Biologi Kelas 7 | Apa itu Efek Rumah Kaca?

Efek Rumah Kaca
 
Artikel IPA kelas 7 ini akan membahas mengenai efek rumah kaca secara umum, termasuk akibat yang disebabkan oleh efek rumah kaca tersebut. 

Squad! Kamu sering merasa kalau bumi ini semakin panas nggak, sih? Sepertinya sih kamu di rumah aja dan nggak banyak gerak, tapi kok tiba-tiba terasa panas dan jadi keringetan, ya? Wah, apalagi kalau ke luar rumah nih, panasnya terasa terik banget. Kamu tau nggak sih apa penyebabnya? Ternyata, penyebabnya adalah efek rumah kaca. Apa sih, efek rumah kaca itu? Kuy, kita pelajari bersama!

Efek Rumah Kaca

Wah, kasihan buminya kepanasan (Sumber: giphy.com)

Sebelum belajar tentang efek rumah kaca, kamu sudah pernah lihat rumah kaca yang digunakan untuk menanam tanaman, kan? Coba deh kamu ingat-ingat lagi tentang fungsi dari rumah kaca itu sendiri. Yes, selain untuk menanam tanaman atau sayuran jenis tertentu, rumah kaca ini memiliki fungsi untuk melindungi tanaman atau sayuran tersebut. Rumah kaca ini juga bersifat hangat karena kaca-kacanya bisa menangkap panas supaya tumbuhan dan sayuran yang ada di dalamnya menjadi hangat. Lalu, efek rumah kaca itu apa sih?

Baca Juga: Keseimbangan Ekosistem, Ancaman, dan Pelestariannya

Efek rumah kaca ini adalah fenomena ketika panas matahari di bumi terperangkap, sehingga bumi menjadi semakin panas. Mirip dengan rumah kaca yang digunakan untuk menanam tanaman, kan? Sebenarnya, dalam jumlah tertentu, efek rumah kaca ini juga dibutuhkan bumi. Efek rumah kaca ini dibutuhkan bumi untuk menjaga interval perbedaan suhu di siang hari dan di malam hari supaya tidak terlalu berbeda. Meskipun demikian, kalau terlalu banyak panas matahari yang terperangkap bisa membahayakan juga, nih.

Kira-kira, apa sih penyebab efek rumah kaca ini? Penyebabnya adalah peningkatan jumlah emisi gas CO2 dan CO. Kok bisa meningkat sih jumlah emisi gasnya? Bisa dong, apalagi kalau kamu sering banget menggunakan pendingin ruangan atau kendaraan pribadi. Terlebih lagi, lahan hijau di bumi kita ini sudah semakin berkurang karena banyaknya penebangan liar. Duh, pemanasan global jadi semakin meningkat, deh. Hmm... tapi kira-kira, bagaimana sih proses terjadinya efek rumah kaca ini?

Efek Rumah Kaca

Bagaimana Squad? Setelah membaca artikel ini, kamu tentu ingin lebih peduli lagi dengan bumi dan lingkungan, kan? Kira-kira kamu ingin melakukan apa nih untuk menanggulangi efek rumah kaca dan pemanasan global? Coba sebutkan di kolom komentar, ya. Kalau kamu ingin belajar lebih banyak lagi tentang efek rumah kaca, yuk belajar pakai Ruangguru digitalbootcamp! Kamu bisa belajar dengan teman di seluruh Indonesia hanya lewat group chat, lho. Kuy, daftar sekarang!

New Call-to-action

Beri Komentar