Jangan Panik, Ini yang Bisa Dilakukan untuk Menghadapi Corona

Tetap tenang dalam menghadapi corona

Artikel ini memberikan beberapa tips agar tidak panik dalam menghadapi perkembangan virus corona

Penyebaran penyakit COVID-19 kini telah menjadi tantangan global yang membutuhkan tindakan nyata dari semua pihak. Bahkan, WHO (World Health Organization) telah menyatakan bahwa COVID-19 sebagai pandemi. Tindakan pencegahan dan juga penanggulangan dari penyakit ini tak hanya harus dilakukan secara individu, tetapi juga oleh perusahaan, institusi, sekolah, dan organisasi lainnya di seluruh dunia.

Untuk mencegah penyakit ini meluas kita harus melakukan persiapan. Apa itu persiapan yang harus kamu lakukan? Hal terpenting adalah jangan panik, namun harus tetap siap. Faktanya, hampir sebagian besar pasien COVID-19 sudah berhasil dinyatakan sembuh. Mau tahu caranya agar bisa tetap tenang dan waspada terhadap gejala terinfeksi virus corona? Ini dia tipsnya.

Baca juga: Sudah Ada di Indonesia, Ini Ciri-ciri Terinfeksi Virus Corona

1. Bicara dengan orang terdekat agar bisa tetap tenang

bicara dengan orang terdekat atau keluarga tentang corona supaya tetap tenangBicara dengan orang terdekat (Sumber: scmp.com)

Sejak Presiden Joko Widodo secara resmi mengonfirmasi kasus pertama COVID-19 di Indonesia, banyak masyarakat yang panik. Salah satu efeknya adalah fenomena panic buying. Banyak banget orang yang langsung menyerbu pusat-pusat perbelanjaan dan memborong bahan-bahan pokok.

Sangat normal jika kamu merasa cemas, takut, sedih, atau khawatir dengan masuknya COVID-19 ke Indonesia. Untuk membantu menenangkan kecemasan atau kepanikan kamu, kamu bisa bicara dengan orang yang kamu percaya, seperti keluarga atau sahabat terdekat.

2. Hanya percayai informasi yang akurat

Cari Informasi akurat mengenai coronaCari informasi yang dapat dipercaya (Sumber: essexlive.news)

Pasti kamu sudah tahu bahwa virus corona termasuk virus yang berbahaya. Untuk itu, penting untuk kamu terus menggali informasi yang akurat dan bukan hoax. Kumpulkan berbagai informasi terpercaya yang akan membantu kamu memperkirakan risiko yang mungkin kamu miliki. Dengan begitu, tindakan pencegahan yang bisa kamu lakukan pun tepat. Beberapa situs atau pihak berwenang yang kredibel antara lain Kementrian Kesehatan RI atau WHO (World Health Organization).

3. Terapkan gaya hidup sehat

Terapkan gaya hidup sehat untuk cegah coronaTerapkan gaya hidup sehat (Sumber: nbcnews.com)

Fokus terhadap keselamatan diri kamu sendiri agar bisa meminimalisir risiko terjangkit virus tersebut. Mulai dengan menjaga sanitasi diri dengan rajin mencuci tangan atau menggunakan hand sanitizer yang mengandung alkohol. Rajin membersihkan area sekitar kamu karena virus ini bisa menempel pada berbagai benda. Jaga asupan makanan yang bergizi, istirahat yang cukup, dan rutin berolahraga. Psst, tunda dulu perjalanan ke luar negeri, terutama ke negara yang banyak terdampak.

4. Kurangi intensitas paparan di media

Kurangi intesitas social media tentang coronaKurangi intensitas paparan media (Sumber: flexjobs.com)

Banyaknya berita yang berkembang di berbagai media, baik itu media sosial, TV, radio, sebagainya, bisa membuat kita semakin cemas dan takut. Jika kamu merasa semakin terganggu dan semakin cemas dengan pemberitaan media, kamu boleh mengurangi intensitas paparan berita di media atau gadget. Kamu juga bisa lho memblokir kata-kata yang terkait dengan COVID-19 di internet, seperti virus, penyakit corona, dan sebagainya.

5. Kelola emosi dan stres dengan baik

kelola emosi supaya tidak panik menghadapi coronaTetap tenang (Sumber: yogajournal.com)

Terkadang kita hanya berfokus untuk menjaga kondisi tubuh yang prima, namun mengabaikan kondisi mental. Di kondisi yang seperti sekarang ini, setiap orang akan rentan terkena stres atau kepanikan dan kegelisahan akan penyakit yang mungkin datang. Jangan sampai kamu terlarut dalam pikiran negatif yang membuat rasa cemas semakin parah. Saat krisis seperti ini, cobalah ingat-ingat aktivitas apa yang bisa membuat pikiran kamu lebih tenang. Respon yang terlalu berlebihan hanya akan menimbulkan masalah baru.

Ingat, kamu harus tetap kritis, waspada, dan jaga kesehatan dengan baik. Sebaiknya hindari dulu bepergian ke wilayah yang ramai untuk menghindari tertular dengan virus corona. Nah, untuk sementarakamu bisa belajar dengan video beranimasi di ruangbelajar. Tetap sehat, dan tetap semangat belajar yaa!

IDN CTA Blog ruangbelajar Ruangguru

Shabrina Alfari

Content Writer and Content Performance at Ruangguru. Hope my writing finds you well and help you learn a thing or two! :D