Inilah 5 Presiden yang Berhasil Meraih Nobel Perdamaian Dunia

Ruangguru Sep 21, 2020 • 3 min read


Sejak tahun 1982, setiap tanggal 21 September diperingati sebagai Hari Perdamaian Dunia. Harapannya, ini akan terus mengingatkan seluruh penduduk dunia untuk menjunjung perdamaian. Berbicara tentang perdamaian, ada satu jenis penghargaan yang khusus diberikan kepada orang-orang yang telah berkontribusi besar dalam terciptanya kondisi yang damai di dunia. Tahukah kamu penghargaan apakah itu? Yap, jawabannya adalah Nobel Perdamaian. Salah satu dari lima jenis penghargaan Nobel mulai diberikan sejak tahun 1901. Sudah berapa presiden ya yang dianugerahi penghargaan ini? Siapa saja mereka? Simak yuk!

Woodrow Wilson

Woodrow Wilson Foto: nationalreview.com 

Kalau kamu ingat, laki-laki bernama lengkap Thomas Woodrow Wilson ini sering disebut dalam pelajaran Sejarah. Beliau adalah pendiri Liga Bangsa-Bangsa (LBB). Saat mendirikan LBB, Woodrow Wilson juga menjabat sebagai Presiden Amerika Serikat yang ke-28. Dengan terbentuknya LBB, kondisi damai setelah berakhirnya Perang Dunia I dapat terjaga, setidaknya selama 20 tahun. Tugas utama dari organisasi yang terbentuk di tahun 1919 ini adalah untuk menciptakan hubungan yang damai dan membuka kesempatan kerjasama antar bangsa.

Nelson Mandela

Nelson Mandela Foto: consortiumnews.com 

Dahulu kala, penduduk di Afrika Selatan dikelompokkan berdasarkan ras mereka. Hal ini dikenal dengan sebutan rezim apartheid. Dalam rezim ini ras yang berbeda tidak boleh bercampur. Oleh sebab itu, sistem pendidikan, lapangan kerja, fasilitas umum, dan tempat rekreasi dipisahkan menurut ras. Rezim apartheid berdampak negatif karena menimbulkan diskriminasi, terutama pada warga berkulit hitam. Sebelum terpilih sebagai presiden Afrika Selatan, Nelson Mandela adalah sosok yang berjuang untuk memberhentikan politik apartheid. Ia ingin setiap ras berbeda dapat hidup berdampingan secara damai. Perjuangan Nelson Mandela memakan waktu yang cukup lama, lho, sebelum akhirnya impiannya dapat terwujud.

Jimmy Carter

Jimmy Carter Foto: biography.com 

Presiden Amerika Serikat yang ke-39 ini meraih Nobel Perdamaian di tahun 2002. Ia merupakan sosok yang secara konsisten mencari solusi damai untuk konflik-konflik internasional. Salah satu perannya dalam perdamaian antar bangsa adalah saat ia memediasi diskusi antara Israel dan Mesir pada tahun 1978. Diskusi tersebut berbuah perjanjian damai setelah kedua negara tersebut berperang sejak 1948. Jimmy Carter juga memiliki peran penting dalam hubungan diplomatik antara Amerika Serikat dan Republik Rakyat Cina.

Barrack Obama

Barack Obama Foto: cp-africa.com 

Usahanya untuk menjadikan dunia bebas dari senjata nuklir dinilai sebagai suatu kontribusi bagi perdamaian dunia. Presiden yang dikenal sebagai family man ini memimpin sebuah pertemuan di Dewan Keamanan PBB. Pada kesempatan tersebut, ia mengajukan resolusi pengurangan penggunaan senjata nuklir oleh negara-negara yang memiliki persenjataan nuklir. Resolusi itu pun mendapatkan persetujuan penuh dari peserta lain. Obama juga dianggap telah membangun iklim politik internasional yang baru dan lebih kooperatif.  

Yasir Arafat

Yasir Arafat Foto: westernjournalism.com 

Sebagaimana yang kita tahu, peperangan yang terjadi antara Israel dan Palestina masih berlangsung panas. Namun, sebetulnya di tahun 1993 konflik tersebut sempat mengalami titik cerah dengan lahirnya Perjanjian Oslo. Perjanjian damai tersebut diusung salah satunya oleh Yasir Arafat, sebagai ketua Organisasi Pembebasan Palestina. Di saat yang sama, Nobel Perdamaian tidak hanya diberikan kepada Yasir Arafat seorang diri. Shimon Peres dan Yitzhak Rabin, yang turut berperdan dalam Perjanjian Oslo, juga menerima penghargaan yang sama.

Itu dia lima presiden yang turut berkontribusi dalam mengusung perdamaian dunia. Tidak harus menjabat sebagai presiden dulu kok baru bisa turun tangan dalam perdamaian dunia. Kira-kira upaya apa ya yang bisa kita lakukan? Yuk, berbagi ide kamu di kolom komentar!

Selamat Hari Perdamaian Dunia, smart buddies! (AZN/TN)

Beri Komentar