Inilah 9 Jurusan Kuliah Terfavorit Calon Mahasiswa 2017

Ruangguru writer Apr 27, 2017 • 6 min read


Setiap tahun, ribuan calon mahasiswa berjuang mendapatkan kursi di jurusan kuliah idaman di perguruan tinggi. Sementara, setiap jurusan hanya menyediakan kuota tertentu untuk setiap angkatan. Melalui Ruangguru Digital Bootcamp, Ruangguru melakukan survei pada 423 siswa kelas 12 SMA untuk mengetahui jurusan kuliah terfavorit 2017. Penasaran bagaimana hasilnya? Berikut jurusan-jurusan yang paling diminati calon mahasiswa 2017. Check these out!

9. Akuntansi

jurusan kuliah - Peralatan yang biasa diperlukan mahasiswa Akuntansi
Peralatan yang biasa diperlukan mahasiswa Akuntansi. (Sumber: studentzoektwereld.be) 

Sebagai makhluk ekonomi, hitung-hitung mengenai transaksi keuangan menjadi suatu yang sangat dekat dalam hidup kita. Ketika mempelajari jurusan ini, tak hanya keuangan pribadi yang dapat diselesaikan. Umumnya, setiap perusahaan bahkan organisasi pasti memerlukan fungsi Akuntansi di dalamnya. Tidak perlu heran jika peminat jurusan ini melimpah. Lapak pekerjaannya pun sangat luas, tidak hanya auditor.

8. Farmasi

 

jurusan kulliah - Aktivitas mahasiswa jurusan Farmasi di lab
Aktivitas mahasiswa jurusan Farmasi di lab. (Sumber: cdu.edu.au) 

Meskipun jurusan ini cenderung memiliki image dengan dominasi perempuan, tak sedikit lho kaum laki-laki yang meminati jurusan ini. Pesatnya perkembangan dunia medis menjadi salah satu alasan jurusan ini memiliki banyak peminat. Selain itu, banyak yang bilang jurusan ini merupakan paket komplet dari dunia kesehatan. Pasalnya, selama pendidikan mahasiswa Farmasi akan belajar mengenai peracikan obat hingga kosmetik, praktik klinis, hingga anatomi tubuh manusia. 

7. Hukum

jurusan kuliah - Siap-siap membaca kitab-kitab hukum dan perundang-undangan
Siap-siap membaca kitab-kitab hukum dan perundang-undangan. (Sumber: usnews.com) 

Sebagai negara yang menjunjung hukum, wajar jika jurusan ini memiliki peminat yang tinggi di Indonesia. Pasalnya, begitu banyak lowongan pekerjaan untuk pejabat negara atau pun pemerintahan yang terbuka bagi lulusan-lulusan jurusan Hukum. Smart buddies tenang saja, untuk sukses di jurusan ini tak harus menjadi keturunan suku tertentu kok. Itu hanya stereotype semata, hehe.

6. Teknik

jurusan kuliah -Mengoprek elektronik ala mahasiswa teknik
Mengoprek elektronik ala mahasiswa teknik. (Sumber: wsu.edu) 

Di jurusan ini, Matematika dan Fisika menjadi modal utama. Pastikan kamu tidak jengah dengan kedua mata pelajaran itu jika ingin mengambil jurusan ini ya. Bahkan, Teknik Kimia pun sebagian besar materinya masih terkait Fisika dan Matematika lho. Jurusan-jurusan ini biasanya tertarik dengan industri-industri yang terus berkembang. Oleh karena itu, peminat jurusan ini tak pernah berkurang dari tahun ke tahun. Apakah kamu ingin mengembangkan produk untuk kemudahan umat manusia juga, smart buddies? 

