Ini 7 Jurusan untuk Kamu yang Suka Hitungan

Shabrina Alfari

Sep 29, 2019 • 5 min read

Siap kuliah Kampus dan Jurusan


Ini 7 Jurusan untuk Kamu yang Suka Hitungan

Artikel ini membahas tujuh jurusan yang bisa dipilih oleh kamu yang suka dengan hitung-hitungan atau matematika

--

Berhitung atau matematika memang kerap dipersepsi sulit oleh masyarakat, tidak hanya anak-anak tetapi juga orang dewasa. Pada tes Indonesia Family Life Survey (IFLS) yang digelar oleh Rand Corporation pada tahun 2000, 2007, dan 2014 membuktikan bahwa persentase responden yang menjawab soal hitungan dengan benar pada usia anak sekolah tidak jauh berbeda dari responden yang lebih dewasa.

Walaupun demikian, ternyata banyak juga lho orang yang menyukai hitungan atau matematika dan menganggapnya sebagai suatu hal yang menantang. Apakah kamu termasuk? Banyak jurusan yang bisa dipilih untuk kamu yang suka ngitung atau suka pelajaran matematika. Apa aja? Check these out.

1. Matematika Bisnis

jurusan untuk yang suka hitunganMatematika bisnis (Sumber: mashable.com)

Penggunaan matematika dalam bisnis nggak hanya untuk menghitung laba dan rugi, tetapi jauh lebih kompleks. Nah pada program studi Matematika Bisnis kamu akan mempelajari tentang penerapan ilmu matematika dalam penyelesaian berbagai permasalahan bisnis. Kemampuan analisis dan berpikir logis dalam matematika akan membantu memecahkan persoalan bisnis.

Beberapa hal yang akan kamu pelajari di jurusan ini antara lain statistika, aljabar, dan logika matematika. Setelah lulus kamu dapat bekerja sebagai aktuaria, konsultan bisnis, dan spesialis matematika.

2. Matematika Murni

jurusan untuk yang suka hitunganMatematika murni (Sumber: businessinsider.com)

Seperti namanya, di jurusan ini kamu akan belajar berbagai rumus atau hitungan matematika murni seperti aljabar, geometri, dan analisis matematika. Tak hanya itu, kamu juga akan berkesempatan untuk mempelajari statistika, komputasi, aktuaria, dan riset operasi. Di jurusan ini kamu akan diajak untuk mengutak-atik dan membongkar serta membuktikan teorema-teorema matematika yang kita kenal selama ini.

Baca juga: Kisah Rezi yang Gemar Menaklukan Matematika

3. Ilmu Ekonomi

jurusan untuk yang suka hitunganIlmu Ekonomi (Sumber: meoprofessionals.ng)

Di jurusan Ilmu Ekonomi, kamu nggak hanya akan belajar tentang perekonomian saja, tetapi kamu juga akan mempelajari berbagai macam ilmu termasuk matematika. Jurusan ini cocok banget untuk kamu yang tertarik dengan dunia bisnis dan jual beli serta punya kemampuan menghitung, karena pastinya ilmu Ekonomi selalu berhubungan dengan matematika.  Prospek kerjanya pun sangat luas sehingga jurusan ini selalu menjadi favorit para calon mahasiswa.

4. Statistika

jurusan untuk yang suka hitunganStatistika (Sumber: euneighbours.eu)

Jika kamu masuk ke jurusan ini, maka sebagian besar waktu kamu akan dihabiskan dengan data. Statistika merupakan ilmu yang mempelajari tentang proses pengolahan data, mulai dari menganalisis, mengumpulkan, merencanakan, hingga mempresentasikan data. Tak hanya teori saja yang akan kamu pelajari, tetapi juga hitung-hitungan. Walaupun terkesan membosankan karena kamu akan bergelut dengan angka, tetapi jurusan ini sangat penting untuk membuat analisis data yang akurat.

5. Manajemen Logistik

jurusan untuk yang suka hitunganManajemen logistik (Sumber: logisticslearningalliance.com)

Logistik nggak hanya mengenai pengiriman barang saja, lho. Ada banyak faktor yang harus dipertimbangkan dan dikalkulasi dalam proses tersebut, seperti waktu, jarak, biaya, muatan, hingga perhitungan pajak dan hukum yang berlaku. Untuk itu, Manajemen Logistik sangat dibutuhkan untuk memperhitungkan dan membenahi sistem logistik yang ada di Indonesia. Apalagi, Indonesia adalah negara kepulauan yang butuh ahli logistik agar sumber daya dan pembagunan yang ada bisa disebar secara merata.

6. Teknik Informatika

jurusan untuk yang suka hitunganTeknik Informatika (Sumber: shrm.org)

Mahasiswa jurusan ini akan banyak menghabiskan waktunya dengan pemrograman. Pemrograman itu sendiri merupakan perwujudan dari algoritma yang terdiri dari matematika dan logika. Jika kamu tertarik dengan dunia teknologi dan ingin mengembangkan suatu perangkat lunak, maka jurusan ini bisa jadi pilihan.

Psst, profesi di bidang Informatika juga diperkirakan akan terus bertumbuh dengan pesat, lho.

7. Industrial Robotics Design

jurusan untuk yang suka hitunganIndustrial robotic design (Sumber: lesimprimantes3d.fr)

Teknologi yang semakin canggih memungkinkan berbagai aspek pekerjaan dapat digantikan oleh mesin atau sistem produksi berbasis robot. Seperti yang dikutip dari rencanamu.id, dengan masuk ke jurusan ini kamu akan mempelajari berbagai hal tentang robotik industrial, seperti merancang algoritma pengoperasian robot canggih yang dipergunakan untuk proses produksi pada pabrik.

Penggunaan robot ini dapat membuat proses produksi lebih cepat, menjaga kualitas produk, dan meminimalisir terjadinya human error. Tak hanya mendesain mesin-mesin untuk pabrik, kamu juga akan menerapkan pengetahuan algoritma dalam setiap pembuatan mesin.

Ada jurusan yang menarik dan sesuai dengan minat kamu? Untuk masuk ke salah satu jurusan tadi, kamu harus menguasai konsep hitung-hitungan dengan baik. Nah sebelum mengikuti ujian masuk perguruan tinggi nanti, persiapkan dulu dirimu dengan melihat video penjelasan beranimasi dan latihan soal di ruangbelajar.

ruangbelajar

Beri Komentar

Recent Posts