Ini Dia Beberapa Ide Bisnis yang Bisa Anda Coba Sambil Kuliah

Jumroh

Apr 12, 2019 • 4 min read

sukses kerja tips & trick



Artikel ini membahas tentang beberapa bisnis beserta tips dan triknya yang bisa Anda coba saat kuliah 

--

Rekan Kerja, untuk Anda yang masih berkuliah apakah Anda pernah berpikir untuk memulai bisnis? Jika iya, maka cobalah, karena masa kuliah merupakan masa yang pas untuk memulai bisnis, banyak peluang bisnis yang bisa Anda coba. Beberapa CEO perusahaan besar seperti Facebook, Dropbox, Microsoft, Apple, dan Twitter memulai bisnisnya saat mereka masih menduduki bangku perguruan tinggi.

Mereka semua memulainya dari nol saat masa kuliah. Tidak menutup kemungkinan Anda pun akan seperti mereka jika benar-benar menekuni bisnis yang Anda minati. Ada sebuah quotes dari pengusaha ternama Bob Sadino yang mengatakan “Bisnis yang bagus adalah bisnis yang mulai dibuka, bukan hanya ditanyakan atau dibicarakan saja”. Untuk memulai bisnis saat kuliah tidak perlu budget besar kok, Anda bisa memulai bisnis dari sesuatu yang Anda sukai atau yang menjadi hobi Anda. Berikut ini beberapa bisnis yang bisa Anda mulai dari hobi.

1. Bloger atau penulis

Sembari kuliah, Anda bisa mengasah skill menulis Anda dengan menulis artikel di blog pribadi (Sumber: Masterseo.id)

Menjadi seorang bloger atau penulis merupakan salah satu profesi yang tidak sulit untuk dilakukan anak kuliah, selain karena bisa dilakukan di mana saja, menjadi seorang penulis juga tidak memerlukan gelar seperti profesi lainnya. Jika Anda memiliki hobi menulis, mulailah kembangkan hobi tersebut sejak dini. Asah terus kemampuan menulis Anda dengan mulai menulis di blog pribadi atau mengikuti club menulis atau pers kampus. Anda juga bisa mencoba program magang dari beberapa perusahaan, jadikan magang tersebut sebagai batu loncatan Anda untuk mengasah skill menulis Anda.

Menjadi seorang penulis profesional memang tidak mudah dan butuh keahlian khusus untuk mencapainya. Misalnya, ketika Anda ingin menjadi seorang penulis profesional, Anda harus memiliki tingkat analisis dan riset yang bagus, keahlian ini Anda butuhkan untuk menentukan tulisan Anda mau seperti apa dan bagaimana. Salah satu penulis ternama Indonesia Dewi Dee Lestari terkenal sebagai seorang penulis yang memiliki kemampuan riset yang mumpuni, sehingga tulisannya selalu mendapat respon positif dari pembacanya. Jika Anda masih mengandalkan mood dalam menulis, maka ubahlah kebiasaan tersebut, karena untuk menjadi seorang penulis profesional Anda tidak bisa mengandalkan mood, Anda akan dituntut untuk tetap memiliki ide-ide brilian untuk tulisan Anda.

2. Tutor

Gunakan waktu luang Anda untuk menjadi tutor agar lebih produktif (Sumber: Teenlife.com)

Menjadi seorang tutor atau guru les privat tidak mesti dilakukan oleh mahasiswa dengan jurusan keguruan saja, tidak menutup kemungkinan bagi mahasiswa jurusan lain untuk melakukan hal ini. Anda bisa memanfaatkan waktu jam kuliah Anda yang kosong untuk mengajar siswa di rumahnya. Selain membantu siswa belajar, tentunya pengetahuan Anda pun akan terasah semakin tajam. Waktu kosong Anda pun akan menjadi produktif karena diisi dengan mengajar.

3. Desainer Grafis

Asah skill menggambar Anda dengan mencoba menjadi desainer grafis saat kuliah (Sumber: Saultonline.com)

Desainer grafis merupakan salah satu profesi yang tidak memerlukan biaya besar. Karena yang paling diutamakan dalam profesi ini adalah skill dalam desain, baik secara manual maupun digital dengan menggunakan software. Menjadi seorang desainer grafis bisa Anda mulai dengan membantu teman-teman Anda untuk membuat desain seperti desain poster untuk acara di kampus, membuat logo, dan branding produk.

Ketika Anda mulai rajin membantu teman Anda untuk membuat  desain, maka selanjutnya Anda bisa mencoba untuk menerapkan tarif tertentu untuk jasa yang Anda berikan. Walaupun tidak seberapa, setidaknya Anda mulai membuat harga untuk bisnis Anda. Sama seperti profesi penulis, Anda bisa mencoba program magang untuk menambah portofolio Anda agar Anda lebih pede dalam menentukan tarif atas desain yang Anda kerjakan.

Baca juga: 5 Strategi Bisnis untuk Mengekspansi Usaha Anda

4. Fotografer

Menjadi fotografer saat masih kuliah (Sumber: Bloggingfairtrade.com)

Salah satu profesi yang paling sering kali dilakukan oleh mahasiswa adalah menjadi fotografer. Untuk menjadi seorang fotografer Anda hanya memerlukan kamera dan tentunya skill yang mumpuni. Kemudian Anda bisa memulainya dengan membantu memotret teman atau acara-acara di kampus. Jika respon mereka baik terhadap hasil jepretan Anda, maka Anda bisa mulai untuk memasang tarif atas jasa yang Anda berikan.

Dunia fotografi sendiri memiliki beberapa jenis segmentasi seperti foto jurnalisme, foto komersil, foto fashion, foto advertising, foto olahraga, dan lainnya. Dari semua jenis tersebut, Anda bisa memilih yang sesuai dengan skill dan minat Anda. Kembangkan terus skill foto Anda agar Anda bisa membuka bisnis fotografi sendiri. Keahlian tambahan yang diperlukan untuk profesi ini yaitu editing foto, skill ini biasanya diperlukan untuk menyempurnakan hasil jepretan dari segi pencahayaan dan lainnya.

Sebagai calon pengusaha muda, tentunya banyak persiapan yang harus Anda lakukan yang akan membuat Anda sulit membagi waktu antara kuliah dan bisnis Anda. Terlepas dari semua kesulitan yang akan Anda hadapi, tentunya Anda akan mendapatkan hasil yang sesuai dengan usaha Anda. Jika Anda masih bingung bagaimana untuk memulai bisnis, Anda bisa mengunjungi aplikasi ruangkerja, di sana Anda akan mendapatkan artikel menarik seputar tips dan trik jitu bagaimana cara memulai bisnis untuk pemula. Caranya cukup gampang, klik gambar di bawah ini, dan unduh langsung aplikasinya. Gratis!

New call-to-action
Beri Komentar

Recent Posts