Biologi Kelas 7 | Penyebab dan Dampak Pencemaran Udara

IPA_7

Artikel kelas VII ini akan membahas tentang berbagai macam penyebab dan dampak pencemaran udara di lingkungan sekitar.

--

Polusi di jalanan emang udah pasti nggak bakal bisa dihindarin nih, Squad. Makanya, abang ojek daring itu pas jemput pelanggannya (bisa jadi kamu sih), pasti nawarin begini…

“Mas/Mbak, mau pakai masker?”

Jangan salah sangka lho. Nawarin masker ke kamu itu bukan takut ketularan penyakit, tapi supaya kamu sebagai penumpang itu merasa aman dan nyaman terhindar dari pencemaran polusi udara.

Ngomong-ngomong soal polusi, itu kan termasuk pencemaran udara tuh. Nah, di artikel kali ini kita akan membahas tentang penyebab dan dampak pencemaran udara ya Squad.

pakai masker - penyebab dan dampak pencemaran udara

 Penggunaan masker saat berkendara mengurangi dampak polusi bagi kesehatan

(sumber: kumparan.com)

Kamu tahu nggak Squad apa sih pencemaran udara itu? Pencemaran udara itu suatu kondisi udara mengandung senyawa kimia maupun biologi dalam jumlah banyak yang berdampak bagi kesehatan makhluk hidup. Secara umum, pencemaran terbagi menjadi dua, yakni pencemaran udara primer dan pencemaran udara sekunder.

Pencemaran udara primer ini penyebabnya langsung dari polutan, seperti meningkatnya kadar karbondioksida dari aktivitas pembakaran manusia. Kalau pencemaran udara sekunder itu terjadi akibat reaksi kimia dari partikel-partikel polutan yang terjadi di atmosfer, seperti pembentukan ozon.

pencemaran udara - sep 1

Secara garis besar penyebab pencemaran udara itu terbagi menjadi dua, yakni aktivitas alam dan aktivitas manusia. Kok bisa aktivitas alam menjadi penyebab pencemaran udara? Begini Squad, kita ambil contohnya letusan gunung berapi ya. Letusan gunung itu menghasilkan abu vulkanik yang mencemari udara sekitar. Otomatis berbahaya dong bagi kesehatan manusia dan tanaman?

Baca Juga: Komponen Pembentuk Ekosistem

Selain itu, ada lagi nih kebakaran lahan hutan yang menghasilkan karbon dioksida dalam jumlah yang banyak. Bisa mengganggu kesehatan manusia dan hewan juga pastinya. Bahkan, sistem penerbangan juga bisa terganggu loh akibat kebakaran hutan ini.

penyebab pencemaran udara

Nah kalau penyebabnya aktivitas manusia itu banyak sih, seperti asap pabrik, asap kendaraan bermotor, pembakaran sampah dan asap rokok. Makanya jangan kaget atau heran kalau naik motor itu pasti banyak pengendara yang pakai masker buat menutupi hidung. Ini karena mereka sayang dengan kesehatan badan mereka. Mulai sekarang, yuk pakai masker untuk meminimalisi dampak pencemaran udara bagi tubuh kita

pencemaran udara - sep 2

Jangan anggap sepele nih dampak dari pencemaran udara. Udara itu kan perannya sangat penting bagi kehidupan makhluk hidup, maka dari itu kamu harus tahu nih dampak dari pencemaran udara itu seperti apa.

1. Kualitas udara yang menurun akibat pencemaran ini menimbulkan berbagai penyakit, terutama penyakit pernafasan.

2. Letusan gunung berapi yang menimbulkan abu vulkanik juga membuat udara tercemar dan mengakibatkan hujan asam. Hujan asam ini mengandung sulfur yang mengganggu pertumbuhan tanaman.

3. Timbulnya efek rumah kaca yakni peningkatan suhu bumi karena konsentrasi karbon dioksida dan karbon monoksida yang tinggi di atmosfer.

4. Penggunaan produk pendingin ruangan yang mengandung CFC seperti freezer dan AC dapat merusak lapisan ozon.

dampak pencemaran udara

Sekarang kamu sudah tahu kan penyebab dan dampak dari pencemaran udara? Mau tahu penjelasan tentang pencemaran-pencemaran lainnya? Coba gabung sekarang yuk di ruangbelajar. Ada penjelasan dari Master Teacher dengan animasi-animasi yang keren lho. Kamu juga bisa melatih kemampuan dengan menjawab soal latihan di sana. Tunggu apa lagi? Daftar sekarang juga!

 ruangbelajar

Beri Komentar