Messi Patah Tulang Radial, Tulang Bagian Manakah Itu? | Biologi Kelas 8

messi patah tulang - header

Artikel IPA kelas VIII kali ini secara khusus akan membahas tentang insiden patah tulang radial yang dialami Lionel Messi.

Barcelona berhasil menduduki puncak klasmen Liga Spanyol setelah mengalahkan Sevilla dengan skor 4-2 pada pertandingan 20 Oktober 2018. Salah satu gol yang dicetak Barcelona disumbangkan oleh pemain andalannya yang berasal dari Argentina. Kalau kamu penggemar sepakbola khususnya klub Barcelona, pasti tahu dong siapa pemain andalannya? Yuhuuu benar, Lionel Messi.

Beberapa menit setelah mencetak gol kedua untuk Barcelona, Messi harus berhenti dari jalannya permainan. Messi mengalami cedera patah tulang di bagian tangan kanannya karena salah tumpuan saat terjatuh setelah berusaha mempertahankan bola di kakinya. Pemain sekaligus kapten tim nasional Argentina itu harus beristirahat selama kurang lebih tiga pekan untuk proses pengobatan dan pemulihannya. Kasihan ya Squad.

video messi patah tulang

sumber: giphy.com

Coba lihat cuplikan di atas deh Squad, pasti sakit banget tuh. Saat terjatuh, Messi bertumpu pada tangan kanan untuk menahan bobot badannya.

Oh iya, kamu tahu nggak nih tulang bagian mana dari Messi yang mengalami patah? Messi mengalami patah tulang di bagian tulang radius (radial) dari lengan kanannya. Kalau kamu masih ingat artikel tentang tulang penyusun rangka tubuh manusia, pasti kamu tahu letak tulang tersebut.

Tulang radial merupakan salah satu dari bagian anggota gerak atas (upper limbs) yang termasuk ke dalam kerangka apendikular. Fungsi dari kerangka tersebut ialah sebagai penggerak tubuh. Kebayang kan kalau cedera Messi nggak cepat ditangani apa yang akan terjadi?

Diagnosis terhadap Messi bahwa ia mengalami patah tulang radial distal. Patah tulang yang seperti apa tuh, Squad? Begini, kita sebagai manusia memiliki dua tulang utama di lengan bagian bawah yakni tulang hasta atau yang bisa disebut sebagai ulna, serta tulang pengumpil yang disebut sebagai radial. Adanya kedua tulang tersebut tuh kita bisa melakukan gerakan memutar.

messi patah tulang - tulang radial

Tulang radial itu memiliki ukuran yang lebih besar di bagian yang dekat dengan pergelangan tangan. Nah sebaliknya, tulang ulna memiliki ukuran yang lebih besar di bagian yang dekat dengan siku.

Kemudian, penyebutan distal itu dalam istilah medis untuk menyebut bahwa bagian tersebut jauh dari bagian pusat tubuh seperti jantung, paru-paru, otak, dan organ penting lainnya. Kalau misalnya saja yang terjadi ialah patah tulang rusuk tuh, kan dekat dengan paru-paru dan jantung, maka penyebutannya bukan distal tapi proximal.

Lalu, berapa lama pengobatan terhadap penderita patah tulang radial ini?

Manajemen dari Barcelona memberikan konfirmasi bahwa Messi harus beristirahat tiga pekan. Ini juga harus melihat dulu jenis patah tulang radial yang dialami oleh Messi sendiri. Dikutip dari American Academy of Aorthopaedic Surgeons (AAOS), ada tiga tipe patah radial. Tipe pertama hanya perlu penyembuhan beberapa hari. Kemudian, untuk patah radial tipe dua perlu waktu satu sampai dua minggu. Pada tipe ini, orang yang mengalami cedera akan dibantu penyangga dan ikatan sebelum dilakukan fisioterapi.

messi patah tulang - patah tulang

Tipe patah tulang radial yang paling parah yakni tipe ketiga membutuhkan waktu penyembuhan lebih dari dua minggu. Ada kemungkinan tulang tidak bisa disambung lagi dan solusinya harus menggunakan komponen lain sebagai penyambungnya.

Kamu yang mengidolakan Lionel Messi pasti berharap cedera yang dialaminya nggak parah dong? Semoga saja bisa merumput kembali bersama pemain Barcelona yang lain ya.

Nah Squad, kamu pengen nggak tuh jadi olahragawan yang handal seperti Messi? Yuk asah bakat olahragamu dengan bimbingan guru privat yang ahli di bidangnya hanya di ruangles. Ada banyak guru olahraga yang siap membimbing kamu menjadi olahragawan profesional.

IDN CTA Blog ruangles-1 Ruangguru

Tedy Rizkha Heryansyah