Inilah Alasan Mengapa Mempersiapkan Tabungan Pendidikan Anak Sangat Penting

Chairunnisya Tisa Mar 16, 2018 • 3 min read


Para orang tua pasti menginginkan pendidikan terbaik untuk anak-anak mereka, karena warisan terbaik yang bisa orang tua tinggalkan kepada anak-anak adalah pendidikan. Maka dari itu, penting untuk mempersiapkan pendidikan secepat mungkin, salah satunya dengan membuat tabungan pendidikan untuk anak. Kali ini Ruangguru akan menjelaskan beberapa manfaat dan tips dalam mempersiapkan tabungan pendidikan anak. Pertama, mari kita simak 3 manfaat tabungan pendidikan anak berikut.

1. Biaya pendidikan yang sangat mahal

Tabungan Pendidikan Anak

Mempersiapkan tabungan pendidikan akan memudahkan orang tua di masa depan. (Sumber: edchoice.org)

Kendala terbesar dalam mempersiapkan pendidikan anak-anak adalah biaya yang sangat tinggi. Tahukah orang tua jika setiap tahun biaya pendidikan anak meningkat hingga 15%?  Oleh karena itu, orang tua sebaiknya mempersiapkan tabungan pendidikan secepat mungkin.

2. Mempersiapkan pendidikan lebih tinggi

Tabungan Pendidikan AnakDengan tabungan pendidikan, orang tua sekaligus bisa merancang pendidikan untuk anak. (Sumber: kiplinger.com)

Orang tua pasti menginginkan pendidikan terbaik untuk anak-anaknya, namun semakin lama biaya sekolah dan biaya universitas terus meningkat. Nah, tabungan pendidikan dapat menjadi solusi atas mahalnya biaya pendidikan di masa mendatang. Selain itu, orang tua bisa meminimalisir hal-hal tidak terduga yang mungkin terjadi nantinya.

3. Ada fasilitas asuransi jiwa

Jika orang tua ingin mempersiapkan uang pendidikan serta asuransi kesehatan secara sekaligus, membuat tabungan pendidikan dapat menjadi solusi untuk keduanya. Dalam tabungan pendidikan ternyata juga terdapat keuntungan berupa bunga dan asuransi kesehatan.

 

Tips Mempersiapkan Tabungan Pendidikan Anak

Setelah mengetahui apa saja manfaatnya, berikut 3 tips untuk orang tua yang ingin mempersiapkan tabungan pendidikan untuk anak.

1. Mulai secepat mungkin

Tabungan Pendidikan Anak

Orang tua bisa mempersiapkan tabungan pendidikan sedini mungkin. (Sumber: southerncourier.co.za)

Seperti yang sudah dijelaskan pada uraian di atas, biaya pendidikan sangatlah mahal. Oleh sebab itu, semakin cepat orang tua menyiapkan dana maka akan semakin baik dan anggaran yang harus disiapkan setiap bulannya juga menjadi lebih kecil.

2. Pertimbangkan jenis pendidikan

Orang tua tentu perlu menentukan sekolah atau universitas apa yang akan dipilih untuk anak. Misalnya, apakah anak akan pergi ke sekolah negeri atau swasta. Dengan mempertimbangkan pilihan jenis pendidikan anak nantinya, orang tua bisa menghitung kebutuhan biaya untuk ditabung.

3. Pertimbangkan pembayaran biaya pendidikan

Beberapa sekolah akan memberikan potongan biaya atau diskon jika orang tua membayar biaya pendidikan dimuka. Hal ini tentu memberikan keringanan pada orang tua.

Itu dia beberapa manfaat dan tips yang bisa orang tua pertimbangkan untuk mempersiapkan tabungan untuk anak. Tentu saja, selain tabungan pendidikan, orang tua juga perlu mempersiapkan anak-anak untuk belajar. Salah satunya dengan memberikan guru privat berkualitas. Guru privat tersebut bisa orang tua temukan melalui ruangles dari Ruangguru.

ruangles

Beri Komentar