Ini Dia Jenis-Jenis Investasi dengan Modal Kecil. Hanya Seratus Ribuan!

Naya Dini

May 22, 2019 • 5 min read

sukses kerja tips & trick


jenis jenis investasi

Artikel ini berisi tentang jenis investasi dengan modal kecil untuk pemula dan rekomendasi marketplace untuk memulai investasi.

--

Halo, Rekan Kerja! Setelah sebelumnya tim ruangbaca telah menulis tentang ragam investasi di artikel Strategi Investasi bagi Pemula dan Pilihan Instrumen Investasi Terbaik, mungkin kini Anda memiliki pertanyaan lanjutan; Kalau dengan modal kecil, kira-kira baiknya investasi di mana?

Setelah mengetahui berbagai instrumen investasi tersebut, kini Anda sudah paham bahwa investasi jangka pendek dengan modal kecil yang bisa Anda pilih adalah P2P Lending, yaitu kurang dari tiga juta rupiah. Kini semakin banyak marketplace yang bisa Anda pilih untuk berinvestasi P2P Lending. Cocok untuk menginvestasikan uang THR Anda sebelum habis terpakai!

Mereview kembali pengertian P2P Lending

P2P Lending adalah akronim dari Peer to Peer Lending, yaitu pemberian dana dari Pemodal (lender) kepada Peminjam (borrower). Nantinya uang akan dikembalikan dengan sejumlah bunga yang telah ditentukan. Untuk mempertemukan Pemodal dan Peminjam ini hadir lah beragam fintech P2P yang memberikan kemudahan untuk memfasilitasi secara online.

Untuk menjadi lender syaratnya sangat mudah, sama seperti Anda mendaftar sebagai pembeli di marketplace, hanya saja diperlukan KTP, NPWP (opsional), dan rekening tabungan. Untuk mendaftar sebagai Peminjam (borrower) syaratnya lebih sulit dan biasanya dikenakan jaminan.

Apa saja marketplace P2P Lending?

1. KoinWorks

jenis jenis investasi

Marketplace P2P Lending satu ini telah tersedia di App Store dan Play Store. Melalui KoinWorks, uang Anda akan dipinjamkan untuk tujuan bisnis, modal usaha, pendidikan, kesehatan, maupun pinjaman karyawan sepenuhnya. Setiap Pemodal bisa memilih sendiri ke mana modal pendanaannya akan dialokasikan berdasarkan suku bunga, tenor, risiko, hingga tujuan peminjaman. Artinya, Pemodal dapat memilih sendiri siapa Peminjamnya.

jenis jenis inivestasi

Cara berinvestasi di KoinWorks (Sumber: KoinWorks.com)

Di KoinWorks pinjaman sifatnya diversifikasi atau beragam agar dapat meminimalisir gagal bayar. Misal, Anda memiliki uang Rp10.000.000 bagikan saja ke 100 pinjaman berbeda sekaligus karena di KoinWorks dengan Rp100.000 Anda sudah dapat berinvestasi.

2. Asetku

asetkuSama dengan KoinWorks, untuk meminimalisir risiko pendanaan, Asetku juga memberlakukan diversifikasi untuk dana investasi Anda. Keuntungan untuk pendana terdiri dari bunga tahunan hingga 20-24%.

jenis jenis investasi

Rekomendasi Peminjam di Asetku (Sumber: i.ytimg.com)

Keuntungan lain dari menggunakan Asetku adalah adanya metode credit-scoring modern untuk melakukan analisis, seleksi, dan persetujuan Calon Peminjam beserta pinjaman yang diajukan sehingga hanya pinjaman dengan kualitas tinggi yang dapat ditawarkan kepada Pemodal. Return rate yang ditawarkan oleh Asetku mencapai 24% per tahun.

Baca juga: 3 Kesalahan Berinvestasi yang Sering Dilakukan Generasi Milenial

3. Amartha

jenis jenis investasi

Bila Anda memiliki jiwa sosial yang tinggi dan sangat tertarik dengan community development, maka berinvestasi di Amartha adalah pilihan terbaik untuk Anda. Lembaga Keuangan Mikro satu ini memiliki misi menghubungkan pelaku usaha di pedesaan yang kesulitan mendapat modal usaha, seperti misalnya untuk membuka warung sembako atau mengembangkan usaha produksi tahu skala rumahan.

jenis jenis investasi

Pilihan UKM yang meminjam dana (Sumber: Finansialku.com)

Modal investasi di Amartha yang akan dipinjamkan adalah sebesar Rp3 juta. Sejauh ini sudah terdapat Rp1.08 triliun pendanaan yang telah disalurkan Amartha untuk memberdayakan 234,346 pengusaha mikro.

4. Ammana

jenis jenis investasi

P2P Lending yang satu ini adalah perusahaan fintech pertama yang memiliki format islami. Diciptakan oleh Dompet Dhuafa, Ammana memungkinkan masyarakat umum untuk berwakaf, berinvestasi, dan ikut mengembangkan Usaha Keuangan Menengah (UKM). Terbentuknya Ammana Fintek Syariah ini juga bisa menjadi langkah penjauhan diri pelaku usaha dari bahaya riba.

jenis jenis investasiBerbagai pilihan Peminjam yang bisa Anda danai (Sumber: Ammana.id)

Ammana memiliki nilai seperti halal mematuhi nilai nilai syariah secara utuh), thayyibb (menjaga tata kelola organisasi yang baik), maslahat (menciptakan nilai yang bermanfaat), dan sahlun (menghadirkan kepuasan bagi pelanggan). Di Ammana, Anda dapat mulai berinvestasi dengan angka kecil dan beragam. Pada profil Peminjam, Anda juga dapat melihat scoring, rating, hingga galeri foto usaha Peminjam.

5. Investree

jenis jenis investasi

Fintech yang satu ini membagi Peminjam (borrower) ke dalam dua tipe, yaitu pinjaman perusahaan dan pinjaman individu dengan bunga 1,2% per bulan atas nilai pinjaman. Dengan dua tipe Peminjam tersebut Investree memberikan kesempatan bagi para Pemodal untuk mendanai mulai dari Rp5.000.000 untuk Business Loan dan Rp1.000.000 untuk Employee Loan. Per tahunnya Investree memberikan return sebesar 20% kepada peminjam.

jenis jenis investasi

Cara berinvestasi di Investree (Sumber: Investree.id)

Lima fintech tersebut dapat menjadi pilihan Anda, Rekan Kerja. Tinggal pertimbangkan fintech mana yang paling cocok dengan Anda dari segi tujuan, dana pinjaman, dan return rate yang akan Anda dapatkan. Pastinya, lima rekomendasi fintech di atas adalah resmi dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Jangan ragu lagi untuk menginvestasikan uang THR Anda, sebelum terpakai untuk banyak hal!  

Baca juga artikel lainnya seputar manajemen keuangan sebagai profesional di aplikasi ruangkerja. Anda juga dapat mengikuti kursus Financial for Millennials di ruangkerja secara gratis. Ada sertifikatnya juga lho!

New call-to-action

Beri Komentar

Recent Posts