Blog Ruangguru

    Ini Perbedaan Menarik 3 Film Spider-Man!

    By Ruangguru writer · Jul 25, 2017

    Smart Buddies, film Spider-man: Homecoming hasil garapan Marvel Studios baru-baru ini berhasil meraih puncak Box Office, lho! Nah, sebenarnya apa saja sih perbedaan film ini dengan dua edisi sebelumnya? Ada beberapa hal yang paling mencolok, yaitu pemeran utama, kostum, dan nilai positif yang dapat dicontoh dari film tersebut. Penasaran seberapa jauh perbedaannya? Yuk, baca pembahasannya!

    1. Tokoh

    film spider-man - ketiga tokoh pemeran spider-man Ketiga Tokoh Pemeran Spider-Man (Sumber: media.mblgroup.co.id)

    Tercatat sudah ada tiga aktor yang memainkan peran sebagai Peter Parker. Mereka adalah Tobey Maguire di film Spider-Man, Andrew Garfield dalam film The Amazing Spider-Man, dan tentu saja Tom Holland pada film Spider-Man Homecoming. Ketiganya memiliki perbedaan karakter. Tobey Maguire memperlihatkan sosok mahasiswa yang nerd, pendiam, dan menyukai Mary Jane. Akan tetapi, Peter Parker versi Garfield terlihat lebih mudah bergaul, perannya tidak terlalu mendominasi sebagai pahlawan, dan memiliki kekasih yaitu Gwen Stacy. Terakhir, Tom Holland memerankan Peter Parker dengan lebih energik, namun masih kekanak-kanakan.

    2. Kostum

    film spider-man - kostum spider-man Kostum Spider-Man (Sumber: cdn.brillio.net)

    Hal yang paling menarik dari film Spider-Man selain para aktornya adalah kostum. Desain kostum yang digunakan pada setiap edisi selalu berbeda-beda. Pada film Spider-Man pertama, sang sutradara Sam Raimi ingin menampilkan kostum yang semirip mungkin dengan versi komik. Tobey Maguire terlihat mengenakan kostum berbahan cukup tebal, dan mampu memberikan kesan tubuh yang kekar. Kostum berwarna merah ini juga disempurnakan dengan pola laba-laba berwarna hitam yang tampak timbul pada seluruh tubuh.

    Sementara itu, kostum yang dikenakan Andrew Garfield pada The Amazing Spider-Man didominasi dengan warna biru. Pola jaring laba-laba pada kostum ini pun dibuat lebih samar dibandingkan pada kostum di film sebelumnya. Nah, sedangkan di film Spider-Man: Homecoming, kostum yang dikenakan sangat jauh berbeda. Pada bagian dada dan tangan didominasi dengan material berwarna merah, gambar jaring laba-laba juga terkesan tipis dibanding versi-versi sebelumnya. Ukuran bentuk laba-laba di bagian dada juga terlihat cukup kecil. Sementara bagian matanya tampak tidak begitu besar, dengan pinggiran berwarna hitam. Paling menarik, bagian pupil mata pada kostum ini bisa membesar dan mengecil.

    3. Value (Pesan Moral)

    film spider-man - pesan moral film spider-man Pesan Moral Film Spider-Man (Sumber: metrouk2.files.wordpress.com)

    Setiap film memiliki value yang ingin ditunjukkan kepada para penontonnya. Begitu juga dengan film Spider-Man. Ada nilai-nilai yang dapat ditiru untuk kehidupan kita sehari-hari juga, lho! Cerita di edisi pertama yang diperankan oleh Tobey, terdapat scene yang mengajarkan betapa pentingnya mengakui kesalahan dan meminta maaf. Bukan hanya itu, film ini juga menyiratkan perlu mengucapkan terima kasih, melakukan segala sesuatu yang baik, dan tulus. Selanjutnya, di film The Amazing Spider-Man menggambarkan bahwa superhero tidak selalu harus dilihat dari senjata atau baju yang dikenakan. Akan tetapi, yang harus ditunjukkan itu adalah niat dan hati yang baik, serta sikap dan tindakan rela berkorban.

    Terakhir, pesan moral di Spider-Man Homecoming memperlihatkan bahwa kerja sama tim sangat dibutuhkan dalam menghadapi masalah. Ini digambarkan melalui cerita Tom Holland yang bekerja sama dengan sahabatnya Nerd untuk menyelesaikan sebuah misi. Sehingga, hal tersebut dapat terselesaikan dengan mudah.

    Menarik sekali ya membahas Spider-Man? Jika Smart Buddies juga merupakan salah satu penggemar film ini, tulis perbedaan lainnya di kolom komentar, yuk! (NN/RE)

    Share this:

    Tags: Wow ternyata

    Tulis Komentarmu

    Paling Banyak Dibaca

    Subscribe Blog Ruangguru