Penting! Jadwal SNMPTN 2021 beserta Syarat dan Ketentuannya

SNMPTN 2021

Mau tahu jadwal SNMPTN 2021 beserta syarat dan ketentuannya? Simak penjelasan dari LTMPT berikut ini.

Apakah kamu menunggu-nunggu pengumuman tentang ketentuan jalur seleksi masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di tahun 2021 mendatang? LTMPT telah menetapkan ada tiga jalur seleksi masuk PTN 2021 yaitu Seleksi Nasional Masuk PTN (SNMPTN), Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK), serta Seleksi Bersama Masuk PTN (SBMPTN). Nah, kali ini kita akan membahas mengenai SNMPTN 2021.

SNMPTN merupakan seleksi masuk PTN yang dilakukan berdasarkan hasil penelurusan prestasi akademik dan/atau portofolio calon mahasiswa. Proses SNMPTN 2021 dapat diikuti oleh siswa SMA/MA/SMK kelas 12 yang akan lulus di tahun 2021 yang memiliki prestasi unggul. Keputusan apakah siswa bisa ikut SNMPTN atau tidak sepenuhnya ditentukan kepada pihak sekolah.

Mau tahu lebih lanjut mengenai jadwal, ketentuan, dan syarat SNMPTN 2021? Ini dia!

Jadwal SNMPTN 2021

WhatsApp Image 2020-12-14 at 12.15.59

Syarat Peserta SNMPTN 2021

  1. Siswa SMA/MA/SMK kelas terakhir (kelas 12) pada tahun 2021 yang memiliki prestasi akademik unggul
  2. Memiliki prestasi akademik dan memenuhi persyaratan yang ditentukan oleh masing-masing PTN
  3. Memiliki Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) dan terdaftar di PDSS
  4. Memiliki nilai rapor semester 1 sampai 5 yang telah diisikan di PDSS oleh pihak sekolah
  5. Peserta yang memilih program studi bidang seni dan olahraga wajib mengunggah portofolio
  6. Peserta dapat memilih dua program studi dari satu PTN atau dua PTN
  7. Jika memilih dua program studi, salah satunya harus berada di PTN pada provinsi yang sama dengan SMA/MA/SMK asalnya
  8. Jika memilih satu program studi, dapat memilih PTN yang berada di provinsi manapun
  9. Disarankan untuk tidak lintas minat (tergantung pada ketentuan PTN yang dituju)
  10. Memiliki akun LTMPT untuk mengikuti seleksi masuk PTN, baik itu SNMPTN, UTBK, atau SBMPTN

Syarat Sekolah SNMPTN 2021

  1. SMA/MA/SMK yang memiliki Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN)
  2. Ketentuan akreditas, yaitu akreditasi A: 40% terbaik di sekolahnya, akreditasi B: 25% terbaik di sekolahnya, dan akreditasi C: 5% terbaik di sekolahnya
  3. Mengisi PDSS
  4. Data siswa yang diisikan hanya yang eligible sesuai dengan ketentuan

Perubahan SNMPTN 2021 dibandingkan 2020

1. Tidak semua data siswa harus diinput ke PDSS

Pada SNMPTN 2021 tidak semua data siswa dari Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) dimasukkan ke LTMPT. Hanya siswa yang eligible sesuai status akreditasi sekolah yang harus mengisi PDSS. Hal ini dilakukan dengan tujuan efisiensi.

2. Kuota sekolah akan berbeda-beda 

Kuota SNMPTN 2021 untuk masing-masing sekolah akan diumumkan secara terbuka. LTMPT akan menentukan kuota sekolah dari akreditasi sekolah dan jumlah siswa kelas paralel (IPA, IPS, atau Bahasa). Setelah itu, LTMPT akan mengumumkan secara terbuka kuota masing-masing sekolah di Indonesia untuk mengikuti SNMPTN. Setelah kuota diumumkan, sekolah bisa menentukan siapa saja siswanya yang dapat mengikuti SNMPTN.

3. Pilihan program studi

Pada SNMPTN 2021, ada perubahan dalam ketentuan pilihan program studi. Apabila kamu memilih dua program studi, salah satu harus berada di PTN pada provinsi yang sama dengan asal sekolah. Namun, jika kamu hanya memilih satu program studi, maka kamu dapat memilih PTN yang berada di provinsi manapun. LTMPT menyarankan untuk tidak lintas minat dalam memilih jurusan.

Sudah cukup jelas ‘kan? Apabila masih ada hal yang belum kamu pahami atau ingin ditanyakan, sebaiknya langsung liat pengumuman resmi dari LTMPT atau berdiskusi dengan pihak sekolah. Jangan lupa untuk terus semangat mempersiapkan ujian seleksi masuk PTN di ruangbelajar.

IDN CTA Blog ruangbelajar Ruangguru

Referensi:

Kasih, Ayunda Pininta. Jadwal dan Syarat Pendaftaran SNMPTN, UTBK, SBMPTN 2021. Kompas.com [daring]. Tautan: https://www.kompas.com/edu/read/2020/12/12/170637371/jadwal-dan-syarat-pendaftaran-snmptn-utbk-sbmptn-2021?page=all (Diakses: 14 Desember 2020)

Ramadhani, Yulaika. Jadwal Pendaftaran SNMPTN, UTBK, SBMPTN 2021 yang Dimulai 4 Januari. Tirto.id [daring]. Tautan: https://tirto.id/jadwal-pendaftaran-snmptn-utbk-sbmptn-2021-yang-dimulai-4-januari-f75g (Diakses: 14 Desember 2020)

Shabrina Alfari

Content Writer and Content Performance at Ruangguru. Hope my writing finds you well and help you learn a thing or two! :D