun tidak akan kaget di hari pertama masuk sekolah. Mereka mendapatkan waktu tidur yang cukup dan lebih segar ketika bangun esok harinya.

2. Memberikan anak bacaan yang berkaitan dengan pelajaran sekolah

anak tidak mau sekolah

Sebelum tidur, orang tua bisa memberikan buku-buku edukasi agar anak tidak lupa dengan materi pelajaran di sekolah (Sumber: fimela.com)

Liburan panjang bisa membuat anak lupa akan materi pelajaran di sekolah. Nah, Smart Parents bisa mengingatkan materi pelajaran itu di sela-sela liburan dengan memberikan anak buku-buku edukasi yang dilengkapi dengan visual menarik, gaya tulisan yang santai, dan sesuai dengan minat mereka. Jadi, liburan anak pun tidak hanya diisi dengan bermain, tetapi juga memperluas pengetahuannya.

3. Mengingatkan anak akan kegiatan yang nanti mereka lakukan saat masuk sekolah

anak tidak mau sekolah

Mengingatkan anak akan kegiatan yang nanti mereka lakukan saat masuk sekolah bisa menambah semangat mereka (Sumber: allmychildrendaycare.com)

Untuk menambah semangat anak memulai hari pertama masuk sekolah, Anda bisa mengingatkan mereka soal kegiatan-kegiatan yang bisa mereka lakukan di sekolah, terutama kegiatan yang mereka sukai dan melibatkan teman-temannya.

Smart Parents juga bisa mengajak anak dan teman-temannya bertemu dan bermain bersama di akhir liburan sekolah. Dengan begitu, anak akan mengingat serunya menjalani rutinitas bersama teman-teman dan tidak sabar bertemu mereka lagi di sekolah.

4. Mempersiapkan peralatan sekolah yang baru untuk anak

anak tidak mau sekolah

Membelikan anak beberapa peralatan sekolah baru juga bisa menambah semangat mereka di hari pertama masuk sekolah (Sumber: today.com)

Sebelum masuk sekolah, Smart Parents bisa membeli beberapa peralatan baru untuk anak, seperti tas, sepatu, atau alat tulis. Tidak harus semuanya baru, salah satu peralatan yang baru pun bisa memompa semangat anak kembali ke sekolah. Mereka akan tidak sabar menggunakannya dan menanti hari pertama masuk sekolah.

Cara-cara ini bisa Smart Parents lakukan sekitar satu minggu sebelum hari pertama anak masuk sekolah. Jadi, mereka mulai terbiasa lagi dengan rutinitas sekolah setelah liburan panjang. Di hari pertama masuk sekolah nanti, anak akan bangun pagi dengan semangat dan siap pergi ke sekolah, sehingga tidak menyulitkan Smart Parents.

Saat kembali masuk sekolah, anak membutuhkan media belajar yang menarik dan bermanfaat selain materi pelajaran yang diberikan oleh guru. Nah, Smart Parents bisa memberikan video pembelajaran beranimasi, latihan soal, dan rangkuman infografis melalui ruangbelajar kepada anak. Ayo daftar sekarang!

ruangbelajar

Beri Komentar

Recent Posts