IPS Kelas 8 | Interaksi Pelaku Ekonomi yang Memengaruhi Permintaan dan Penawaran

ips kelas 8 - interaksi pelaku ekonomi - header

Artikel IPS kelas VIII kali ini akan membahas segala bentuk interaksi dari pelaku ekonomi yang memengaruhi permintaan dan penawaran.

---

Ada pertanyaan yang paling gampang dan harusnya bisa kamu jawab sih. Berapa kali kamu membuka sosial media? Emm anggaplah Instagram. Satu kali? Atau bahkan tiap jam buka tuh akun Instagram buat ngeliat update-an terbaru dari artis-artis Korea idola kamu? Tanpa kamu sadari, bahwa ada kebutuhan yang memang harus ada tiap hari, bahkan rutin tiap bulan.

Apa itu?

Paket internet. Bagi kamu yang menjadi anggota dari kaum fakir kuota, pasti bakalan nyari Wi-Fi gratis kan ya? Secara nggak langsung kebutuhan buat beli paket data menjadi salah satu bentuk perilaku konsumsi. Nah, hal inilah yang memengaruhi permintaan dan penawaran Squad. Makanya jangan kaget kalau tiap tahun kalau kamu inget-inget, harga paket data itu makin mahal. Biasanya Rp 50 ribu dapet 5GB eh sekarang cuma dapet 3GB.

ips kelas 8 - interaksi pelaku ekonomi - meme ruangguru

 

Perilaku konsumsi juga dipengaruhi lokasi tinggal dari seseorang. Umumnya, orang yang tinggal di kota itu lebih konsumtif dibanding orang yang tinggal di pedesaan. Ye nggak? Emangnya kamu pernah lihat ada bioskop di tengah sawah pedesaan? Nggak ada kan? Nah, adanya fasilitas-fasilitas di perkotaan seperti mall dan bioskop menyebabkan pengeluaran orang-orang yang tinggal di perkotaan juga lebih banyak dibanding yang di desa.

Selain itu, faktor pendapatan orang-orang yang tinggal di perkotaan juga lebih banyak dibandingkan di desa. Kalau di desa umumnya bekerja sebagai petani, nelayan, dan peternak. Kalau di kota, rata-rata mata pencariannya itu karyawan di gedung-gedung bertingkat tinggi.

ips kelas 8 - interaksi pelaku ekonomi - tahukah kamu

 

Berbicara tentang perilaku konsumsi, pasti nggak lepas dari para pelaku ekonomi ya Squad. Paling nggak ada empat pelaku ekonomi yang turut serta dalam kegiatan ekonomi. Pada ujungnya nanti akan memberi pengaruh juga bagi penawaran dan permintaan suatu barang atau jasa.

Baca Juga: Macam-macam Bentuk Kegiatan Perdagangan

 

1. Rumah Tangga

Pelaku ekonomi pertama yang memengaruhi permintaan dan penawaran ialah rumah tangga (keluarga). Coba kamu hitung deh. Berapa anggota keluarga yang ada di rumah kamu sekarang? Kalau jumlahnya kurang dari 5 orang, berarti masuk ke dalam lingkup rumah tangga kecil. Nah, kalau jumlahnya lebih dari 5 orang maka termasuk ke dalam lingkup rumah tangga besar.

ips kelas 8 - interaksi pelaku ekonomi - status ekonomi rumah tangga

Semakin banyak jumlah anggota keluarga maka akan semakin banyak permintaan dari kebutuhan, baik primer, sekunder, bahkan tersier. Tapi, semua juga dipengaruhi oleh faktor keuangan dalam keluarga itu sendiri Squad.

 

2. Perusahaan dan Badan Usaha

Apakah ada perbedaan antara perusahaan dan badan usaha? Yaps, ada bedanya. Pasti kamu pernah dengar dong “Badan Usaha Milik Negara” disingkat jadi BUMN, atau mendengar kalimat “Orang itu bekerja di perusahaan yang bergerak di bidang tambang”

Baik perusahaan atau pun badan usaha sama-sama memiliki 3 aspek yakni tujuan, fungsi dan bentuk. Perusahaan merupakan organisasi yang menghasilkan barang atau jasa yang dibutuhkan konsumen. Kalau badan usaha itu perusahaan yang didirikan oleh sebuah lembaga yang punya faktor produksi. Lebih jelasnya, perhatikan tabel berikut.

ips kelas 8 - interaksi pelaku ekonomi - tabel

Perusahaan dan badan usaha inilah yang juga turut memengaruhi permintaan dan penawaran. Makanya jangan heran ketika saat momen liburan tiba, harga tiket pesawat atau kereta api bisa melonjak. Soalnya, tujuannya ya memang untuk mencari keuntungan.

 

3. Pemerintah

Seluruh kegiatan ekonomi harus diawasi oleh pemerintah. Dalam hal ini pemerintah memiliki dua peran sekaligus nih Squad, sebagai pelaku ekonomi dan pengatur kegiatan ekonomi. Kalau posisinya sebagai pelaku ekonomi, pemerintah juga turut ambil bagian dalam produksi, distribusi, dan konsumsi. Sama seperti kita-kita ini. Para pegawai pemerintahan juga butuh makan, minum, dan jajan gorengan lho Squad. Emangnya kamu aja yang butuh jajan.

ips kelas 8 - interaksi pelaku ekonomi - infografik

 

4. Masyarakat Luar Negeri

Saat kamu dewasa nanti, apakah kamu mau kuliah di luar negeri? Kalau kamu punya angan-angan seperti itu, kamu harus belajar yang rajin lho Squad. Nggak cukup di kelas aja, kamu harus bisa memperdalam materi yang diajarkan. Nah, kamu bisa nih coba ruangbelajar. Di ruangbelajar kamu bisa belajar dengan seru lho lewat animasi dan infografik yang kece badai.

Nah, saat kamu kuliah di luar negeri nanti, kamu juga menjadi salah satu pelaku ekonomi yang memengaruhi permintaan dan penawaran lho Squad. Misalnya gini, kamu pengen beli makanan khas Indonesia yang ada di Inggris gitu, otomatis kamu cari restoran yang jual makanan Indonesia kan? Restoran itu melakukan impor dari Indonesia untuk bahan-bahannya. Kegiatan ekspor-impor juga berpengaruh terhadap permintaan dan penawaran.


ips kelas 8 - interaksi pelaku ekonomi - ekspor

Sekarang, kamu sudah tahu kan interaksi pelaku ekonomi yang bisa memengaruhi permintaan dan penawaran? Ya, ada 4 yakni rumah tangga, perusahaan dan badan usaha, pemerintah, serta masyarakat luar negeri. Setelah membaca artikel ini sih harapannya kamu bisa menjadi pelaku ekonomi yang nggak konsumtif dan tentunya nggak lupa untuk menyisihkan uang jajanmu untuk ditabung ya Squad.

New Call-to-action

Beri Komentar

Recent Posts