Ini Dia Skill yang Dibutuhkan Perusahaan di Tahun 2019

Naya Dini

Jan 9, 2019 • 4 min read

sukses kerja


Halo, Rekan Kerja! Anda tentu merasakan bahwa untuk menjadi karyawan yang sukses diperlukan peningkatan skill. Tentu saja hal tersebut perlu agar posisi Anda di perusahaan tidak tergantikan dan bahkan untuk mendapatkan promosi jabatan. Terlebih lagi saat ini teknologi telah berkembang pesat dan menuntut Anda untuk meningkatkan kualitas diri, karena dengan munculnya Artificial Intelligence (AI), Anda tidak hanya bersaing dengan rekan kerja Anda, tetapi juga dengan mesin atau lebih spesifiknya adalah robot.

Perusahaan tentunya lebih senang pada karyawan yang kaya akan soft skill untuk dipekerjakan. Lalu, apa saja skill yang dibutuhkan oleh perusahaan di tahun 2019 ini? Ini dia bocorannya untuk Anda.

1. Kreativitas

skill

Berbagai macam kreativitas manusia (Sumber: imeslombok.com)

Menurut Anda kemampuan apa yang tidak dapat tergantikan oleh robot? Kreativitas layak menjadi posisi pertama, karena jika robot hanya mengoptimasi ide yang sudah ada, manusia justru memberikan solusi yang inovatif dan mungkin tidak bisa dilakukan oleh robot. Di aplikasi ruangkerja sudah terdapat kelas Podcast How to be More Creative dengan instruktur Yoris Sebastian. Perusahaan membutuhkan individu-individu yang kreatif dan inovatif untuk menemukan jalan keluar ketika menemukan permasalahan. 

2. Kolaborasi dan leadership

skill

Memiliki kemampuan bekerja dalam tim dan leadership (Sumber: hrmagazine.co.uk)

Robot dapat melakukan segala hal secara konsisten dengan porsi sama, meskipun demikian robot memiliki kekurangan yaitu tidak dapat bekerja sama sebagai tim seperti manusia. Inilah salah satu keunggulan manusia yang tidak tergantikan di jaman AI. Kemampuan bekerja dalam tim dan leadership ternyata merupakan sebuah anugerah bagi Anda sebagai seorang manusia. Pekerjaan yang banyak mungkin akan selesai oleh robot, tetapi pekerjaan yang sulit perlu diselesaikan bersama-sama agar menemukan jalan keluar. Di sini lah kemampuan berkolaborasi dan leadership sangat diperlukan. Konten mengenai leadership dapat Anda temui di aplikasi ruangkerja pada kelas Basic Professional Skill.

3. Persuasi

skill

Kemampuan persuasi untuk memasarkan produk (Sumber: astieyoung.com)

Memiliki produk yang bagus tidaklah cukup jika Anda tidak memiliki kemampuan untuk memasarkannya. Untuk itu, kemampuan persuasi menjadi salah satu skill yang penting dan akan selalu dibutuhkan sampai kapanpun, karena proses jual-beli baik jasa maupun produk akan selalu ada tanpa batas waktu. Apalagi jika perusahaan Anda memang menjual barang atau jasa. Meskipun bidang Anda bukanlah sales atau marketing, kemampuan persuasi sangat Anda perlukan untuk banyak hal dalam karier Anda, misalnya saat harus menghadapi klien. Kemampuan persuasi dan bernegosiasi sangat dibutuhkan agar tercapai kesepakatan.

4. Kemampuan Beradaptasi

skill

Beradaptasi di lingkungan kerja (Sumber: orami.co.id)

Perkembangan teknologi tentu berimbas terhadap pada lingkungan kerja yang dinamis, khususnya bila Anda bekerja di sebuah perusahaan start-up, sebuah perusahaan yang banyak dipilih oleh Generasi Milenial karena lingkungan kerja yang fleksibel dan menyenangkan. Perusahaan start-up memiliki strategi bisnis yang sering berubah, sehingga sering terjadi perubahan yang sangat cepat. Oleh karena itu, diperlukan kemampuan beradaptasi dengan berbagai kondisi agar Anda tahan banting atas semua rintangan yang akan Anda temui di kantor.

5.  Time Management

skill

Kemampuan mengatur waktu (Sumber: brooksgroup.com)

Skill satu ini tentu berguna sepanjang masa, sejak dulu hingga kapanpun nanti. Mengatur waktu adalah sebuah skill yang sangat Anda perlukan, karena tanpa pengaturan waktu yang tepat, Anda mungkin tidak dapat maksimal dalam menyelesaikan pekerjaan kantor. Apalagi jika Anda memiliki pekerjaan sampingan yang menuntut Anda untuk menggunakan waktu secara bijak dan tepat. Perusahaan pasti lebih menyukai karyawan yang mampu menyelesaikan tugas tepat waktu. 

Itu dia lima soft skill yang sangat dicari oleh perusahaan pada tahun 2019 ini. Pastikan Anda memiliki kelimanya agar karier Anda berkembang pesat. Pelatihan soft skill tersebut dapat Anda temui di aplikasi ruangkerja dan dapat Anda ikuti secara gratis. Klik gambar di bawah ini untuk unduh ruangkerja. Tunggu apa lagi, Rekan Kerja? Unduh ruangkerja sekarang dan tingkatkan soft skill Anda!

New call-to-action

Beri Komentar

Recent Posts