Jangan Kelewatan! Informasi Pendaftaran Perguruan Tinggi Kedinasan 2019

Shabrina Alfari

Apr 23, 2019 • 3 min read

Siap kuliah Ujian Mandiri


perguruan tinggi kedinasan

Artikel ini memberikan informasi seputar pendaftaran Perguruan Tinggi Kedinasan 2019, mulai dari tanggal hingga syarat dan ketentuan

--

Squad, apakah kamu bercita-cita untuk kuliah di Perguruan Tinggi Kedinasan? Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KEMENPAN RB) sudah mengumumkan Sembilan belas Perguruan Tinggi Kedinasan yang membuka pendaftaran di bulan April 2019 ini. Seperti yang tercantum dalam surat pengumuman nomor: B/3939/S.SM.01.00/2019 yang ditandatangani oleh Sekretaris Kemen PANRB, Dwi Wahyu Atmaji, akan tersedia sebanyak 9.176 kursi calon siswa-siswi atau taruna-taruni.

Badan kementerian yang membuka pendaftaran Perguruan Tinggi Kedinasan di bulan April 2019 adalah berikut ini:

  • Kementerian Keuangan (Politeknik Keuangan Negara STAN) membuka 3.000 formasi
  • Kementerian Dalam Negeri (Institut Pemerintahan Dalam Negeri) sebanyak 1.700 formasi
  • Badan Siber dan Sandi Negara (Sekolah Tinggi Sandi Negara) membuka 100 formasi
  • Kementerian Hukum dan HAM (Poltekip dan Poltekim) membuka 600 formasi
  • Badan Intelijen Negara (Sekolah Tinggi Intelijen Negara) sebanyak 250 formasi
  • Badan Pusat Statistika (Politeknik Statistika Sekolah Tinggi Ilmu Statistik) sebanyak 600 formasi
  • Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (Sekolah Tinggi Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika) sebanyak 250 formasi
  • Kementerian Perhubungan dengan 11 Sekolah Tinggi, Poltek, dan Akademi membuka 2.676 formasi

Semua Perguruan Tinggi Kedinasan ini akan membuka waktu pendaftaran pada tanggal 9 April hingga 30 April 2019.

perguruan tinggi kedinasanSekolah kedinasan (Sumber: educenter.id)

Pada kesempatan kali ini, peserta hanya diperbolehkan untuk mendaftar satu program studi pendidikan kedinasan. Jika kamu mendaftar lebih dari satu, maka otomatis akan gugur. Proses penerimaan sendiri akan dilakukan melalui beberapa tahap proses seleksi. Dwi Wahyu Atmaji juga menegaskan jika penerimaan akan dilakukan secara transparan. Kelulusan tidak dapat diatur oleh pihak tertentu, apalagi menggunakan sejumlah biaya.

Syarat dan Ketentuan Penerimaan

  • Peserta wajib melakukan pendaftaran secara online di website https://sscasn.bkn.go.id/
  • Calon peserta hanya boleh mendaftar di satu program studi dari delapan instansi/lembaga pendidikan kedinasan. Apabila mendaftar dua program studi atau lebih, maka peserta akan dinyatakan gugur.
  • Seleksi dilakukan secara bertahap di masing-masing Kementerian atau Lembaga. Salah satu tahapan seleksi yakni Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) menggunakan Computer Assisted Test (CAT). Tahapan seleksi selanjutnya diatur oleh masing-masing Kementerian/Lembaga.
  • Biaya pendaftaran dan biaya seleksi SKD diatur lebih lanjut oleh masing-masing Kementerian/Lembaga sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan.
  • Peserta dapat mengikuti pendidikan apabila telah dinyatakan lulus keseluruhan tahapan seleksi.
  • Pengangkatan menjadi CPNS dilakukan setelah dinyatakan lulus pendidikan serta memperoleh ijazah dari Lembaga Pendidikan Kedinasan yang bersangkutan dan ditempatkan pada jabatan tertentu berdasarkan usulan dari Kementerian/Lembaga yang bersangkutan dan Pemerintah Daerah (yang melakukan pola pembibitan pada Kementerian Perhubungan) berdasarkan formasi yang ditetapkan oleh Menteri PANRB.

Untuk informasi lebih lanjut, kamu bisa cek di sini ya Squad! Selain di website resmi Kementerian PAN RB, kamu juga bisa cek informasi dari masing-masing Perguruan Tinggi Kedinasan yang ingin kamu tuju di website resmi atau akun media sosial resminya.

Kamu juga diimbau untuk selalu berhati-hati atas kemungkinan terjadinya penipuan terkait penerimaan siswa-siswi atau taruna-taruni Perguruan Tinggi Kedinasan. Untuk membantu kamu melewati tes yang cukup sulit, kamu juga bisa lho meminta bantuan dari guru les privat berkualitas di ruangles!

New Call-to-action

Beri Komentar

Recent Posts