Fisika Kelas 8 | Mengenal Jenis-Jenis Cermin

jenis-jenis cermin - header

Artikel IPA kelas VIII kali ini akan membahas jenis-jenis cermin yang ada di kehidupan sehari-hari.

----

Sepertinya nggak mungkin deh kalau di rumah kamu itu nggak ada cermin. Coba lihat di kamar kamu atau kamar orang tua kamu. Pasti ada kan yang namanya cermin? Eh, nggak cuma kamar aja lho yang dikasih cermin, jalanan pun nggak mau kalah. Yaps, kamu pasti pernah melihat cermin seperti ini kan?

jenis-jenis cermin - cermin tikungan

Itu tadi contoh cermin yang ada di jalanan ya Squad. Apa di dekat rumahmu ada cermin seperti itu? Kalau dilihat sekilas, kenapa bentuk permukaannya nggak sama dengan cermin yang ada di rumah ya? Nah, di artikel kali ini kamu bakal tahu tuh ternyata ada beberapa jenis-jenis cermin yang ada di sekitar kita. Sudah nggak sabar? Yuk, simak artikel berikut ini ya Squad.

 

1. Cermin Datar

Pertama, kita akan bahas cermin datar ya. Nah, cermin datar ini merupakan cermin yang sudah umum ada di dalam rumah, Squad. Bentuk permukaannya datar. Biasanya sih dipakai untuk ngaca kan? Sebelum berangkat ke sekolah pasti kamu harus ngaca dulu dong. Entah sisiran atau bahkan dandan dulu.

Cermin datar ini menghasilkan dua macam bayangan yakni bayangan nyata dan bayangan maya (semu). Bayangan nyata terjadi karena sinar-sinar pantulnya saling berpotongan. Nah, kalau bayangan maya (semu) itu terjadi karena terjadi perpotongan perpanjangan sinar pantul.

jenis-jenis cermin - cermin datar

 

2. Cermin Cekung

Jenis cermin yang kedua itu cermin cekung. Dalam kehidupan sehari-hari cermin cekung itu dapat kamu lihat di sendok yang ada di rumah. Ingat Squad, bukan sendok plastik, sendok yang bahannya stainless steel ya. Selain itu juga, reflektor yang ada pada lampu senter, juga menggunakan cermin cekung lho.

Ada empat sifat bayangan yang dibentuk sama cermin cekung nih. Pertama, jumlah ruang letak benda dan letak bayangan selalu 5. Kedua, jika ruang bayangan lebih besar dari ruang benda, maka sifat bayangannya diperbesar. Ketiga, jika ruang bayangan lebih kecil dari ruang benda, maka sifat bayangannya diperkecil. Terakhir, hanya bayangan di ruang 4 yang bersifat maya dan tegak. Selain dari itu bersifat nyata dan terbalik.

Baca Juga: Pengertian Pemantulan Cahaya dan Macam-macamnya

Supaya nggak bingung, perhatikan tabel berikut ini ya.

jenis-jenis cermin - cermin cekung

Nah sekarang kita lanjut ke jenis cermin yang terakhir ya, apa itu?

 

3. Cermin Cembung

Jenis yang ketiga ini sama dengan gambar di awal artikel tadi, Squad. Yaps, cermin tikungan tadi itu permukaannya berbentuk cermin cembung. Cermin dengan sifat cembung seperti ini kebanyakan digunakan dalam dunia transportasi. Selain sebagai cermin tikungan, kamu tahu nggak digunakan sebagai apa lagi?

Ya, spion. Spion motor, mobil, truk, bahkan bus pun menggunakan cermin cembung. Kenapa sih menggunakan cermin cembung? Mudahnya gini Squad, kalau di spion itu, bayangan dari kendaraan orang lain yang bisa kamu lihat di spion, jaraknya nggak sedekat yang kamu kira. Ya, dengan kata lain bayangan kendaraan tersebut aslinya masih agak jauh dari posisi aslinya alias diperkecil. Ini sesuai dengan sifat yang dihasilkan oleh cermin cembung yakni maya, tegak, dan diperkecil.

jenis-jenis cermin - cermin cembung

Jadi, kesimpulannnya itu sifat bayangan dari cermin datar ialah maya, tegak, dan sama besar. Nah, kalau cermin cekung itu hanya bayangan di ruang IV saja yang bersifat maya dan tegak, selebihnya bersifat nyata dan terbalik. Kemudian untuk cermin cembung memiliki sifat bayangan maya, tegak, dan diperkecil.

Gimana Squad penjelasan tentang jenis-jenis cermin di atas? Kalau kamu masih bingung, coba gabung di ruangbelajar yuk. Di ruangbelajar, penjelasannya lebih menarik karena menggunakan video animasi yang keren lho. Dijamin belajar kamu jadi makin seru deh.

 ruangbelajar

Beri Komentar