Kram Anthony Ginting, Contoh dari Gangguan Sistem Gerak | Biologi Kelas 8

gangguan sistem gerak

Artikel Biologi kelas 8 ini akan membahas tentang beberapa macam gangguan sistem gerak manusia yang terbagi menjadi gangguan tulang, gangguan persendian, dan gangguan otot.

“Kuat….kuat….kuat…Yaaak..! Smash paku bumi berhasil menghujam. Ayo Ginting jangan kasih poin”

“Kuat Ginting…kuat…Bangkit Ginting…2 poin lagi”

“Aaaaarrgghhh…pasti sakit sekali itu Ginting merasakannya. Otot kakinya ketarik sampai tidak bisa ditekuk”

Begitulah kira-kira reaksi komentator saat melihat Anthony Ginting kesakitan.

Emangnya ada apa sih sama Anthony Ginting? Atau jangan jangan kamu nggak tahu siapa itu Anthony Ginting? Kalau kamu mengikuti pertandingan bulutangkis Asian Games 2018 tanggal 22 Agustus kemarin, kamu pasti tahu tentang kejadian yang dialami Anthony Ginting saat berhadapan dengan Shi Yu Qi di babak final. Pada pertandingan tersebut, Anthony mengalami kram otot pada salah satu kakinya hingga tidak bisa ditekuk. Hal ini membuatnya harus berhenti di akhir pertandingan.

via GIPHY

Kram yang dialami oleh Anthony itu merupakan salah satu gangguan sistem gerak lho. Nah, dalam artikel ini kita akan bahas beberapa macam gangguan sistem gerak. Salah satunya kram otot yang dialami oleh Anthony Ginting.

1. Gangguan pada Tulang

Secara umum gangguan pada tulang manusia itu disebabkan oleh 3 hal yakni, kekurangan vitamin D, kecelakaan, dan kebiasaan sikap tubuh yang salah. Kamu pasti pernah ngeliat dong kalau ada ibu-ibu yang suka menjemur bayinya. Jadi, yang perlu dijemur itu bukan cuma pakaian aja nih, bayi juga perlu dijemur. Kenapa bayi perlu dijemur? Ini karena dalam tubuh manusia dapat membentuk vitamin D dari pro vitamin D dengan bantuan cahaya matahari.

Apa sih pentingnya vitamin D itu? Vitamin D diperlukan untuk proses penulangan. Jika tubuh manusia tidak menerima sinar matahari yang cukup, dapat menyebabkan gangguan bentuk tulang misalnya kaki berbentuk huruf X atau O. Pada orang dewasa, gangguan ini disebut dengan osteomalasia.

gangguan pada tulang

 

Penyebab kedua gangguan pada tulang manusia ialah disebabkan oleh kecelakaan. Kamu pernah nggak pas lagi jalan di rumah gitu, kepentok ujung atau kaki meja? Terus muncul warna kebiruan di permukaan kulit kamu? Yaps, itulah memar. Memar merupakan sobeknya selaput sendi karena tekanan atau hantaman yang keras. Orang yang mengalami kecelakaan, biasanya juga mengalami memar di bagian tubuhnya.

Selain memar, gangguan tulang yang disebabkan oleh kecelakaan ialah patah tulang (fraktura). Ada beberapa jenis fraktura yakni fraktura tertutup, fraktura terbuka dan fisura. Fraktura tertutup merupakan tulang yang patah dan tidak merobek kulit, sedangkan fraktura terbuka merupakan patah tulang yang tulangnya mencuat keluar dan merobek kulit. Nah, untuk fisura sendiri merupakan tulang yang retak, nggak sampai patah ya.

Baca Juga: Macam-Macam Tulang Penyusun Kerangka Tubuh Manusia

Kemudian, penyebab gangguan tulang yang ketiga ialah kebiasaan sikap tubuh yang salah. Gangguan tulang yang disebabkan oleh kebiasaan sikap tubuh yang salah ini terbagi menjadi 3, yakni lordosis, kifosis, dan skoliosis. Seperti apa sih sikap tubuh yang salah sehingga menyebabkan gangguan pada tulang? Ini dia!

gangguan sistem gerak pada tulang

2. Gangguan pada Sendi

Gangguan sistem gerak nggak cuma pada tulang aja nih, seperti pembukaan artikel ini, kram yang dialami Anthony Ginting juga menjadi salah satu gangguan gerak yang bisa saja dialami setiap orang. Beberapa kelainan pada persendian yang umum terjadi antara lain dislokasi, terkilir, dan artritis.