5. Psikologi 

jurusan kuliah - Sesi konseling di dalam salah satu mata kuliah Psikologi
Sesi konseling di dalam salah satu mata kuliah Psikologi. (Sumber: utl.edu) 

Banyak yang bilang kalau mahasiswa jurusan Psikologi belajar untuk mengobati diri sendiri. Meskipun begitu, pekerjaan yang membutuhkan ilmu ini tak bisa dibilang sedikit lho. Berbagai institusi yang mempekerjakan manusia, pasti memerlukan kemampuan lulusan jurusan Psikologi. Bahkan, bukan tidak mungkin kamu dibayar tinggi dari hasil memotivasi orang lain. Sungguh menarik, bukan? 

4. Manajemen 

jurusan kuliah - Menganalisis berbagai kasus bisnis selama kuliah di Manajemen
Menganalisis berbagai kasus bisnis selama kuliah di Manajemen. (Sumber: mtlblog.com) 

Bermimpi menjadi chief executive officer (CEO) suatu perusahaan, smart buddies? Mungkin kamu bisa mempertimbangkan untuk mengambil jurusan ini. Di dalamnya kamu akan mempelajari pengelolaan sumber daya, analisis keamanan investasi, hingga strategi-strategi dalam bisnis. Kamu yang berkeinginan mengelola bisnis sendiri pun patut mempertimbangkan jurusan Manajemen. Tidak terbatas pada perusahaan, jurusan ini dapat diterapkan di berbagai bentuk organinasi. Tidak heran ya jika peminatnya pun banyak. 

3. Ilmu Komunikasi

Di era teknologi informasi sekarang, setiap ide dapat dikemas dan disebarkan pada khalayak ramai. Apalagi kini pelanggan memandang produk tidak hanya dari segi teknis tapi juga pelayanan yang diberikan. Hal ini yang menjadi alasan jurusan ini banyak diminati. Saat ini, peluang pekerjaannya pun sangat luas. Selain para penyampai informasi semacam reporter dan announcer, jurusan Ilmu Komunikasi juga berlaku untuk pekerjaan-pekerjaan seperti public relation officer hingga praktisi periklanan. 

jurusan kuliah - Mahasiswa jurusan Ilmu Komunikasi yang komunikatif berbagi ide
Mahasiswa jurusan Ilmu Komunikasi yang komunikatif berbagi ide. (Sumber: ohio.gov)
 

2. Hubungan Internasional

Kesempatan untuk berhubungan dengan orang-orang berbagai latar belakang budaya rupanya menjadi magnet kuat bagi para calon mahasiswa baru jurusan Hubungan Internasional. Selain mempelajari hubungan antarnegara, jurusan ini juga mempelajari isu-isu politik, sosial, ekonomi, bahkan hukum. Prospek pekerjaan jurusan ini pun tidak terbatas sebagai diplomat lho. Wartawan, international officer, dan politisi merupakan beberapa di antaranya.  

jurusan kuliah - Mahasiswa jurusan Hubungan Internasional berkesempatan mengikuti ajang debat ala sidang PBB
Mahasiswa jurusan Hubungan Internasional berkesempatan mengikuti ajang debat ala sidang PBB. (Sumber: ecolejeanninemanuel.org)
 

1. Pendidikan Kedokteran

Tuturnya ramah dan tangannya cekatan membantu setiap pasien yang datang. Siapa yang tidak terpesona dengan jubah putih dengan senyum hangat dari seorang dokter? Meskipun terkenal dengan waktu studi yang lama, peminat program ini dari tahun ke tahun tak pernah surut lho. Apakah kamu berminat mengabdi sebagai dokter juga? Silakan mempersiapkan diri, smart buddies 

jurusan kuliah - Calon dokter masa depan
Calon dokter masa depan. (Sumber: medicalbag.com) 

Bagaimana, smart buddies? Apakah kamu juga tertarik dengan jurusan kuliah yang ditampilkan di atas? Jangan menyerah memperjuangkan cita ya! Kesuksesan tidak hanya ditentukan oleh jurusan yang kamu ambil kok. Kamu bisa mempersiapkan diri dengan menonton video pelajaran dan latihan soal di ruangbelajar loh. Semangat! (NM/TN)

ruangbelajar

Artikel Lainnya

Beri Komentar