Fisika Kelas 9 | Bagaimana Cara Menghilangkan Sifat Kemagnetan?

Menghilangkan Sifat Kemagnetan

Artikel IPA kelas 9 kali ini membahas tentang berbagai cara untuk menghilangkan sifat kemagnetan dari sebuah magnet. 
--

Squad, kalian pernah bermain-main dengan magnet nggak, sih? Magnet ini ada di mana-mana lho. Mulai dari gunting, tempelan kulkas, bahkan sampai di dalam bumi juga ada! Hebat banget, ya? Oh iya, kamu pernah nggak sih mengira-ngira, kemagnetan dari sebuah magnet itu bisa hilang apa nggak? Nah, ternyata bisa, lho! Bagaimana caranya, ya? 

Menghilangkan Sifat Kemagnetan

WAH! Magnetnya bisa menarik uang, Squad! (Sumber: Shutter Stock)

Cara pertama yang bisa dilakukan untuk menghilangkan sifat kemagnetan adalah dengan memukul-mukul magnet. Jadi, magnetnya dipukul ke permukaan suatu benda yang cukup keras secara terus menerus. Atau bisa juga magnetnya dipukul langsung pakai palu, seperti kalau kamu lagi memaku dinding gitu. Jika kamu memukul-mukul magnetnya secara terus menerus, akan terjadi perubahan susunan magnet elementer. Kalau susunan magnet elementernya sudah nggak tersusun secara teratur lagi, nanti mereka nggak akan searah lagi nih. Lama kelamaan, sifat kemagnetannya akan hilang total. 

Baca Juga: Macam-Macam Sifat Tanah Liat dan Gelas

Cara selanjutnya yang bisa kamu gunakan untuk menghilangkan sifat kemagnetan adalah dengan membakar magnet. Membakar dalam konteks ini adalah dengan cara memanaskan magnet tersebut. Setelah magnet dipanaskan, akan terjadi yang disebut dengan penambahan energi. Karena energinya bertambah, magnet elementernya menjadi tidak teratur dan tidak searah lagi. Lama kelamaan, sifat kemagnetannya bisa hilang, deh! 

Menghilangkan Sifat Kemagnetan

Magnetnya jangan dimasukin ke oven juga, ya. Hehehe (Sumber: giphy.com)

Cara terakhir yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan sifat kemagnetan adalah dengan mengaliri magnet tersebut dengan arus bolak-balik. Sama seperti kedua cara sebelumnya, efek sampingnya adalah letak dan arah magnet elementer yang menjadi tidak teratur lagi. Oh iya, arus bolak balik ini dikenal juga dengan nama arus AC. Terus, apa bedanya dong, dengan arus DC? Arus DC ini adalah arus yang searah dan tidak dapat memindahkan energi yang jauh karena akan menyebabkan kehilangan energi. Jangan tertukar ya, Squad! 

Ternyata cara untuk menghilangkan sifat kemagnetan ini mudah, ya. Bahkan ternyata kamu bisa melakukannya sendiri di rumah. Oh iya, kamu ingin belajar lebih lanjut mengenai magnet dan sifat kemagnetannya? Kamu bisa belajar pakai Ruangguru On-The-Go! lho. Tinggal colok USB-nya di HP-mu, lalu selamat menikmati video belajar bebas kuota! Belajar Jadi Mudah kan, Squad? 

ruangguru on the go

Beri Komentar