IPS Kelas 7 | Peran Wirausaha dalam Perekonomian Indonesia

Tedy Heryansyah

Jul 11, 2018 • 5 min read

konsep pelajaran SMP ips vii Kelas VII


IPS_7

Artikel IPS kelas VII ini akan membahas tentang peranan wirausaha dalam perekonomian Indonesia. Ada juga informasi tentang penyebab keberhasilan dan kegagalan dalam berwirausaha.

--

Pernah beli es kepal nggak, Squad? Itu lho es yang lagi booming akhir-akhir ini. Sudah menjamur banget 'kan di pinggiran jalan? Padahal, cuma es batu yang diserut dan dikepal ke dalam mangkok, lalu ditambahkan topping. Tapi kalau dipikir-pikir kenapa bisa laris di pasaran?

Es kepal tersebut merupakan salah satu bentuk wirausaha. Apa itu wirausaha? Ada tiga ahli yang merumuskan pengertiannya. Pertama, menurut Peter Drucker, wirausaha merupakan penciptaan hal baru dan berbeda. Kemudian, Zimmere menyatakan bahwa wirausaha adalah bentuk kreativitas dan inovasi dalam menyelesaikan masalah. Sementara, Kasmir menyatakan dengan lebih rinci lagi kalau wirausaha merupakan jiwa pemberani yang mau mengambil risiko di berbagai kesempatan.

Jadi, wirausaha ialah seseorang yang berani melakukan sesuatu tindakan tertentu dan siap dengan segala risikonya dalam mencapai tujuan.

perekonomian indonesia

Lalu, bagaimana peran wirausaha bagi perekonomian Indonesia?

Setidaknya, wirausaha memiliki tiga peranan dalam ekonomi Indonesia. Pertama, bisa membuka lapangan pekerjaan. Coba kamu bayangkan kalau setiap tahun ada 10.000 wirausaha baru dan tiap wirausaha itu punya 10 karyawan, maka berapa lapangan kerja baru yang tercipta? Kalikan saja jadinya 100.000 lapangan pekerjaan baru, lho!

Kedua, bisa meningkatkan pendapatan nasional. Masih dengan perumpamaan 10.000 wirausaha baru tadi ya. Kalau tiap wirausaha membayar pajak usaha, berapa pendapatan yang diterima negara? Wah, pasti banyak dong, Squad.

Ketiga, mengurangi kesenjangan ekonomi dan sosial. Mudahnya begini, kalau semakin banyak lapangan pekerjaan, maka jarak kesenjangan antara masyarakat akan semakin sempit.

perekonomian indonesia

Baca Juga: Bentuk-bentuk Interaksi Sosial

Kamu tertarik nggak Squad ketika besar nanti ingin menjadi seorang wirausaha? Eits, sebelum meyakinkan diri, ada beberapa informasi nih yang bisa kamu jadikan acuan, “Kira-kira pantas nggak ya merintis sebuah usaha?” Beberapa poin di bawah ini, dapat menjadi pertimbangan:

A. Penyebab Keberhasilan dalam Berwirausaha

Setiap orang pasti ingin berhasil dalam berwirausaha. Nah, berikut penyebab keberhasilan seseorang dalam melakukan wirausahanya.

1. Visi, misi, dan strategi yang jelas

Sebagai orang yang ingin berwirausaha harus memiliki tujuan dan strategi yang jelas dalam melakukan usahanya. Contohnya, aplikasi ojek online yang bermula dari keinginan pemilik usahanya untuk membuat transportasi yang bisa menembus kemacetan Ibukota. Tercetuslah ide mengembangkan aplikasi ini.

2. Melihat atau menciptakan peluang usaha

Masih ingat dengan minuman es cappuccino cincau? Dulu sangat booming 'kan? Pencetus usaha tersebut sangat pintar melihat peluang usaha dengan mengombinasikan antara cappuccino dengan cincau. Jadilah minuman baru yang belum pernah ada sebelumnya.

3. Pantang menyerah

Jangan pernah langsung mengharapkan untuk memperoleh keuntungan saat pertama kali mulai berwirausaha. Tentu saja yanh namanya usaha pasti mengalami untung dan rugi. Oleh karena itu, pantang menyerah merupakan sikap yang wajib dimiliki oleh calon wirausahawan.

4. Mampu mengelola keuangan

Pisahkan antara pendapatan dari hasil berwirausaha dengan keuangan pribadi. Saat memilih untuk berwirausaha, kamu harus mampu mengelola keuangan. Harus ada pembagiannya nih, mana yang digunakan untuk membeli bahan baku, promosi, dan gaji karyawan. Sulit ya kelihatannya? Namanya juga wirausaha.

perekonomian indonesia

B. Penyebab Kegagalan dalam Berwirausaha

Hati-hati Squad, tidak semua wirausaha dapat berhasil. Ada juga kegagalan yang dapat dialami. Walau pasti, tentu saja kita tidak mau hal tersebut terjadi. Oleh karena itu, kamu harus menghindari hal-hal berikut ini.

1. Tidak fokus dan tergesa-gesa

Akan sangat bahaya jika kamu tipe orang yang tergesa-gesa saat berwirausaha. Kenapa? Alasannya, wirausaha membutuhkan proses dan harus fokus dengan visi, misi, serta strategi awal kamu. Kalau kamu melakukannya dengan buru-buru dan ingin cepat mendapatkan hasil, justru nanti malah merugi.

2. Pengelolaan keuangan yang buruk

Usaha yang bangkrut pasti memiliki sistem pengelolaan keuangan yang buruk. Mungkin karena korupsi atau dibelanjakan tanpa perhitungan yang matang. Keuangan dalam berwirausaha wajib dicatat ya Squad, baik pemasukkan ataupun pengeluarannya.

3. Putus asa saat mengalami kerugian

Baru menjalankan wirausaha dan mengalami rugi? Lalu, setelah itu tidak mau melanjutkan lagi usahanya. Nah, itu yang namanya berputus asa. Mudah menyerah dengan situasi dan tidak mau belajar dari kesalahan justru dapat menyebabkan kerugian.

4. Tidak memahami mengenai usaha yang dijalankan

Kembali lagi ke tujuan awal. Sebelum melakukan usaha, kamu harus sudah tahu nantinya bagaimana usaha ini akan berkembang? Apakah punya manfaat untuk orang banyak atau hanya menghasilkan keuntungan untuk diri sendiri?  

Gimana Squad, sekarang kamu sudah jadi lebih tahu 'kan bagaimana peran wirausaha dalam perekonomian Indonesia? Ditambah juga indikator penyebab keberhasilan dan kegagalan dalam berwirausaha. Kalau kamu ingin belajar kelompok bersama teman-teman di seluruh Indonesia untuk membahas hal ini, yuk gabung di Ruangguru digitalbootcamp. Ada guru standby juga yang dapat membantumu memberi solusi mengenai materi pelajaran. Buatlah #BelajarJadiSeru mulai dari sekarang!

New Call-to-action

Beri Komentar

Recent Posts