Mengenal Macam-Macam Suku Bangsa di Dunia | IPS Kelas 9

Suku Bangsa di Seluruh Dunia

Artikel IPS Kelas 9 kali ini akan membahas keberagaman suku bangsa di dunia. 

Siapa yang sudah pernah bepergian ke luar negeri? Kalau kalian sudah pernah, tentu kalian bertemu dengan banyak orang yang memiliki latar belakang suku bangsa yang berbeda ya. Di dunia ini, ada banyak sekali suku bangsa yang berbeda-beda, lho! Oleh karena itu, suku bangsa tersebut digolongkan ke dalam kelompok-kelompok tertentu.

Tahukah kamu apa yang dimaksud dengan penggolongan suku bangsa? Penggolongan suku bangsa adalah proses klasifikasi individu berdasarkan ciri fenotip, asal usul geografis, wujud jasmani, dan tradisi suku. Pengelompokkan suku bangsa yang kita bahas kali ini adalah pengelompokan biologis, ya!

 

Benua Asia

Ternyata di benua Asia terdapat empat macam induk bangsa, lho. Ada apa saja, ya? Ada Mongoloid, Melayu, Dravida, dan Kulit Putih. Wah, Indonesia termasuk ke dalam induk bangsa melayu, kan? Yes, betul banget! Sekarang coba kita bahas satu persatu, ya.

 

Induk Bangsa Mongoloid

Kira-kira, induk bangsa Mongoloid ini ciri-ciri fisiknya seperti apa ya? Ciri-cirinya adalah berkulit putih atau kuning, rambut berwarna hitam dan lurus, mata sipit, dan memiliki ukuran tubuh yang cenderung kecil. Bangsa yang termasuk bangsa Mongoloid adalah Tiongkok, Jepang, Mongolia, Korea, Tibet, Mancuria, Kirgis, Myanmar, dan Thailand.

Baca Juga: Dampak Interaksi Antar Ruang di Bidang Ekonomi

 

Induk Bangsa Melayu

Hayo, mayoritas dari kalian pasti sudah cukup familiar dengan ciri-ciri fisik induk bangsa Melayu, kan? Yes, mereka yang termasuk ke dalam induk bangsa Melayu memiliki rambut hitam, kulit sawo matang, dan tinggi tubuh yang bisa dikategorikan sedang. Mirip kamu, ya? Hehehe. Induk bangsa Melayu menempati daerah-daerah Kepulauan Indonesia, Kepulauan Filipina, dan Jazirah Malaka.

 

Induk Bangsa Dravida

Kalau induk bangsa Dravida itu ciri-ciri fisiknya seperti apa, ya? Induk bangsa Dravida memiliki ciri-ciri kulit warna hitam, postur tubuh pendek, bentuk hidung pesek, rambut keriting, dan warna bola mata coklat. Bangsa Dravida menempati daerah-daerah di Sri Lanka dan India bagian Selatan.

 

Induk Bangsa Kulit Putih

Induk bangsa Kulit Putih tinggal di kawasan Asia Kecil, yaitu bangsa-bangsa Arab, Iran, Yahudi, Armenia, dan Hindu yang sebagian bertempat tinggal di Pakistan dan India. Mereka yang termasuk ke dalam induk bangsa Kulit Putih memiliki pigmentasi kulit putih, meskipun beberapa dari mereka tidak memilikinya secara keseluruhan.

 

Benua Afrika

Tahukah kamu, benua Afrika merupakan benua terbesar kedua, lho! Benua Afrika juga merupakan tempat asal bangsa negro yang populasinya juga sudah tersebar di seluruh dunia. Selain itu, di Afrika juga terdapat kebudayaan dan variasi agama, bahasa, dan suku yang berbeda-beda. Yuk, sekarang kita simak jenis-jenis suku bangsa di Afrika!

