Geografi Kelas 8 | Interaksi Antar Ruang Indonesia dan ASEAN

Interaksi Antar Ruang Indonesia dan ASEAN

Pada artikel IPS kelas VIII kali ini akan dibahas mengenai interaksi antar ruang Indonesia dan negara-negara tetangganya yang berada di lingkup wilayah ASEAN.  
--

Squad, hayo ada yang masih ingat nggak, Indonesia ini ada di benua apa? Yap! Ada di benua Asia, lebih tepatnya di Asia bagian tenggara. Masih ingat juga dong, negara-negara yang berada di Asia Tenggara tergabung dalam suatu organisasi kebangsaan? Apa coba namanya? Betul banget, namanya ASEAN. Kira-kira, di dalam ASEAN ini ada interaksi antar negaranya nggak, sih? Ada dong. Negara kita juga ikut berinteraksi dengan negara-negara tetangga yang ada di ASEAN. Ingin tau apa saja bentuk interaksi di ruang lingkup ASEAN? Kuy, kita belajar bareng-bareng! 

Interaksi Antar Ruang Indonesia dan ASEAN

Bendera Negara-Negara ASEAN (Sumber: cahsmun.org)

Kira-kira, apa sih alasan di balik adanya interaksi antar ruang di negara-negara ASEAN? Nah, interaksi ini terjadi karena setiap negara tentu memiliki keunggulan dan kekurangannya masing-masing, yang tentu saja berbeda antara satu negara dengan negara lainnya. Keunggulan dan kekurangannya juga tersebar di berbagai sektor yang berbeda-beda. Oleh karena itu, tentu perlu adanya interaksi antar ruang untuk saling melengkapi satu sama lain. Kamu sudah bisa menebak belum, nih tujuannya interaksi antar ruang? Diingat ya, interaksi antar ruang ini tujuannya untuk memenuhi kebutuhan setiap negara dan tentu saja untuk menjalin kerja sama antar negara. 

Interaksi Antar Ruang Indonesia dan ASEAN

Kira-kira, kalau berdasarkan sub judulnya, ekspor dan impor ini berkaitan dengan bidang apa, sih? Betul! Berkaitan dengan bidang perdagangan. Salah satu negara yang sering melakukan interaksi ekspor impor dengan Indonesia adalah Thailand. Kira-kira apa aja ya interaksi ekspor impor antara Indonesia dan Thailand?

Indonesia ternyata pernah melakukan impor beras dan gula dari Thailand lho, Squad. Indonesia melakukan hal tersebut karena produksi beras dan gula pernah mengalami penurunan, sehingga tidak mampu memenuhi kebutuhan masyarakat secara luas. Di sisi lain, produksi kedua komoditi tersebut cukup melimpah di Thailand. Jadi, terjadilah kegiatan ekspor-impor antara Indonesia dan Thailand. Kira-kira, Indonesia pernah melakukan ekspor-impor dengan negara lainnya di ASEAN, nggak ya? 

Interaksi antar ruang

Interaksi Antar Ruang

Selain berkaitan dengan kegiatan ekspor-impor ini, interaksi antar ruang juga berkaitan dengan pendistribusian SDM. Wah, maksudnya seperti apa, tuh? Jadi, tidak hanya barang-barang atau bahan baku nih yang bisa dikirim ke negara lain, tetapi juga sumber daya manusia. Oh, bentuknya berarti pengiriman tenaga kerja gitu? Yap, betul sekali! Contohnya distribusi tenaga ahli seperti dokter, perawat, atau teknisi. Dengan diadakannya distribusi tenaga ahli tersebut, akan ada yang namanya transfer teknologi dan transfer ilmu juga dong. Wah! Seru banget ya. 

Squad, ternyata interaksi antar ruang yang terjadi antar negara itu sangat dibutuhkan dan penting adanya, ya. Meskipun demikian, kita tidak boleh terlalu bergantung dengan bantuan dari negara lain, ya. Sebagai generasi penerus bangsa, kamu harus belajar yang rajin nih supaya bisa terus mengembangkan diri. Bingung mau belajar di mana? Yuk, belajar pakai Ruangguru digitalbootcamp! Kamu bisa belajar di mana saja, kapan saja, hanya lewat group chat di HP-mu, lho! Terus, ada yang ngajarinnya nggak, nih? Ada dong. Ada tutor berpengalaman dan standby buat bantu kamu belajar. Kuy, ikutan sekarang! 

New Call-to-action

Beri Komentar