Dislokasi merupakan pergeseran sendi akibat jaringannya ada yang sobek. Kalau terkilir itu sering kita sebut dengan keseleo. Terkilir merupakan tertariknya ligamen (jaringan penghubung antartulang) ke posisi yang bukan semestinya. Ini bisa terjadi kalau kamu melakukan gerakan yang tiba-tiba.

via GIPHY

Coba perhatikan gerakan orang salto pada potongan video di atas. Kalau kamu melakukan gerakan tersebut tapi tidak berhasil, hati-hati. Kaki kamu bisa saja terkilir loh. Apalagi kamu melakukan gerakan tersebut tanpa pengawasan dan pemanasan sebelum melakukannya.

Nah, gangguan persendian juga ada nih namanya Artritis. Gangguan ini menyebabkan kerusakan pada kartilago sendi yang mengakibatkan radang pada sendi. Ada beberapa jenis artritis, salah satunya ialah artritis gout. Jenis artritis ini menyebabkan ruas jari-jari membesar dan sulit digerakkan. Penyebabnya ialah timbunan asam urat pada persendian.

Baca Juga: Macam-Macam Sendi pada Manusia dan Contohnya

3. Gangguan pada Otot

Setelah kamu tahu nih gangguan pada sendi, sekarang kita pelajari gangguan pada otot yuk. Ada tiga macam gangguan pada otot yang sering dialami seseorang. Pertama yakni kelelahan otot atau yang biasa kita sebut dengan kram. Kram ini nggak cuma bisa terjadi pada kaki saja lho, perut dan tangan juga berpotensi terkena kram.

kram otot - contoh gangguan sistem gerak

 

Cara mudah untuk menghindari kram ialah beristirahat dengan cukup. Ngomong-ngomong tentang istirahat yang cukup, dalam beristirahat khususnya saat tidur, kita juga bisa terkena gangguan otot loh. Kamu pernah mendengar ungkapan “salah bantal” tidak?

Nah, salah bantal itu bukan posisi bantalnya yang salah, tapi posisi tidur kita yang salah. Apakah kamu pernah mengalami salah bantal? Bagaimana rasanya? Leher menjadi sakit dan kaku ya? Yaps, ini karena adanya peradangan otot leher sehingga leher menjadi kaku (stiff).

Baca Juga: Otot: Pengertian, Fungsi, Jenis & Cara Kerjanya

Kemudian, gangguan gerak pada otot yang terakhir ialah tetanus. Tetanus merupakan kontraksi otot dalam waktu tertentu. Kamu harus waspada nih Squad, biasanya bakteri Tetanus (Clostridium Tetani) ini ada bisa tertular melalui besi yang berkarat, luka, obat suntik, atau proses tato yang kurang steril.

gangguan sendi dan otot

 

Nah itu tadi beberapa macam gangguang sistem gerak pada manusia, salah satunya kram otot yang dialami oleh Anthony Ginting.  Ingin tahu lebih dalam tentang gangguan sistem gerak manusia? Yuk coba gabung di ruangbelajar. Ada banyak video materi dengan animasi yang keren lho.

IDN CTA Blog ruangbelajar Ruangguru

Referensi: 

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. (2017). Ilmu Pengetahuan Alam Kelas VIII SMP/MTS Edisi Revisi 2017. Jakarta: Balitbang Kemendikbud

Sumber gambar:

GIF ‘Anthony Ginting Kram’ [Daring]. Tautan: https://giphy.com/gifs/3oqq1Cb0x9OjQxfunU

GIF ‘Anak Salto’ [Daring]. Tautan: https://giphy.com/gifs/tZXVI31FWHyvpuoKrh

Artikel ini diperbarui pada 7 Juli 2022.

Tedy Rizkha Heryansyah