Ada 3 suku bangsa di Afrika. Suku bangsa yang pertama ini namanya bangsa negro. Bangsa Negro adalah suku bangsa utama di Afrika yang berkulit hitam. Oleh karena itu, Afrika disebut sebagai benua hitam, guys! Suku bangsa yang kedua disebut dengan bangsa Khoisan. Bangsa Khoisan ini adalah bangsa tertua dari ras manusia, lho!

Seperti bangsa Negro, bangsa Khoisan juga berkulit hitam dan berambut keriting. Bangsa yang ketiga disebut dengan bangsa Kulit Putih. Bangsa Kulit Putih ini tersebar di Afrika Utara dan Afrika Selatan. Ada 3 kelompok bangsa Kulit Putih, nih. Ketiga kelompok tersebut adalah bangsa Hamit, bangsa Semit, dan bangsa Indo-Eropa. Diingat-ingat ya!

 

Benua Eropa

Hayo, siapa di antara kalian yang kelak ingin tinggal di Eropa? Psst tahukah kamu, benua Eropa terbentuk sebagai akibat dari proses separasi Asia. Jadi awalnya, Eropa itu bukan sebuah benua sendiri, lho. Menurut ciri-ciri fisiknya, bangsa eropa dibagi menjadi 3 kelompok, yaitu bangsa Nor, bangsa Alpen, dan bangsa Mediteran.

Baca Juga: Interaksi Antar Ruang: Bentuk Kerjasama Antar Negara

Bangsa Nor ini memiliki ciri-ciri rambut pirang, bermata biru, memiliki tengkorak panjang, dan bentuk muka yang cenderung sempit. Biasanya bangsa Nor tersebar di Norwegia, Inggris, Denmark, Jerman Utara, dan Belanda Utara. Bangsa selanjutnya adalah bangsa Alpen. Kalau bangsa Alpen ini memiliki rambut dan mata yang berwarna hitam.

Selain itu, mereka juga cenderung tidak begitu tinggi dengan tengkorak dan mata yang lebar. Lalu, bagaimana dengan bangsa Mediteran? Bangsa Mediteran memiliki bentuk fisik yang kurang lebih sama dengan bangsa Nor, tetapi rambut dan matanya berwarna hitam. Bangsa Mediteran ada di daerah Portugal, Spanyol, Italia Selatan, dan Yunani.

 

Benua Amerika

Kamu sudah tau belum, Amerika Serikat, salah satu negara di benua Amerika, adalah negara yang dijuluki negara Super Power, lho! Amerika Serikat dikenal seperti itu karena memiliki ekonomi dan kekuataan militer terbaik di dunia. Keren banget, ya!

Penduduk benua Amerika terdiri atas penduduk asli, penduduk pendatang, dan penduduk campuran. Penduduk aslinya adalah suku eskimo dan Indian. Sedangkan penduduk pendatangnya berasal dari berbagai benua yang terdiri atas tiga ras utama, yaitu ras Negroid dan Afrika, Ras Mongolia dari Asia, dan Ras kaukasoid yang berkulit putih dari Eropa.

 

Benua Australia

Apakah kalian tahu bahwa Australia pertama ditemukan oleh bangsa Eropa pada abad ke-7 dan didirikan oleh tahanan-tahanan Inggris? Penduduk asli dari Australia adalah suku aborigin. Ciri-ciri penduduk aborigin adalah berkulit hitam, rambut keriting , bibir tebal, dan berkelopak mata lurus. Diperkirakan suku Aborigin telah menetap di Australia sejak 60.000 tahun lalu. Jumlah penduduk Aborigin sangat kecil jika dibandingkan dengan para pendatang.

macam-macam suku bangsa di dunia

Akhirnya selesai deehhhh! Gimana? Sudah mengerti tentang perubahan keruangan dan interaksi antarruang negara-negara Asia dan benua lainnya? Jika belum, yuk belajar bersama di ruangbelajar! Di sana, kamu bisa belajar banyak materi pelajaran yang dikemas dengan video animasi menarik. Jadiii, kamu lebih mudah paham dehh!

IDN CTA Blog ruangbelajar for desktop Ruangguru

Nicholas Suhadi