IPA Kelas 7 | Selamat Datang Interstitium! Organ Baru yang Menjelaskan Bagaimana Kanker Bisa Menyebar

Kresnoadi

Jan 9, 2019 • 3 min read

konsep pelajaran SMP Kelas VII biologi vii


interstitium

Artikel IPA kelas 7 ini membahas tentang penemuan organ baru di dalam tubuh yang bernama interstitium dan penyebab mengapa penyakit kanker dapat menyebar di tubuh

--

Bagaimana para peneliti berhasil menemukan hal baru emang seru banget. Kalo dipikir-pikir, bahkan lebih ke... sinting. Bayangin aja, sekarang manusia bisa jalan-jalan sampai ke Mars. Di sana ada petak-petak yang disewain. Beberapa bulan lalu, bahkan Yusaku Maezawa, orang kaya Jepang, resmi menjadi turis pertama dengan destinasi ke... bulan.

Gila nggak sih.

Kita aja kalo liburan paling jalan-jalan cuma dari kasur ke kamar mandi doang...

Tidak kalah gilanya, pada Mei 2018 lalu, satu penemuan terjadi. Nggak, penjelajahan kali ini nggak sejauh Mars. Bahkan deket banget.

Peneliti menemukan organ baru di dalam tubuh kita.

Namanya interstitium.

Organ baru yang dipercaya dapat memberikan penjelasan misterius soal kenapa kulit kita bisa mengerut dan kenapa sel kanker dapat menyebar.

 

awal penemuan organ baru oleh peneliti

Ini lah serunya ilmu pengetahuan. Para ilmuwan seringkali menemukan sesuatu yang sebenarnya sudah ada sejak lama di sana. Pada tahun 2015, Dr. David Carr-Locke dan Dr. Petros Benias dari Mount Sinai Beth Israel Medical Center di New York sedang mencoba teknologi baru untuk mengecek adanya indikasi kanker di saluran empedu.

Teknologi ini bernama pCLE. Semacam kombinasi antara ular kecil dengan fungsi mirip kamera yang dapat memancarkan sinar ke jaringan tubuh. Nantinya, alat ini akan menganalisis pola pijaran dari pantulan sinarnya. Hal ini membuat peneliti dapat melihat jaringan tubuh hidup tanpa harus mengambil sampelnya.

Baca juga: Selain Big Bang, Iini 6 Teori Pembentukan Tata Surya Lainnya

Saat menggunakan alat ini, mereka menemukan sesuatu yang aneh.

Mereka melihat serangkaian rongga yang saling berhubungan dan berisi cairan di lapisan jaringan di sekitarnya dan masalahnya...

...mereka belum pernah melihat ini sebelumnya.

organ baru interstitium

Lapisan kulit (sumber: the-scientist.com)

 

Ilmu medis sebenarnya sudah mengenal “cairan” ini sebelumnya. Cairan ini lah yang mengisi sepertiga air di dalam tubuh kita, dengan separuhnya memenuhi sel.

Tapi, belum ada yang bisa menjelaskan jaringan yang menahan cairan ini. Sesuatu yang akhirnya disebut interstitium ini.

Organ ini terletak di bawah lapisan kulit atas dan di antara jaringan yang melapisi usus, paru-paru, pembuluh darah, dan otot. Karena berada “di mana-mana”, menurut laporan Scientific Reports, organ ini dianggap sebagai organ terbesar yang ada di dalam tubuh manusia.

interstitiumSumber: livescience.com

 

Meskipun penelitian ini masih berlangsung, paling tidak hal ini membuka misteri: kenapa sel kanker lebih suka menyebar ke kelenjar getah bening. Ya karena interstitium adalah sumber dari cairan getah bening, kaya akan protein, mengandung sel kekebalan melawan infeksi, dan mengalir ke sistem limfa

Makanya, para peneliti berharap banget akan adanya penemuan baru yang dapat menangkal penyebaran sel kanker ini. Mudah-mudahan cepat ketemu, ya, Squad!

Sekarang mari ucapkan selamat datang pada interstitium! Walaupun sebenernya udah lama ada sih di badan kita… tapi setidaknya punya nama. Gimana, Squad. Penemuan ini membuktikan bahwa ilmu pengetahuan itu terus berkembang kan. Makanya, jangan berhenti mencari tahu dan perdalam wawasan kamu. Kalau kamu lebih suka sesuatu yang visual, cobain aja tonton video pembelajaran beranimasi lewat ruangbelajar!

 ruangbelajar

Beri Komentar

Recent Posts