Biologi Kelas 7 | Cara-Cara Menanggulangi Pemanasan Global

Penanggulangan Pemanasan Global

Artikel IPA kelas 7 ini akan membahas mengenai cara-cara yang bisa kamu lakukan untuk menanggulangi pemanasan global.
--

Squad, kamu masih ingat kan, apa saja dampak negatif dari pemanasan global? Sangat merugikan, ya. Dampak negatif dari pemanasan global ini harus segera dihentikan. Meskipun tidak mungkin langsung berhenti, tapi setidaknya kamu bisa memulai, kan? Kira-kira, apa saja ya yang bisa mulai dilakukan untuk menanggulangi pemanasan global ini? Ada 3 cara sederhana nih yang bisa kamu lakukan, yaitu menggunakan energi terbarukan, meningkatkan efisiensi bahan bakar kendaraan, dan melakukan kegiatan penghijauan. Kuy, kita bahas bersama-sama!

Penanggulangan Pemanasan GlobalIlustrasi pemanasan global (Sumber: giphy.com)

Penggunaan Energi Terbarukan

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk menanggulangi pemanasan global adalah dengan menggunakan energi terbarukan dalam kehidupan sehari-hari. Apa sih energi terbarukan itu? Sesuai dengan namanya, energi terbarukan adalah energi yang bisa mengalami pemulihan secara alami serta proses pembaruan energinya bisa terus berkelanjutan.  Oleh karena itu, energi terbarukan juga sering disebut sebagai energi berkelanjutan. Jumlah energi terbarukan ini sangat banyak, sehingga tidak perlu khawatir akan habis. 

Baca Juga: Apa Itu Efek Rumah Kaca?

Salah satu contoh energi terbarukan adalah panel surya. Panel surya ini berfungsi untuk mengubah cahaya matahari menjadi energi listrik. Wah, jadi energi listriknya langsung berasal dari matahari? Yes, betul banget! Menarik, ya? Meskipun sangat membantu untuk menanggulangi pemanasan global, ternyata panel surya ini belum populer digunakan. Salah satu alasannya adalah karena biayanya yang sangat mahal jika dibandingkan dengan bahan bakar fosil. Sayang sekali, ya. Semoga ke depannya panel surya ini bisa lebih mudah diakses, ya. Siapa di sini yang mau coba menggunakan panel surya? 

Penanggulangan Pemanasan Global

Ini dia yang namanya panel surya! (Sumber: youtube.com)

Peningkatan Efisiensi Bahan Bakar Kendaraan

Kamu pernah membayangkan nggak sih, apa jadinya bumi kita ini kalau setiap orang naik kendaraan pribadi? Selain macet, pasti polusinya juga meningkat ya. Polusi yang terus meningkat ini bisa menyebabkan pemanasan global. Selain itu, polusi juga bisa menyebabkan timbulnya penyakit, khususnya penyakit pernapasan. Selain itu, semakin banyak kendaraan pribadi yang beroperasi, semakin banyak pula bahan bakar yang diperlukan. Lama-lama, bahan bakarnya bisa habis, deh. Menakutkan nggak sih? 

Lalu, bagaimana caranya menanggulanginya, nih? Kamu bisa mulai dari hal sederhana, misalnya naik kendaraan umum, misalnya bus. Coba deh bayangkan, kalau 1 bus bisa mengangkut sebanyak 50 orang, berarti sudah ada setidaknya 50 orang yang tidak naik kendaraan pribadi. Polusi yang disebabkan oleh kendaraan pribadi tersebut juga berkurang, kan? Itu baru dari 1 bus saja. Kalau busnya ada banyak, tentu semakin mengurangi polusi yang disebabkan oleh kendaraan pribadi, kan? Bahan bakar juga tentu saja bisa dihemat. Jadi, mulai naik kendaraan umum dari sekarang, yuk! 

Penanggulangan Pemanasan Global

Siapa yang suka naik bus ke sekolah? (Sumber: Shutter Stock)

Melakukan Kegiatan Penghijauan

Kamu pernah dengar istilah reboisasi? Yes, yang dimaksud dengan reboisasi adalah penghijauan kembali. Coba, kira-kira, apa yang harus kamu lakukan untuk melakukan reboisasi? Betul banget, kamu harus menanam pohon. Berarti harus ke hutan, nih? Nggak harus ke hutan, kok. Kamu bisa memulai kegiatan reboisasi ini dari halaman rumahmu sendiri. Sekarang bahkan sudah banyak komunitas pencinta lingkungan yang turut serta meramaikan kegiatan reboisasi ini. Kamu mau ikutan, nggak

Penanggulangan Pemanasan Global

Siapa yang mau ikutan kegiatan reboisasi? (Sumber: Shutter Stock)

Wah, ternyata cara untuk menanggulangi pemanasan global itu tidak sulit ya, Squad. Bahkan kamu bisa melakukannya secara mandiri di lingkungan rumahmu. Mulai dicoba, yuk! Selain mencoba menanggulangi pemanasan global, yuk tetap semangat belajar pakai ruanglesonline! Kamu bisa tanya-tanya PR yang susah lewat aplikasi, lalu nanti bakal dijawab deh sama kakak tutornya. Gimana cara nanyanya nih, soalnya kan panjang banget? Kamu tinggal foto lalu upload di aplikasinya aja, Squad. Praktis banget kan? Makanya, download sekarang, ya! 

New Call-to-action

Beri Komentar