IPA Kelas 8 | Gangguan-gangguan pada Mata Manusia

Created by : Shabrina Zakaria
on Sep 14, 2018 7:00:00 PM
4 min read

 

gangguan pada mata - header
 
Artikel IPA kelas VIII ini  akan mempelajari jenis-jenis gangguan pada mata manusia seperti rabun jauh, rabun dekat, buta warna, rabun jauh-dekat, dan astigmatisma.

---

Eh, kacamata kamu minus berapa?”

“Kacamata kamu minusnya gede ya? Kok tebel banget sih.”

Kamu pernah ngobrol begitu nggak dengan teman-teman kamu yang memakai kacamata? Asal kamu tahu nih, teman-teman yang memakai kacamata bukan tanpa alasan loh Squad, tetapi karena salah satu bagian dari mata mereka tidak bekerja dengan baik. Sama seperti bagian tubuh lainnya, mata juga bisa memiliki beberapa penyakit atau gangguan yang bisa mengganggu aktivitas kita sehari-hari.

Sebelumnya kita sudah mempelajari bagian-bagian pada mata manusia seperti kornea, retina, lensa mata, titik buta, dan lain-lain pada artikel “Apa Saja Bagian-Bagian Mata dan Fungsinya?”. Kali ini kita akan mengenal jenis-jenis gangguan yang bisa terjadi pada mata manusia. Langsung simak aja yuk!

 

1. Rabun Dekat (Hipermetropi)

Rabun dekat atau Hipermetropi disebabkan karena lensa mata yang terlalu pipih, jadi mata tidak dapat melihat benda dari jarak dekat dengan jelas. Penglihatan orang yang mengalami rabun dekat bisa diperbaiki dengan menggunakan kacamata berlensa cembung atau (+).

gangguan pada mata - penggunaan lensa cembung

Kuat dari lensa cembung dapat dihitung dengan cara:

gangguan pada mata - rumus lensa cembung

 

2. Rabun Jauh (Miopi)

Kebalikan dengan rabun dekat, rabun jauh atau miopi adalah keadaan di mana mata tidak dapat melihat benda dari jarak jauh dengan jelas. Penyebabnya adalah kelainan pada lensa mata dimana bayangan benda terbentuk di depan retina. Penglihatan orang yang menderita rabun jauh dapat dibantu dengan menggunakan kacamata berlensa cekung atau (-).

gangguan pada mata - penggunaan lensa cekung

Berbeda dengan lensa cembung, kuat dari lensa cekung dapat dihitung dengan cara:

gangguan pada mata - rumus lensa cekung
 

Rabun jauh dapat terjadi karena beberapa hal, salah satunya karena keturunan dari orang tua. Jadi, kamu yang menderita rabun jauh bisa jadi karena orang tua kamu menderita rabun jauh juga Squad. Selain itu, bisa juga karena beberapa kebiasaan buruk yang dilakukan sehari-hari misalnya: nonton TV atau baca buku dari jarak terlalu dekat (jarak normal 30 cm), dan baca buku di tempat yang kurang pencahayaan.

Kalau kamu nggak mau pakai kacamata, kita bisa loh menjaga kesehatan mata kita sendiri. Contohnya dengan mengonsumsi makanan yang bergizi terutama yang mengandung vitamin A seperti wortel, ikan tuna, ubi, dan masih banyak lagi. Nggak cuma dari makanan aja Squad, tetapi juga dengan menghindari kebiasaan buruk yang bisa membuat kesehatan mata kita menjadi menurun. Jangan nonton TV terlalu dekat, dan membaca di tempat yang cukup penerangan.

 

3. Buta Warna

Buta warna bukan bentuk kebutaan yang tidak bisa melihat apapun Squad, tetapi buta warna adalah suatu kelainan pada mata. Penyebabnya adalah ketidakmampuan sel-sel kerucut mata menangkap suatu spektrum warna sehingga mata sulit untuk membedakan warna tertentu .

gangguan pada mata - infografik

Ternyata buta warna banyak penyebabnya Squad. Di antaranya adalah keturunan orangtua, bertambahnya usia, terkena paparan sinar UV yang berlebihan, atau karena kecelakaan yang menyebabkan pembengkakan di pusat pemrosesan visual otak.

 

4. Rabun Jauh-Dekat/ Rabun Tua (Presbiopi)

Rabun tua atau presbiopi biasa dialami oleh orangtua. Pada presbiopi, gangguan pada lensa mata terjadi karena faktor “U” alias usia. Akibatnya, penderita tidak mampu melihat benda dengan jelas dari jarak jauh maupun dekat. Penderita presbiopi bisa dibantu dengan kacamata berlensa rangkap. Jadi, kacamatanya ada lensa cembung dan lensa cekungnya Squad.

 

5. Astigmatisma (Silinder)

Astigmatisma atau mata silinder adalah kondisi penglihatan mata menjadi kabur. Astigmatisma terjadi karena ada penyimpangan dalam pembentukan bayangan pada lensa. Penglihatan penderita astigmatisma dapat ditolong dengan kacamata berlensa silinder.

Wah, banyak ya jenis-jenis gangguan yang bisa terjadi pada mata manusia. Oh iya, ternyata gangguan mata tersebut nggak cuma bisa dialami oleh remaja dan orangtua aja. Anak-anak dan bahkan balita juga bisa terkena gangguan mata terutama miopi atau rabun jauh, seperti yang sudah dijelaskan di artikel ini. Selain yang disebutkan di atas, sebetulnya masih banyak loh Squad jenis-jenis gangguan yang terdapat pada mata manusia. Yuk kita langsung cari tau di Ruanglesonline supaya bisa langsung chat dengan guru kamu!

 New Call-to-action

Tags: konsep pelajaran SMP Kelas viii ipa viii

Beri Komentar

Letak Geografis dan Letak Astronomis Indonesia

Sep 19, 2017 5:27:18 PM
3 min read

Pengertian Teks Eksplanasi dan Strukturnya

Feb 12, 2018 3:06:55 PM
3 min read

5 Akibat Revolusi Bumi Bagi Kehidupan

Oct 8, 2017 2:32:23 PM
6 min read

5 Soal UN Matematika SMA (IPA) 2017 dan Pembahasannya

Mar 22, 2017 11:35:26 AM
5 min read

Apa Saja Bagian-Bagian Mata dan Fungsinya?

Jan 8, 2018 1:47:37 PM
4 min read