IPA Kelas 7 | Yuk, Belajar Menggunakan Mikroskop!

Created by : Embun Bening Diniari
on Jul 31, 2018 10:38:47 AM
3 min read

Menggunakan Mikroskop

Artikel IPA kelas VII kali ini membahas mengenai bagian-bagian mikroskop dan cara menggunakan mikroskop untuk meneliti mahkluk hidup, khususnya mikroorganisme dan organisme yang tidak bisa dilihat secara kasat mata.
--

Squad, siapa yang sudah pernah melakukan penelitian di laboratorium sekolah? Keren banget gitu nggak, sih? Selain karena kamu bisa pakai jas laboratorium warna putih yang keren itu, kamu juga bisa pakai alat yang namanya mikroskop. Apa sih, mikroskop itu? Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), mikroskop adalah alat untuk melihat benda yang tidak bisa dilihat secara kasat mata. Kalau dalam konteks biologi, contohnya antara lain mikroorganisme. Seru, kan? Yuk, belajar cara menggunakan mikroskop bersama-sama! 

Menggunakan Mikroskop

Sudah pernah mencoba pakai mikroskop, Squad? (Sumber: Shutter Stock)

Sebelum belajar bagaimana cara menggunakan mikroskop untuk meneliti mikroorganisme, kamu harus kenalan terlebih dahulu dengan bagian-bagiannya mikroskop ini, nih. Ada 13 bagian mikroskop yang harus kamu ketahui fungsinya. Ketigabelas bagian tersebut dibagi menjadi 2 bagian lho, yaitu bagian optik dan bagian mekanik. Yuk, kenalan satu persatu! 

Menggunakan Mikroskop

Menggunakan Mikroskop

Bagian mikroskop yang termasuk ke bagian optik adalah lensa okuler, lensa obyektif, diafragma, dan cermin. Lensa okuler merupakan lensa yang melakukan kontak langsung dengan mata kita. Fungsinya lensa okuler ini untuk memperbesar bayangan objek. Sedangkan lensa obyektif adalah lensa yang posisinya ada di dekat objek untuk memperbesar bayangan objek tersebut. Oh iya, lensa obyektif ini bisa diatur besar kecilnya, lho. Yang mengatur ini namanya revolver.

Lalu, diafragma dan cermin ini fungsinya apa? Diafragma berfungsi untuk mengatur  intensitas cahaya yang akan masuk ke lensa obyektif. Dengan kata lain, banyak sedikitnya cahaya yang akan masuk ke mikroskop itu diatur oleh lensa obyektif ini. Kalau cermin ini berfungsi untuk menyalurkan cahaya yang sudah masuk lewat diafragma. Cerminnya juga terdiri dari 2 jenis, yaitu cermin datar dan cemrin cekung. 

Setelah membahas bagian optiknya mikroskop, sekarang coba dibahas mengenai bagian mekaniknya mikroskop, yuk. Bagian mekanik mikroskop ini terdiri dari tabung mikroskop, meja preparat, penjepit, lengan mikroskop, mikrometer, makrometer, kondensor, sekrup, dan kaki mikroskop. 

Tabung mikroskop ini berfungsi untuk menghubungkan lensa okuler dengan lensa objektif, supaya kamu bisa melihat objeknya dengan jelas. Kalau meja preparat ini fungsinya untuk meletakan objek yang akan diamati. Kemudian objek tersebut bisa dijepit dengan penjepit objek supaya nggak geser-geser selama kamu amati. Kalau lengan fungsinya apa? Buat digandeng? Hahaha bukan buat digandeng, ya. Tapi buat dijadikan pegangan ketika kamu membawa atau memindahkan mikroskopnya. 

Bagian selanjutnya bernama mikrometer. Mikrometer ini bisa dikenal juga dengan sebutan pemutar halus. Mikrometer berfungsi untuk menaikkan dan menurunkan tabung mikroskop dengan tempo yang lambat. Bentuknya mikrometer ini juga lebih kecil dibandingkan dengan makrometer. Lalu, apa bedanya mikrometer dengan makrometer? Kalau makrometer ini fungsinya untuk menggerakan tabung mikroskop dengan cepat. Ukurannya juga lebih besar dari mikrometer, lho. 

Bagian selanjutnya bernama kondensor. Fungsi kondensor ini untuk mengumpulkan cahaya yang masuk. Semacam penampungan cahaya gitu, ya. Hehehe. Lalu ada juga yang namanya sekrup. Fungsi sekrup ini apa, hayo? Fungsinya untuk mengatur sudutnya mikroskop ini. Bagian terakhirnya mikroskop ini namanya kaki mikroskop. Sesuai dengan namanya, kaki mikroskop ini untuk menyangga atau menopang mikroskop supaya nggak jatuh. Sama seperti kakimu, kan? 

Menggunakan Mikroskop

Setelah kenalan dengan bagian-bagian mikroskop, sekarang coba cari tahu bagaimana cara memakai mikroskop ini, yuk! Simak gambar di bawah ini, ya! 

Menggunakan Mikroskop

Bagaimana Squad? Meneliti dengan menggunakan mikroskop itu seru dan mudah, kan? Hayo, sekarang siapa yang tertarik mau menjadi peneliti? Yuk, belajar yang semangat supaya cita-citanya terwujud. Supaya makin semangat, yuk belajar pakai Ruangguru On-The-Go! Kamu tinggal colok usb-nya ke HP-mu, lalu belajar deh. Psst... ini bebas kuota, lho! Kuy, dapatkan sekarang!

New Call-to-action

Tags: konsep pelajaran SMP Kelas VII ipa vii

Beri Komentar

Letak Geografis dan Letak Astronomis Indonesia

Sep 19, 2017 5:27:18 PM
3 min read

5 Soal UN Matematika SMA (IPA) 2017 dan Pembahasannya

Mar 22, 2017 11:35:26 AM
5 min read

5 Akibat Revolusi Bumi Bagi Kehidupan

Oct 8, 2017 2:32:23 PM
6 min read

Latihan dan Pembahasan Soal UN Bahasa Indonesia SMP 2017

Apr 25, 2017 5:30:44 PM
11 min read

Anak IPA? Ini Latihan Soal UN Biologi SMA (2017) dan Pembahasannya

Mar 27, 2017 3:35:27 PM
5 min read