Ini Syarat dan Cara Pendaftaran SBMPTN 2019 Setelah UTBK

Shabrina Alfari

Jun 9, 2019 • 3 min read

sbmptn Siap kuliah


SBMPTN_-_Syarat_dan_cara_mendaftar_SBMPTN

Artikel ini memberikan informasi lengkap terkait pendaftaran SBMPTN 2019 mulai dari syarat dan cara pendaftarannya

--

Squad, sudah mengantongi nilai UTBK? Sudah tahu kira-kira akan mendaftar ke universitas dan jurusan apa? Setelah pengumuman nilai Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK), kamu akan melanjutkan proses pendaftaran ke perguruan tinggi negeri melalui SBMPTN 2019. Hayo, kapan waktu pendaftarnya? Ingat ya, pendaftaran SBMPTN 2019 mulai dibuka tanggal 10-24 Juni 2019.

Seperti yang sudah kamu ketahui, cara mendaftar SBMPTN 2019 berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Syarat yang dibuat oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) adalah calon peserta harus mengikuti tes UTBK dan nilainya menjadi bekal untuk mendaftar ke SBMPTN.

Nah, setelah mendapatkan nilai UTBK, lalu langkah apa ya yang selanjutnya harus kamu lakukan? Yuk, lihat syarat dan tata cara pendaftaran SBMPTN 2019 berikut ini.

Syarat SBMPTN

Berdasarkan informasi resmi di situs SBMPTN, ada delapan syarat yang harus kamu penuhi, yaitu:

  1. Peserta adalah siswa SMA/MA/SMK atau sederajat lulusan tahun 2017 dan 2018 yang sudah mempunyai ijazah
  2. Bagi siswa SMA/MA/SMK atau sederajat lulusan tahun 2019, mempunyai Surat Keterangan Lulus Pendidikan Menengah, sekurang-kurangnya memuat informasi jati diri dan pas foto berwarna terbaru yang bersangkutan, ditandatangani oleh kepala sekolah dan diberi cap stempel yang sah
  3. Peserta memiliki nilai UTBK
  4. Peserta memiliki kesehatan yang memadai, sehingga tidak mengganggu kelancaran proses studi
  5. Peserta memiliki NISN (Nomor Induk Siswa Nasional)
  6. Bagi peserta yang memilih program studi bidang seni dan olahraga wajib mengunggah portofolio. Portofolio yang dimaksud dapat dilihat di situs resmi SBMPTN
  7. Biaya UTBK ditanggung oleh peserta dan subsidi pemerintah
  8. Peserta dinyatakan tidak lulus jalur SNMPTN

Tata Cara Pendaftaran SBMPTN

Setelah kamu memenuhi delapan syarat di atas, maka kamu diperbolehkan untuk mendaftarkan diri. Ikuti tata cara berikut ini:

  1. Pendaftaran SBMTN 2019 dilakukan melalui laman http://pendaftaran.sbmptn.ac.id/
  2. Peserta mengisi biodata (kecuali peserta yang sudah terdaftar di SNMPTN 2019)
  3. Peserta memilih PTN dan program studi. Peserta hanya dapat memilih paling banyak dua PTN dan memilih paling banyak dua program studi
  4. Bagi peserta yang mendaftar di program studi bidang seni dan olahraga, diwajibkan untuk mengunggah portofolio. Adapun jenisnya terbagi menjadi sembilan, yaitu portofolio olahraga, tari, teater, musik, seni karawitan, etnomusikologi, fotografi, film dan televisi, serta seni rupa, desain, dan kriya.

Program Studi dan Ketentuan Jumlah Pilihan

Program studi yang ada di PTN terbagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok Saintek dan Soshum. Kamu dapat memilih program studi sesuai keinginan, dengan jumlah maksimal atau paling banyak dua program studi, dengan ketentuan sebagai berikut:

  • Apabila memilih program studi kelompok Saintek, peserta mengikuti kelompok ujian Saintek

  • Apabila memilih program studi kelompok Soshum, peserta mengikuti kelompok ujian Soshum

  • Apabila memilih program studi kelompok Saintek dan Soshum, peserta mengikuti kelompok ujian Saintek dan kelompok ujian Soshum

Perhatian! Peserta diharapkan teliti saat memasukkan urutan dalam pemilihan program studi, karena urutan yang ada akan menyatakan prioritas pilihan.

Sudah jelas ‘kan Squad? Semoga kamu bisa mendapatkan hasil terbaik di SBMPTN 2019 ini ya. Jika belum diterima nantinya, jangan patah semangat dan pesimis. Masih banyak peluang lainnya yang bisa kamu coba melalui jalur mandiri atau mendaftar ke PTS. Ayo, terus siapkan diri sebelum masuk ke kampus impian bersama ruangbelajar.

ruangbelajar

Beri Komentar

Recent Posts