Siap-siap! Jadwal SNMPTN, UTBK, dan SBMPTN Tahun 2020

Shabrina Alfari Nov 15, 2019 • 2 min read


jadwal SNMPTN, UTBK, SBMPTN 2020

Artikel ini memberikan jadwal lengkap SNMPTN, UTBK, dan SBMPTN tahun 2020 untuk kamu siswa-siswi kelas 12

--

Halo, siswa-siswi kelas 12! Sudah harap-harap cemas menunggu jadwal resmi untuk SNMPTN, UTBK, dan SBMPTN tahun 2020 mendatang? Akhirnya, saat yang kamu tunggu-tunggu pun tiba. Melalui website resminya, Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) di ltmpt.ac.id mengumumkan jadwal lengkap pelaksanaan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK), dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2020.

Baca juga: Prediksi Soal Fisika UTBK SBMPTN 2020

UTBK sendiri merupakan metode tes yang telah digunakan dalam Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri di tahun 2019 lalu. Sudah siap melihat jadwalnya? Ayo, siapkan catatanmu sekarang!

Jadwal SNMPTN 2020

jadwal SNMPTN, UTBK, SBMPTN 2020

Jadwal UTBK 2020

jadwal SNMPTN, UTBK, SBMPTN 2020

Jadwal SBMPTN 2020

jadwal SNMPTN, UTBK, SBMPTN 2020

Sebelumnya, Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) sempat berencana untuk memajukan jadwal Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) 2020. Tujuannya adalah agar di awal tahun 2020 para siswa sudah dapat mengetahui mereka diterima di perguruan tinggi negeri dan program studi tertentu. Dengan demikian, siswa pun bisa lebih berfokus menyiapkan diri untuk mengikuti Ujian Nasional.

Namun, wacana ini terbukti tidak jadi dijalankan. Pendaftaran UTBK 2020 baru akan dibuka pada akhir Maret hingga awal April. Kamu pun masih mempunyai waktu beberapa bulan lagi untuk terus mempersiapkan diri agar lebih matang dalam menghadapi UTBK 2020.

Baca juga: Strategi Anti Bingung untuk Kamu yang Siap Tembus PTN 2020

Psst, ada info baru juga nih. Di tahun 2020 mendatang, UTBK hanya dapat diikuti 1 kali. Menurut LTMPT, hasil UTBK 1 dan ke 2 pada 2019 lalu tidak jauh berbeda, bahkan banyak nilai di UTBK 2 yang lebih rendah. Selain itu, UTBK campuran pun akan diadakan lagi. Masih bingung? Tunggu artikel selanjutnya ya.

Apa pun perubahan dalam sistem penerimaan mahasiswa baru, jangan sampai menurunkan fokus dan semangat kamu dalam belajar. Kalau kamu sudah siap, tiap perubahan yang terjadi tidak akan menghambat atau mengganggu persiapan kamu untuk bisa masuk ke kampus impian.

Walaupun masih ada waktu sekitar lima bulan lagi sampai waktu pelaksanaan UTBK, kamu wajib terus memaksimalkan persiapan kamu dari sekarang. Apalagi kuota untuk SNMPTN lebih kecil dibandingkan SBMPTN dan Ujian Mandiri. So, memperbanyak latihan soal, memahami jenis dan pola soal UTBK, serta lebih sering mengikuti TO penting banget untuk kamu lakukan.

Kamu juga bisa lho memanfaatkan fitur banksoal yang ada di aplikasi Ruangguru. Selain itu, perdalam juga pemahaman kamu akan konsep materi melalui video beranimasinya. Ayo, siap SNMPTN, UTBK, dan SBMPTN 2020 bersama ruangbelajar.

ruangbelajar

Beri Komentar