Intern 101: Hal-hal yang Wajib dipersiapkan Anak Magang

Ruangguru Sep 11, 2020 • 4 min read


Halo calon anak magang! Sudah siap menjalani masa magang belum? Kira-kira akan seperti apa ya suasana di kantor barumu nanti? Momen magang ini akan jadi pengalaman berharga dan tidak terlupakan. Ketika magang, kinerja dan attitude-mu memegang peranan penting untuk mengarahkanmu ke pekerjaan impian setelah lulus.


Sebelum menghadapinya, yuk kantongi dulu hal-hal berikut ini agar lebih siap.

Quote Woody Allen

Kehadiran sangat penting lho. Tidak hanya sekedar rajin hadir, tapi juga tepat waktu. Menjadi anak magang berarti kamu harus belajar tanggung jawab yang akan jadi bekalmu di dunia kerja sebenarnya. Coba buat jadwal pribadi di weekend, sehingga kamu tidak ketiduran dan terlambat ke kantor. Fokuslah hadir ke kantor dan menyelesaikan masa magang dengan baik. Mentor juga tentu akan memperhatikan faktor ini guna menilai kedisiplinan diri. Semakin banyak effort-mu, semakin besar juga kemungkinan kamu untuk di-hire. Jika memang ada kemungkinan tidak bisa hadir, berikan keterangan pada mentor sehari sebelumnya.

Ingat, semua orang yang kamu temui selama masa magang memiliki potensi untuk membantu memperoleh pekerjaan di masa yang akan datang. Perlakukan semua orang dengan setara, tidak membeda-bedakan apa posisinya. Dengan demikian, kamu akan membangun koneksi dan terlihat bahwa kamu orang yang ramah. Sepintar dan sebagus apa pun kinerjamu, tingkah laku juga sangat diperhatikan.

 

Interview magang Foto: knote.com

Jika kamu ingin meraih sukses, kamu harus siap kerja keras (in a smart way) di mana pun dan kapan pun. Apa saja yang menjadi tugasmu di kantor, lakukan dengan baik, seremeh apa pun. Seperti halnya fotokopi, print ini-itu, dan sebagainya. Pekerjaan besar atau kecil tetap harus dikerjakan dengan sungguh-sungguh untuk menunjukkan dedikasi tinggi bagi perusahaan.

Kedua tangan hendak berjabatan Foto: abta.com

Jangan pernah segan untuk menawarkan bantuan tanpa diminta, meskipun itu bukan jobdesc-mu. Orang akan dengan tangan terbuka lebar menerima bantuanmu. Jadilah sosok yang helpful agar orang pun tidak segan padamu.

Ramah tamah Foto: blogging4jobs.com

Gerak-gerik dan hasil kerjamu akan diawasi oleh seorang mentor. So, wajib hukumnya untuk bertanggung jawab atas setiap tugas yang diberikan. Selalu kerjakan sebelum dateline tiba ya.

Ingat, kalau kamu tidak menunjukkan kinerja yang baik, bukan hanya namamu yang jelek, tapi juga almamatermu. Seluruh pekerjaan yang kamu selesaikan akan menggambarkan kemampuan dan etika kerja yang kamu anut. Gunakan waktu magang ini sebagai tiket yang akan membawamu menuju dunia kerja.

Magang adalah waktu yang tepat untuk menggali ilmu sebanyak-banyaknya perihal apa saja yang ingin kamu ketahui. Tingkatkan rasa ingin tahumu dan jangan malas bertanya.

Mengobrol dengan group Foto: jobsite.co.uk

Well, bermain smartphone memang menyenangkan, hingga terkadang jadi lupa waktu. Saat di kantor, terlebih jadi anak baru, jauhkan dulu smartphone kesayanganmu ya. Bisa-bisa mengganggu pekerjaan, dan waktumu bersosialisasi jadi tidak ada.  Memang sih smartphone bisa menghilangkan suasana awkward. Tapi kamu harus beranikan diri keluar dari comfort zone, dan berinteraksilah dengan orang-orang di sekitarmu. Boleh kok main gadget, namun sebaiknya di waktu istirahat ya. Jangan lupa aktifkan silent mode lho.

The last but not least, jangan lupa berpakaian yang sesuai dengan budaya kantor. Cari tahu dulu apakah harus formal atau boleh santai, yang penting sopan. Selamat menjalankan masa magang! :)

Beri Komentar