Geografi Kelas 9 | Dampak Interaksi Antar Ruang di Bidang Ekonomi

Interaksi Antar Ruang di Bidang Ekonomi

Artikel IPS kelas IX ini akan membahas mengenai dampak interaksi antar ruang di negara-negara ASEAN, khususnya di bidang Ekonomi. 
--

Squad, kalian tentu sudah familiar dengan istilah interaksi antar ruang, kan? Atau masih perlu diingatkan lagi? Interaksi antar ruang ini merupakan salah satu interaksi yang penting, lho. Pentingnya interaksi antar ruang ini tidak hanya dirasakan oleh antar manusia, tapi juga oleh bidang-bidang lain, salah satunya bidang ekonomi. Ada dampak positif dan dampak negatif yang bisa dibahas lebih lanjut, lho! Yuk, belajar bareng-bareng!

Interaksi Antar Ruang di Bidang Ekonomi

Belajar ekonomi itu erat kaitannya dengan grafik-grafik, lho! (Sumber: Shutter Stock)

Nah, sebelum kita mengetahui mengenai dampak positif dan negatif di bidang ekonomi, kita terlebih dahulu mengulang sedikit tentang interaksi antar ruang itu sendiri, ya! Yang dimaksud dengan ruang adalah tempat di permukaan bumi yang bisa dimanfaatkan mahkluk hidup untuk tinggal, baik secara keseluruhan maupun hanya sebagian. Sedangkan interaksi adalah suatu proses yang sifatnya timbal balik dan mempunyai pengaruh terhadap tingkah laku. Interaksi ini bisa terjadi baik secara langsung maupun tidak langsung, ya. Nah, lalu interaksi antar ruang itu apa, dong? Interaksi antar ruang adalah cara mengelola ruang-ruang berdasarkan potensi dan permasalahannya serta keterkaitan suatu ruang dengan ruang-ruang yang ada di sekitarnya. Oh iya, interaksi antar ruang ini banyak jenisnya. Jenis-jenisnya antara lain berupa pergerakan orang, barang, dan informasi. 

Baca Juga: Mengenal Kebijakan Fiskal

Lalu, ada berapa aspek yang berpengaruh sih dalam suatu interaksi antar ruang, khususnya di bidang ekonomi? Ada 5 aspek yang berpengaruh, lho. Kelima aspek tersebut adalah aspek produksi, aspek pembiayaan, aspek tenaga kerja, aspek jaringan informasi, dan aspek perdagangan. Pada aspek produksi, fokusnya adalah bagaimana suatu perusahaan bisa melakukan produksi di berbagai negara supaya biaya produksinya menjadi lebih rendah. Sedangkan aspek pembiayaan bertujuan supaya sebuah perusahaan, khususnya perusahaan global, memiliki akses untuk memperoleh pinjaman atau melakukan investasi di berbagai negara. 

Nah, kalau aspek tenaga kerja menitikberatkan pada kemampuan suatu perusahaan untuk memanfaatkan tenaga kerja sesuai dengan kebutuhannya. Tenaga kerjanya ini tidak hanya tenaga kerja lokal, lho. Tapi juga tenaga kerja asing dari berbagai negara yang berbeda-beda. Kalau fokusnya aspek jaringan informasi itu apa, hayo? Wah betul banget. Aspek jaringan informasi ini lebih menekankan pada kemudahan untuk mendapatkan informasi dari negara-negara lain di seluruh dunia karena sudah adanya kemajuan teknologi. Dengan semakin meluasnya jaringan informasi ini, kegiatan perekonomian antar negara juga bisa menjadi semakin mudah. Oh iya, masih ada aspek terakhir! Aspek terakhir ini namanya aspek perdagangan. Aspek perdagangan ini melakukan penurunan dan penyeragaman tarif, serta mencoba menghapus berbagai hambatan non tarif yang bisa membuat kegiatan perekonomian tersendat. 

Interaksi Antar Ruang Negara ASEAN

Kalau sudah besar, kamu mau jadi apa? (Sumber: Shutter Stock)

Setelah berkenalan dengan aspek-aspeknya, sekarang kita coba lihat dampak positif dan dampak negatifnya, ya!

Interaksi antar ruang dalam bidang ekonomi

Wah, ternyata dampaknya cukup luar biasa, ya! Meskipun sudah banyak bantuan yang bisa didapatkan dari luar negeri, Indonesia tetap harus terus berusaha supaya bisa tambah maju. Kamu mau tau nggak caranya gimana? Caranya adalah dengan belajar yang rajin, Squad! Supaya kamu makin rajin belajarnya, yuk belajar pakai Ruangguru digitalbootcamp. Kamu bisa belajar dengan kakak tutor standby dan berkenalan dengan teman-teman seluruh Indonesia hanya lewat group chat, lho! Kuy, download sekarang!

Daftar RGDB Sekarang!

Beri Komentar