Jadi Mahasiswa Berprestasi, Siapa Takut? Simak Tipsnya Berikut!

Anggraeni Puspitasari

Aug 1, 2019 • 4 min read

Siap kuliah


mahasiswa berprestasi beasiswa kuliah program online

Artikel ini memberikan informasi tentang tips-tips serta hal-hal yang perlu diperhatikan untuk mewujudkan cita-cita menjadi mahasiswa berprestasi.

--

Halo, mahasiswa baru! Mau ngapain aja sih selama kuliah nanti? Kuliah pulang atau kuliah nongkrong, nih? Jadi mahasiswa berprestasi sebenarnya bisa dicoba lho. Tapi, apa kamu sudah paham betul tentang konsep mahasiswa berprestasi ini? Tidak ada salahnya untuk mempersiapkan segala sesuatunya dari awal kamu berkuliah. Tinggal hitungan hari, perjalanan dan petualangan baru kamu akan dimulai. Sudah siap belum, nih? Apa saja sih yang perlu diperhatikan? Simak info ini dulu dong.

1. Komitmen pada kegiatan akademik

mahasiswa berprestasi beasiswa kuliah program onlineFokus dalam perbaikan akademik (Sumber: rappahannockunitedway.org)

Proses seleksi untuk menjadi mahasiswa berprestasi dimulai dengan tahapan seleksi akademik, termasuk di dalamnya minimal nilai Indeks Prestasi Kumulatif (IPK). Nilai minimal IPK yang diperlukan apabila kamu ingin menjadi mahasiswa berprestasi ialah 3,00. Usaha mempertahankan nilai IPK untuk tetap stabil atau bahkan meningkat dapat dikatakan gampang-gampang sulit, nih. Bagaimana tidak? Kamu harus memenuhi kewajiban akademik, seperti tugas, kuis, praktik lapangan serta kegiatan di luar akademik lainnya secara bersamaan. Belum lagi kamu perlu bersaing dengan mahasiswa satu jurusan, fakultas, universitas, hingga tingkat nasional nanti.

2. Aktif berorganisasi

mahasiswa berprestasi beasiswa kuliah program onlineAktif dalam kompetisi internasional (Sumber: goodnewsfromindonesia.id)

Bukan hanya persoalan prestasi akademik, seorang mahasiswa berprestasi juga perlu untuk aktif berorganisasi lho. Kegiatan kokurikuler dan ekstrakurikuler yang kamu ikuti dapat menjadi poin penilaian penting. Dalam tahapan seleksi mahasiswa berprestasi tingkat nasional, prestasi dalam bidang tertentu seperti seni atau olahraga yang telah mendapatkan penghargaan terhitung dalam penilaian. Kamu diperbolehkan untuk menuliskan hingga sepuluh prestasi unggulan yang dibanggakan, termasuk di dalamnya organisasi dan kompetisi yang telah diikuti.

3. Kepribadian jadi poin penting

Ingin menjadi mahasiswa berprestasi? Saatnya bagi kamu melatih kemampuan perlu berbicara di depan umum. Salah satu tahapan seleksi dan yang menjadi poin penting penilaian ialah penyampaian presentasi hasil karya ilmiah milikmu. Selain itu juga, kemampuan berbicara dan menyampaikan pendapat secara logis dan berdasarkan fakta juga perlu dilatih lho, Squad. Kesantunan berbicara serta sikap disiplin merupakan bagian dari penilaian juga, nih.

4. Bersosialisasi dan membangun relasi

mahasiswa berprestasi beasiswa kuliah program onlineMahasiswa berbaur dengan masyarakat (Sumber: kitabisa.com)

Setiap kandidat mahasiswa berprestasi wajib mempersiapkan sebuah karya tulis ilmiah. Nah, proses penulisan dan penelitian dari karya ilmiah ini membutuhkan observasi langsung ke lapangan tempat penelitian. Sudah dapat dibayangkan bahwa prosesnya cukup panjang dan memakan waktu. Tidak jarang, kandidat dituntut untuk bersosialisasi dan membaur dengan masyarakat sekitar tempat penelitian.

Dalam kehidupan sehari-hari di kampus pun, kamu butuh untuk bersosialisasi, baik dengan teman sejurusan, satu organisasi, bahkan karyawan kantin di kampusmu. Tidak lupa, membangun relasi yang baik dengan dosen juga penting lho. Kelilingilah dirimu dengan orang-orang yang mampu mendukungmu untuk menjadi pribadi yang lebih baik.

5. Sikap tidak merasa unggul atau lebih baik dari yang lain

Salah satu sikap yang perlu untuk dimiliki dalam diri ialah rendah hati dan tidak merasa unggul. Bersaing dengan ribuan mahasiswa lainnya tentu bukan hal yang mudah. Masing-masing kandidat memiliki prestasi yang dapat dibanggakan, termasuk diri kamu sendiri. Namun, merasa tinggi hati atas pencapaian sendiri bukanlah sesuatu yang harus kamu pelihara ya, Squad. Teruslah belajar, berkompromi, toleransi, dan terbuka dengan berbagai perbedaan pendapat.  

Gimana? Masih ada waktu kok biar cita-cita jadi mahasiswa berprestasinya terwujud. Nah, bagi yang baru ingin melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi, siap-siap dari sekarang nggak ada salahnya lho. Maksimalkan waktumu untuk belajar, ya.

Tapi, kalau di tengah jalan kamu kesulitan belajar, langganan ruangbelajar! Cuma di ruangbelajar kamu jadi bisa lebih ngerti dan paham materi dengan cara yang nggak membosankan. Ada ratusan latihan soal dan pembahasan khusus buat kamu biar pengetahuan kamu semakin tajam!

New Call-to-action

 

 

Beri Komentar

Recent Posts