Intip Tips Sukses Mengembangkan Aplikasi Android Bagi Pemula

Shabrina Alfari May 3, 2020 • 5 min read


mengembangkan aplikasi android untuk pemula

Artikel ini memberikan tips mengembangkan aplikasi Android bagi pemula dari paket Skill Academy by Ruangguru

--

Apakah Anda tertarik untuk menjadi seorang programmer Android? Profesi programmer semakin banyak diincar oleh banyak orang. Wajar saja, mengingat kecanggihan smartphone dan kebutuhan masyarakat akan software atau aplikasi yang berguna untuk kehidupan sehari-hari pun makin meningkat. Nah, salah satu sistem operasi yang paling banyak digunakan saat ini adalah Android. Maka dari itu, tenaga profesional yang ahli dalam Mobile Programming Android pun kian dicari.

Pada tahun 2019, IDC atau International Data Corporation memperkirakan bahwa Android berada pada peringkat pertama pangsa pasar pengiriman smartphone dunia dengan jumlah persentase 86,7%. Data tersebut juga menempatkan Android sebagai sistem operasi yang paling banyak digunakan di dunia. Banyaknya pengguna Android pun akhirnya membuat Google melakukan banyak penambahan dan juga pembaharuan fungsi untuk membuat user semakin nyaman dalam menggunakan Android.

Baca juga: Tips Maksimalkan Skill Setelah Selesai Pelatihan Kartu Prakerja

 

Lalu, kira-kira kemampuan apa saja yang harus Anda pelajari jika ingin menjadi seorang programmer Android yang handal? Tak usah khawatir, di Skill Academy by Ruangguru Anda bisa belajar Cara Mengembangkan Aplikasi Android Bagi Pemula.

Apa saja sih yang akan Anda pelajari di kelas ini? Paket kelas ini sangat tepat untuk Anda yang antusias terhadap perkembangan aplikasi Android, dari mulai menguasai basis pengembangan Android hingga bahasa pemrograman Kotlin.

 

Kelas yang akan Diikuti dalam Pelatihan Ini

Pada paket ini akan diajarkan mulai dari dasar-dasar Mobile Programming Android hingga yang lebih kompleks. Kelas-kelas yang akan diikuti dalam pelatihan ini dibagi menjadi dua, yaitu:

1. Dasar-dasar Mobile Programming Android untuk Pemula

Detail kelas:

  • Kelas ini terdiri dari 16 video, 1 dokumen, exam atau ujian, dan sertifikat di akhir kelas.
  • Beberapa topik yang dibahas pada kelas ini: Mobile Programming, Java Development Kit (JDK), Android Studio & Kotlin, Dasar Pemrograman Android dengan Kotlin, Arsitektur Aplikasi Android, dan Android Architecture & Design Pattern dengan MVP.

Ulasan user:

mengembangkan aplikasi android untuk pemulaRating kelas Dasar-dasar Mobile Programming Android untuk Pemula di Skill Academy

Berikut beberapa penilaian dan pendapat pengguna kelas Dasar-dasar Mobile Programming Android untuk Pemula:

  • "Yang awalnya sulit dimengerti, sekarang saya sudah mudah memahami little by little. Terima kasih Skill Academy." - Ahmad Faqih
  • "Wah keren, mudah dicerna dan nggak bertele-tele." - Rizki Idsam
  • "Videonya sangat jelas, saya sebagai mobile programmer sangat merekomendasikan ini untuk pemula." - Abdul Hafiidh

Mau lihat detail kelas? Klik di sini

2. Kuasai Mobile Programming Android hingga Mahir

Detail kelas:

  • Kelas ini terdiri dari 21 video, 1 dokumen, exam atau ujian, dan sertifikat di akhir kelas.
  • Beberapa topik yang dibahas pada kelas ini: Android Architecture & Design Pattern, Android Architecture Component, Threading Programming, dan Android Push Notification.

Ulasan user:

mengembangkan aplikasi android untuk pemulaRating kelas Kuasai Mobile Programming Android hingga Mahir di Skill Academy

Berikut beberapa penilaian dan pendapat pengguna kelas Kuasai Mobile Programming Android hingga Mahir: 

  • "Skill Academy sangat saya rekomendasikan untuk para developer pemula. Karena materinya jelas, padat dan singkat." - Safiudin
  • "Yes, saya semakin PD menjadi programmer Android." - Wahyudi

Mau lihat detail kelas? Klik di sini

mengembangkan aplikasi android untuk pemulaAndroid Programmer (Sumber: onblastblog.com)

3 Topik Besar yang akan Dibahas

  1. Mempelajari apa saja yang dibutuhkan dan yang dapat kita lakukan dalam Mobile Programming Android
  2. Instalasi perangkat yang dibutuhkan dalam membuat aplikasi Android
  3. Penjelasan tentang pembuatan aplikasi Android itu sendiri, serta mempelajari Mobile Programming Android dari bagian dasar sampai yang lebih kompleks.

Besarnya jumlah pengguna dan perkembangan Android yang begitu pesat membuat Android menjadi salah satu platform yang layak untuk Anda pelajari. Jika ditekuni dengan baik, pengetahuan dan ilmu Anda tentang sistem operasi ini akan dibutuhkan oleh orang lain, termasuk perusahaan besar.

Untuk mengikuti kelas ini, Anda pun bisa mendaftarkan diri melalui program Kartu Prakerja di situs prakerja.go.id. Tak hanya bisa mengikuti pelatihan untuk menjadi seorang programmer Android, melalui Kartu Prakerja Anda bisa mendapatkan bantuan langsung tunai yang dapat dimanfaatkan untuk keperluan sehari-hari.

Baca juga: Program Kartu Prakerja, Sebenarnya untuk Siapa, Sih?

Tunggu apalagi? Ayo, tambah skill programming Anda melalui Skill Academy by Ruangguru menggunakan Kartu Prakerja.

prakerja

Beri Komentar